Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal pada Materi Pisces Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Meyninda Destiara Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.6074

Keywords:

bahan ajar, efektivitas, potensi lokal.

Abstract

Potensi lokal merupakan kekayaan suatu daerah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan belajar mandiri bagi siswa. Salah satu bentuk potensi lokal yang dapat dijadikan rujukan belajar mandiri adalah jenis-jenis ikan pada materi pisces. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas bahan ajar berbasis potensi lokal. Metode yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahan ajar yang digunakan efektif ketika digunakan dalam menunjang pembelajaran, dilihat dari nilai n-gain rata-rata sebesar 0,75 dengan katagori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Meyninda Destiara, Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Program Studi Tadris Biologi

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rineka Cipta.

Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607

Asri, W. (2012). Optimalisasi Potensi Lokal Sekolah Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Kontruktivisme. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2).

Depdiknas. (2007). Permendiknas No 41 Tahun 2007, Standar Proses. Jakarta: Depatemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Destiara, M., Soendjoto, M. A., Biologi, M. P., Mangkurat, U. L., Selatan, K., Kehutanan, F., Mangkurat, U. L., & Selatan, K. (2018). Validitas Bahan Ajar Jenis Ikan di Sungai Panjaratan Pada Konsep Vertebrata SMA Kelas X. 9(1), 31–37.

Krisna Anggraeni, & Devi Afriyuni Yonanda. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Visipena Journal, 9(2), 385–395. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.467

Mardotilah, F. (2016). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Siswa ( Lks ) Fisika Berbasis Kearifan. Jipf, 116–124.

Nurhidayati, S., & Khaeruman, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Bioteknologi Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 87–91.

Prabowo, D. L., Nurmiyati, & Maridi. (2016). Pengembangan modul berbasis potensi lokal pada materi ekosistem sebagai bahan ajar di SMAN 1 Tanjungsari, Gunungkidul. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 192–195.

https://media.neliti.com/media/publications/174711-ID-pengembangan-modul-berbasis-potensi-loka.pdf

Sari, R., Harijanto, A., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Lks Ipa Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 70. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7227

Situmorang, R. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi Di Sma Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 51–57.

https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57

Soegiranto, R.E. (2010). Acuan Penulisan Bahan Ajar dalam Bentuk Modul. Pokja Kurikulum dan Sprevisi Pusat Pengembangan Madrasah Kementrian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur

Sujarwo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal pada Program Pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri. Jurnal AKRAB, V(1), 26–35.

Utomo, A. P. (2016). Pembelajaran Pengetahuan Lingkungan the Learning of Environmental Science Using. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 14–28.

Downloads

Published

2020-10-19