Komparasi Motivasi Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Melalui Metode Everyone Is Teacher Here dan Guided Note Taking

Authors

  • Uli Nur Safitri Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Nur Khoiri Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Anif Rizqianti Hariz Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i1.5995

Keywords:

metode pembelajaran, motivasi belajar.

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan variasi metode pembelajaran yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan kriteria motivasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah dan menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking pada kelas X MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Hasil skor motivasi belajar melalui metode everyone is teacher here yaitu 73,97 sedangkan melalui metode guided note taking sebesar 69,81. Berdasarkan analisis uji t diketahui thitung sebesar 2.3315 dan ttabel 1,666 sehingga dapat disimpulan Ha diterima karena thitung > ttabel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta : Rineka cipta

Fitriani. (2018). Pengaruh metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan media Handout terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI Ips sman 1 Perhentian raja. Jurnal pendidikan ekonomi akuntansi FKIP UIR. Vol 6 No 1.

Jannah, Fitriyatul. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Terhadap Kecakapn Sosial dan Berpikir Kritis Sisa Kelas XI MIA Pada Mata Pelajaran Biologi di Man 2 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Skrispi. Lombok : UIN Mataram.

Lestari, karunia Eka dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. (2015.) Penelitian Pendidikan Matemateka. Jakarta : PT Refika aditama.

Quadri, Hassul. (2010). Perbandingan Penerapan Metode Pembelajaran Guided Note Taking (Catatan Terbimbing) dengan Metode Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Bajo Kec.Bajo Kab. Luwu. Skripsi. Makassar : UIN Alauddin.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka belajar

Widoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuliani, P., & Nasir, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Koloid Siswa Kelas XI IA di SMA Negeri 5 Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(1), 65–72.

Downloads

Published

2020-07-06