Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal pada Materi Pisces Terhadap Hasil Belajar

Meyninda Destiara*  -  Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia

(*) Corresponding Author
Potensi lokal merupakan kekayaan suatu daerah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan belajar mandiri bagi siswa. Salah satu bentuk potensi lokal yang dapat dijadikan rujukan belajar mandiri adalah jenis-jenis ikan pada materi pisces. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas bahan ajar berbasis potensi lokal. Metode yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahan ajar yang digunakan efektif ketika digunakan dalam menunjang pembelajaran, dilihat dari nilai n-gain rata-rata sebesar 0,75 dengan katagori tinggi.

Keywords: bahan ajar; efektivitas, potensi lokal.

  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rineka Cipta.
  2. Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607
  3. Asri, W. (2012). Optimalisasi Potensi Lokal Sekolah Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Kontruktivisme. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2).
  4. Depdiknas. (2007). Permendiknas No 41 Tahun 2007, Standar Proses. Jakarta: Depatemen Pendidikan Nasional.
  5. Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  6. Destiara, M., Soendjoto, M. A., Biologi, M. P., Mangkurat, U. L., Selatan, K., Kehutanan, F., Mangkurat, U. L., & Selatan, K. (2018). Validitas Bahan Ajar Jenis Ikan di Sungai Panjaratan Pada Konsep Vertebrata SMA Kelas X. 9(1), 31–37.
  7. Krisna Anggraeni, & Devi Afriyuni Yonanda. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Visipena Journal, 9(2), 385–395. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.467
  8. Mardotilah, F. (2016). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Siswa ( Lks ) Fisika Berbasis Kearifan. Jipf, 116–124.
  9. Nurhidayati, S., & Khaeruman, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Bioteknologi Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 87–91.
  10. Prabowo, D. L., Nurmiyati, & Maridi. (2016). Pengembangan modul berbasis potensi lokal pada materi ekosistem sebagai bahan ajar di SMAN 1 Tanjungsari, Gunungkidul. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 192–195.
  11. https://media.neliti.com/media/publications/174711-ID-pengembangan-modul-berbasis-potensi-loka.pdf
  12. Sari, R., Harijanto, A., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Lks Ipa Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 70. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7227
  13. Situmorang, R. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi Di Sma Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 51–57.
  14. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57
  15. Soegiranto, R.E. (2010). Acuan Penulisan Bahan Ajar dalam Bentuk Modul. Pokja Kurikulum dan Sprevisi Pusat Pengembangan Madrasah Kementrian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur
  16. Sujarwo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal pada Program Pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri. Jurnal AKRAB, V(1), 26–35.
  17. Utomo, A. P. (2016). Pembelajaran Pengetahuan Lingkungan the Learning of Environmental Science Using. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 14–28.

Open Access Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps