Pengembangan Modul Biologi Bernilai Islam Materi Sistem Reproduksi pada Manusia
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4951Keywords:
biologi, bernilai islam, modul, sistem reproduksiAbstract
Pengembangan modul biologi bernilai Islam ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar Biologi dilengkapi dengan nilai Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan memodifikasi pola 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Tahap define guna menyiapkan kebutuhan dalam pengembangan modul. Tahap selanjutnya adalah design guna merancang modul yang dikembangkan. Pengembangan dilanjutkan dengan tahap develop yang mana pada tahap ini ada 3 macam jenis penilaian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul yang dikembangkan. Penelitian ini telah menghasilkan prototype modul Biologi bernilai Islam dengan kualitas layak dan siap untuk diuji cobakan pada tahap berikutnya, yaitu disseminate. Modul yang dikembangkan masuk dalam kategori layak untuk digunakan karena, persentase rata-rata penilaian dari ahli materi 81.9%, untuk ahli media 83.3% dan guru biologi 82%. Hasil untuk presentase tanggapan peserta didik pada kelas kecil adalah 78% dengan kriteria layak, dan tanggapan peserta didik pada kelas besar sebesar 80,64% dengan kriteria layak.
Downloads
References
Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dharma, S. (2008). Penulisan Modul. Direktorat Tenaga Kependidikan , 3-5.
Handoko, A., Sajidan, S., & Maridi, M. (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning (Part Of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas Xii Ipa Di Sma Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Inkuiri, 5(3), 144-154.
Mulyasa. E,. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, Endang. Pengembangan Model pembelajaran, http.staff.uny.ac.id, diakses 22 Juni 2016.
Rohani, A. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. (1990). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta,
Prastowo, A. (2012). Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta: Pedagogia.
Prastowo, A. (2012). Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta: Pedagogia.
Thiagarajan, S,. Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcebook. Indiana: Indiana University Bloomington.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.
Udaibah, W. (2013). Pengembangan Modul Kimia Anorganik Terintegrasi Pendidikan Karakter pada Materi Kimia Koordinasi Tadris Kimia IAIN Walisongo Semarang. Semarang: IAIN Walisongo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.