EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI PISCES TERHADAP HASIL BELAJAR

Meyninda Destiara*  -  UIN Antasari Banjarmasin, Indonesia

(*) Corresponding Author
Potensi lokal merupakan kekayaan suatu daerah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan belajar mandiri bagi siswa. Salah satu bentuk potensi lokal yang dapat dijadikan rujukan belajar mandiri adalah jenis-jenis ikan pada materi pisces. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas bahan ajar berbasis potensi lokal. Metode yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahan ajar yang digunakan efektif ketika digunakan dalam menunjang pembelajaran, dilihat dari nilai n-gain rata-rata sebesar 0,75 dengan katagori tinggi.

Keywords : bahan ajar; potensi lokal; efektivitas

  1. Angraini Krisna, Yonanda D.A. 2018. Efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal dalam model pembelajran teknik jigsaw terhadap keterampilan menulis deskripsi. Jurnal Visipenda. Vol.9. No.2
  2. Destiara, M, Soendjoto M.A & Dharmono. 2018. Validitas Bahan ajar jenis ikan di sungai panjaratan pada konsep vertebrata SMA kelas X. jurnal inovasi pendidikan sains. Vol. 9 no.1
  3. Hake, R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
  4. Mardhotilah Fitri, Sardianto MS, Abidin Pasaribu, Saparini. Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Sains Fisika (JIPF). Vol.5 No.2
  5. Prabowo, D.L, Nurmiyati & Maridi. 2016. Pengembangan modul berbasis potensi lokal pada materi ekosistem sebagai bahan ajar di SMAN 1 Tanjungsari Gunung Kidul. Proceeding Biology Education Confrence. Vol.13(1) 192-195
  6. Sari Rosita, Alex Harijanto, Sri Wahyuni. 2018. Pembelajaran LKS IPA berbasis kearifan lokal kopi pada pokok bahasan usada dan energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 7 No. 1
  7. Soegiranto, R.E. 2010. Acuan Penulisan Bahan Ajar dalam bentuk Modul. Pokja Kurikulum dan Sprevisi pusat pengembangan madrasah kementrian agama provinsi nusa tenggara timur
  8. Widowati, A. 2012. Optimalisasi potensi lokal sekolah dalam pembelajaran biologi berbasis kontruktivisme (Artikel Publikasi). Program studi pendidikan Biologi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Open Access Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BioEduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps