Pendidikan Biologi, UIN Walisongo, Semarang - Indonesia
MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP
Group Investigation tergolong metode kooperatif yang dapat mengembangkan minat belajar melalui pengalaman belajar secara langsung. Berdasarkan observasi pada siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Indramayu terdapat kurang adanya kerjasama kelompok, kurang mengajukan pertanyaan dan kurang memiliki ide atau solusi. Tujuan penelitian adalah untuk menumbuhkan minat belajar. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Indikator minat belajar yaitu perasaan senang, ketertarikaan, dan keterlibatan. Instrumen penelitian digunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan dengan persentase yang lebih besar. Kesimpulan penelitian adalah minat belajar dapat dikembangkan melalui model Group Investigation
Keywords : Model Group Investigation, Minat Belajar
- Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Baharuddin & Wahyuni, N.E. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Aruzz Media.
- Ennis, Robert, 1881. Critical Thingking: A Streamlind Conception. Jurnal Thingking Filosofy. 14(1).
- Leward, B.C. & Hirata, D. 2015. An overview of 21 st Century skills. Honolulu: Kamehameha School-Research & Evaluation.
- Mitchell, G.M., Montgomery, H., Jolder, M., & Stuart. (2008). Group Investigastion as a Cooperative Learning Strategy: An integrated Analysis Literature. The Alberta Journal of Education Research, 54 (4), 388-395.
- Nurhadi, Y., Burhan & Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
- Slavin,R.E.2010. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
- Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.
- Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
- Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran. Perpustakaan Nasional KDT: Jakarta
- Yunitasari, W.U. 2016. Peningkatan minat belajar matematika melalui model jigsaw. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.