MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP

Eka Vasia Anggis*  -  Pendidikan Biologi, UIN Walisongo, Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Group Investigation tergolong metode kooperatif yang dapat mengembangkan minat belajar melalui pengalaman belajar secara langsung. Berdasarkan observasi pada siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Indramayu terdapat kurang adanya kerjasama kelompok, kurang mengajukan pertanyaan dan kurang memiliki ide atau solusi. Tujuan penelitian adalah untuk menumbuhkan minat belajar. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Indikator minat belajar yaitu perasaan senang, ketertarikaan, dan keterlibatan. Instrumen penelitian digunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan dengan persentase yang lebih besar. Kesimpulan penelitian adalah minat belajar dapat dikembangkan melalui model Group Investigation

Keywords : Model Group Investigation, Minat Belajar

  1. Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  2. Baharuddin & Wahyuni, N.E. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Aruzz Media.
  3. Ennis, Robert, 1881. Critical Thingking: A Streamlind Conception. Jurnal Thingking Filosofy. 14(1).
  4. Leward, B.C. & Hirata, D. 2015. An overview of 21 st Century skills. Honolulu: Kamehameha School-Research & Evaluation.
  5. Mitchell, G.M., Montgomery, H., Jolder, M., & Stuart. (2008). Group Investigastion as a Cooperative Learning Strategy: An integrated Analysis Literature. The Alberta Journal of Education Research, 54 (4), 388-395.
  6. Nurhadi, Y., Burhan & Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
  7. Slavin,R.E.2010. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
  8. Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.
  9. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
  10. Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran. Perpustakaan Nasional KDT: Jakarta
  11. Yunitasari, W.U. 2016. Peningkatan minat belajar matematika melalui model jigsaw. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Open Access Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BioEduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps