MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP

Eka Vasia Anggis

Abstract


Group Investigation tergolong metode kooperatif yang dapat mengembangkan minat belajar melalui pengalaman belajar secara langsung. Berdasarkan observasi pada siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Indramayu terdapat kurang adanya kerjasama kelompok, kurang mengajukan pertanyaan dan kurang memiliki ide atau solusi. Tujuan penelitian adalah untuk menumbuhkan minat belajar. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Indikator minat belajar yaitu perasaan senang, ketertarikaan, dan keterlibatan. Instrumen penelitian digunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan dengan persentase yang lebih besar. Kesimpulan penelitian adalah minat belajar dapat dikembangkan melalui model Group Investigation

Keywords


Model Group Investigation, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Baharuddin & Wahyuni, N.E. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Aruzz Media.

Ennis, Robert, 1881. Critical Thingking: A Streamlind Conception. Jurnal Thingking Filosofy. 14(1).

Leward, B.C. & Hirata, D. 2015. An overview of 21 st Century skills. Honolulu: Kamehameha School-Research & Evaluation.

Mitchell, G.M., Montgomery, H., Jolder, M., & Stuart. (2008). Group Investigastion as a Cooperative Learning Strategy: An integrated Analysis Literature. The Alberta Journal of Education Research, 54 (4), 388-395.

Nurhadi, Y., Burhan & Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Slavin,R.E.2010. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran. Perpustakaan Nasional KDT: Jakarta

Yunitasari, W.U. 2016. Peningkatan minat belajar matematika melalui model jigsaw. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.