Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat dan Perilaku Belajar Siswa

Syarif Rizalia*    -  Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kendari, Indonesia
Sunartin Sunartin  -  Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kendari, Indonesia
Mansyur Mansyur  -  Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kendari, Indonesia

(*) Corresponding Author
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap minat belajar biologi siswa, mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap perilaku belajar biologi siswa, dan mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan perilaku belajar biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Survey (menggunakan angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar Biologi siswa, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X terhadap variabel Y1; 2) Penggunaan internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar Biologi siswa, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X terhadap variabel Y2; 3) Penggunaan internet berpengaruh simultan terhadap minat dan  perilaku belajar, dibuktikan dengan nilai simultan yang didapatkan dari hasil uji manova (Multivariate Analysis of Anova) dengan nilai signifikansi rata-rata berada dibawah 0,05.

Keywords: Penggunaan Internet; Minat Belajar; Perilaku Belajar

  1. Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(2), 185–196.
  2. Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3 (2), 61–73. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2). 2322
  3. Barus, E. L., & Sani, R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha Dan Energi Di Kelas X Semester Ii. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(4). https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9216
  4. Fauziyah, S., ismail, I., & Norra, B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Vertebrata di Kelas X. Bioeduca : Journal of Biology Education, 2(1), 16 - 27. doi:https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i1.5996
  5. Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288.
  6. Nuryatin, A., & Mulyati, S. (2021). Analisis Perilaku Belajar Mahasiswa. 18(01), 77–89. https://doi.org/10.25134/equi.v18i01.
  7. Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
  8. Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
  9. Ricoida, D. I., & Pibriana, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Dan Perilaku Belajar Mahasiswa. In E. W. T. Darmaningrat (Ed.), Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (Issue November, pp. 281–287). Jurusan Sistem Informasi,Fakultas Teknologi Informasi,Institut Teknologi Sepuluh November.
  10. Rusi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Mempertimbangkan Jenis Kelamin. JBTI : Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.18196/bti.101116
  11. Ruslan, D., & Monica, K. (2018). Pengaruh Penggunaan Internet dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII IPS Swasta Panti Harapan Lawe Deski. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 6(7), 10–20.
  12. Salainty, F. R., Walandouw, A., & Rondonuwu, S. (2015). Pengaruh Permainan Internet terhadap Perilaku Remaja di kelurahan Karombasan Utara. Journal Acta Diurna, IV(1), 1–12. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnak omunikasi/article/view/6717
  13. Santosa, S. (2007). Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX untuk SMP DAN MTs. ANDI dan Intan Pariwara. https://rest-app.belajar.kemdikbud.go.id/files/pdf/b5d489ffe9674bd28e933133f9a9fc29.pdf
  14. Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603
  15. Umar, H. J. (2015). Peningkatan kualitas pendidikan dan pembangunan kultur global. 15, 167–192.
  16. Winarno, W., & Setiawan, J. (2013). Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling). Jurnal ULTIMA InfoSys, 4(1), 45–51. https://doi.org/10.31937/si.v4i1.241

Open Access Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps