Pola Tipe Model dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) MGMP Biologi SMA

Mira Esti Kusumaningrum*  -  Pendidikan IPA, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Fenny Roshayanti  -  Pendidikan IPA, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Ipah Budi Minarti  -  Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola tipe model dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) MGMP Biologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Semarang. Indikator tipe model merupakan data utama penelitian yang terdiri atas model skala, model pedagogik analogik, model ikonik dan simbolik, model matematik, model teoritik, model proses (maps, diagram, tabel, dan model konsep-proses), dan simulasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh berupa dokumentasi kumpulan gambar atau tabel dari LKS semester 1 dan 2 berjumlah 130 data dengan 137 analisis tipe model. Tipe model skala sebanyak 65 atau 50%, konsep-proses berjumlah 40, maps, diagram, dan tabel berjumlah 24, ikonik dan simbolik berjumlah 5, pedagogik dan analogik, teoritik, serta simulasi masing-masing 1. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak ditemukannya tipe model matematik. Hasil analisis pola tipe model dalam LKS MGMP Biologi Kelas XI, selaras dengan ciri-ciri Ilmu Biologi, serta selaras dengan karakteristik jenis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.

Keywords: faktual; konseptual; model; prosedural; tipe

  1. Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta:BSNP.
  2. Campbell, N.A., dan J.B. Reece. (2012). Biologi Edisi 8 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
  3. Gogolin, S dan D. Kruger. (2018). Students’ understanding of the nature and purpose of models. Wiley JRST. DOI: 10.1002/tea.21453
  4. Harrison, A.G. (2001). How do Teachers and Textbook Writers Model Scientific Ideas for Students?. Research in Science Education 31: 401–435.
  5. Huberman, Miles, dan Saldana. (2014). Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia.
  6. Jaya, P. A. E. S. (2014). Optimalisasi Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terstruktur untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 2 Busungbiu. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).
  7. Jong, J.P., M.H. Chiu, dan S.L. Chung. (2015). The Use of Modeling-Based Text to Improve Students’ Modeling Competencies: Science Education, Vol. 99, No. 5, pp. 986–1018. Taiwan: Wiley Periodicals, Inc.
  8. Kemdiknas. (2010). Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kemdiknas Dirjen PMTK.
  9. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil Ujian Nasional. http://puspendik.kemdikbud.go.id. Diakses pada 21 November 2018 pukul 20.00.
  10. Mintasih, D. (2016). Merancang Pembelajaran Menyenangkan Bagi Generasi Digital. Jurnal El-Tarbawi, Volume IX, No.1.
  11. Kusumaningrum, M. E., Roshayanti, F., & Minarti, I. B. (2019, December). Pola karakteristik ilustrasi model dalam lembar kerja siswa (LKS) biologi MGMP kelas XI SMA Negeri di Kota Semarang. In Symposium of Biology Education (Symbion) (Vol. 2).
  12. Nadlah, I. (2012). Analisis Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi Karya MGMP SMP di Kota Semarang yang Digunakan Siswa Kelas VII Semester Gasal 2010 /2011. Jurnal Phenomenon, Volume 2, No. 1.
  13. Prastowo, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenada Media.
  14. Rudyatmi, E., E. Peniati., dan N. Setiati. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Biologi BAB I Hakekat Biologi Sebagai Ilmu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  15. Sari. Dwi Wulan. (2015). Analisis Kualitas Buku Paket Biologi Kurikulum 2013 Kelas X Semester 2 Ditinjau dari Aspek Representasi Visual pada Konsep Pencemaran dan Perubahan Lingkungan. Skripsi tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.
  16. Sholihah, R., Roshayanti, F., & Minarti, I. B. (2019). Multipel representasi tipe nature of models (NoM) dalam buku ajar biologi kelas XI semester 1. In Symposium of Biology Education (Symbion) (Vol. 2).
  17. Sudarsiman, S. (2015). Memahami Hakekat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea. Vol.2. No.1. Hal 29 - 35
  18. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Open Access Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps