Pengetahuan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kerinci tentang Teori Asal Usul Manusia

Dharma Ferry*  -  Tadris Biologi, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
Tomi Santosa  -  Tadris Biologi, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
Dairabi Kamil  -  Tadris Biologi, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

(*) Corresponding Author

Evolusi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang masih menjadi kontroversi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa jurusan Biologi tentang asal usul manusia. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomena. Partisipan adalah mahasiswa Biologi dan mahasiswa Pendidikan Agama Islam dari Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Teknik pengumpulan berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa Biologi dari segi sains menyatakan bahwa (1) manusia berasal dari nenek moyang yang sama dengan kera, (2) manusia berasal dari makhluk hidup sebelumnya, selanjutnya dari segi agama, menyatakan bahwa manusia berasal dari tanah. Pengetahuan mahasiswa Pendidikan Agama Islam dari segi sains menyatakan bahwa (1) manusia berasal dari nenek moyang yang sama dengan kera, (2) manusia berasal makhluk hidup sebelumnya, selanjutnya dari segi agama menyatakan bahwa (1) manusia berasal dari tanah, (2) manusia berasal dari Nabi Adam dan Hawa. 

Keywords : asal-usul manusia; evolusi; sains dan agama.

  1. Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.
  2. Campbell, N.A., Reece, J. B., Urry, L.A. (2017). Biology (Eleventh Edition). New York: Pearson.
  3. Creswell, John W. (2009). Reseach Design :Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Hassan, Munif Said. (2014). Pengantar Biologi Evolusi. Jakarta: Erlangga.
  5. Harari, Yuval Noah. (2017). Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
  6. Junaidi, Helmi. (2010). Adam dan Hawa Bukan Manusia Pertama: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia di Dalam Al-Qur’an. Yogyakarta.
  7. Kurniawati, Eka & Nurhasanah Bakhtiar. (2018). Manusia Menurut Konsep Al-Qur’an dan Sains. Jurnal Of Natural Science and Integration, ISSN:2620-4967, Vol.1, No.1 DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5198
  8. Mayr, Ernest. (2010). Evolusi : Dari Teori ke Fakta. Jakarata: Kepustakaan Populer Gramedia
  9. Saebani, Beni Ahmad. (2008). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
  10. Sodikin, R. (2003). Konsep Agama dan Islam. Al Qalam Vol. 20, No. 97, Halaman 1-20, DOI: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v20i97.643.
  11. Sugiono & Tamzil. (2012). Filsafat Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Open Access Copyright (c) 2019 Bioeduca : Journal of Biologi Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps