Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal pada Materi Pisces Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.6074Keywords:
bahan ajar, efektivitas, potensi lokal.Abstract
Potensi lokal merupakan kekayaan suatu daerah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan belajar mandiri bagi siswa. Salah satu bentuk potensi lokal yang dapat dijadikan rujukan belajar mandiri adalah jenis-jenis ikan pada materi pisces. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas bahan ajar berbasis potensi lokal. Metode yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahan ajar yang digunakan efektif ketika digunakan dalam menunjang pembelajaran, dilihat dari nilai n-gain rata-rata sebesar 0,75 dengan katagori tinggi.Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rineka Cipta.
Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607
Asri, W. (2012). Optimalisasi Potensi Lokal Sekolah Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Kontruktivisme. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2).
Depdiknas. (2007). Permendiknas No 41 Tahun 2007, Standar Proses. Jakarta: Depatemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Destiara, M., Soendjoto, M. A., Biologi, M. P., Mangkurat, U. L., Selatan, K., Kehutanan, F., Mangkurat, U. L., & Selatan, K. (2018). Validitas Bahan Ajar Jenis Ikan di Sungai Panjaratan Pada Konsep Vertebrata SMA Kelas X. 9(1), 31–37.
Krisna Anggraeni, & Devi Afriyuni Yonanda. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Visipena Journal, 9(2), 385–395. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.467
Mardotilah, F. (2016). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Siswa ( Lks ) Fisika Berbasis Kearifan. Jipf, 116–124.
Nurhidayati, S., & Khaeruman, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Bioteknologi Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 87–91.
Prabowo, D. L., Nurmiyati, & Maridi. (2016). Pengembangan modul berbasis potensi lokal pada materi ekosistem sebagai bahan ajar di SMAN 1 Tanjungsari, Gunungkidul. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 192–195.
https://media.neliti.com/media/publications/174711-ID-pengembangan-modul-berbasis-potensi-loka.pdf
Sari, R., Harijanto, A., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Lks Ipa Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 70. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7227
Situmorang, R. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi Di Sma Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 51–57.
https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57
Soegiranto, R.E. (2010). Acuan Penulisan Bahan Ajar dalam Bentuk Modul. Pokja Kurikulum dan Sprevisi Pusat Pengembangan Madrasah Kementrian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur
Sujarwo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal pada Program Pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri. Jurnal AKRAB, V(1), 26–35.
Utomo, A. P. (2016). Pembelajaran Pengetahuan Lingkungan the Learning of Environmental Science Using. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 14–28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.