Model Group Investigation untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i1.5999Keywords:
minat belajar, model, group investigationAbstract
Group Investigation tergolong metode kooperatif yang dapat mengembangkan minat belajar melalui pengalaman belajar secara langsung. Berdasarkan observasi pada siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Indramayu terdapat kurang adanya kerjasama kelompok, kurang mengajukan pertanyaan dan kurang memiliki ide atau solusi. Tujuan penelitian adalah untuk menumbuhkan minat belajar. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Indikator minat belajar yaitu perasaan senang, ketertarikaan, dan keterlibatan. Instrumen penelitian digunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan dengan persentase yang lebih besar. Kesimpulan penelitian adalah minat belajar dapat dikembangkan melalui model Group Investigation.Downloads
References
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Baharuddin & Wahyuni, N.E. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Aruzz Media.
Dewi, R.P., Iswari, R.S., Susanti, R., & Supriyanto. (2012). Penerapan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Bahan Kimia di SMP. Journal of Biology Education, 1(3): 279-286.
Ennis, Robert. (1881). Critical Thingking: A Streamlind Conception. Jurnal Thingking Filosofy. 14(1).
Istikomah, H., Hendratto., & Bambang. (2010). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1): 40-43.
Leward, B.C. & Hirata, D. (2015). An overview of 21st Century skills. Honolulu: Kamehameha School-Research & Evaluation.
Mitchell, G.M., Montgomery, H., Jolder, M., & Stuart. (2008). Group Investigastion as a Cooperative Learning Strategy: An integrated Analysis Literature. The Alberta Journal of Education Research, 54 (4), 388-395.
Nurhadi, Y., Burhan & Senduk, A.G. (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1): 34-38.
Purnamasari, U.A., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1): 131-141.
Slavin,R.E. (2010). Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran. Perpustakaan Nasional KDT: Jakarta
Yunitasari, W.U. (2016). Peningkatan minat belajar matematika melalui model jigsaw. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.