Efektivitas Guided Inquiry Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy

Main Article Content

Fatichatus Shofiana
Atika Okta Melisa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model guided inquiry berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy pada materi kingdom plantae. Metode quasi eksperimen dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Adapun data diambil dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner self efficacy , dan tes essay kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas model guided inquiry berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai nilai Sig. (2-tailed) 0,021 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada uji hipotesis terhadap efektivitas model guided inquiry berbasis lingkungan terhadap self efficacy memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,024 < 0,05 yang sehingga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model guided inquiry berbasis lingkungan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Shofiana, F., & Melisa, A. O. (2022). Efektivitas Guided Inquiry Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy. Bioeduca : Journal of Biology Education, 4(2), 144–152. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i2.12144
Section
Articles

References

Agustiawan, H., Irawati, H. (2021). Studi Literatur Pengaruh Group Investigation terhadap Berpikir Kritis dan Oral Activity Siswa. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(1), 20 - 36. doi:https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6625

Bandura, Albert. 1997. Self Efficacy. The Exercise of Control, New York W.H Froeman and Company dikutip dalam Tedy H, Rusdi, dan Mieke. 2017.

Hariyadi, Dedy, Ibrohim, dan Sri Rahayu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Ketrampilan Proses dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol 1 No 8) 1567-1574

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum. 2011. Bogor: Ghalia Indonesia

I, Juniarti,. Sri Susilogati, Antonius. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan hasil belajar Kimia pada materi Koloid. Journal of Innovative Science Education. Vol 6 Hlm 49-58

Ikhwanudin, I., Ikhrom, I., & Hayati, N. (2019). Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Pramuka terhadap Kepedulian Lingkungan Pesisir. Bioeduca: Journal of Biology Education, 1(1), 29-37. doi:https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4953

Irawati, Sri dan Irda Idrus. 2020. Penerapan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. 4(2): 202-208

Kurniawati, Sri Hastuti dan Gunowibowo. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy. Jurnal Pendidikan UNILA (Vol 7 No 1) diakses dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17616

Mariam, Siti Rusmansyah, dan Istyiadji. 2019. Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Kritis Dan Self Efficacy Siswa Dengan Model Inquiry Based Learning Pada Materi Larutan Penyangga. Journal of chemistry and education. 3(2), 64-73

Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Depertemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika. Yogyakarta.

OECD, PISA 2018 Database Result, (Online), https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Permatasari, Feby. 2018. Implementasi Model Guided Inquiry Learning Terhadap Self Efficacy SMPN 1 Bangkalan. Science Education National Conference

Rahmawati, Siti. wawancara oleh penulis. 10 November 2021

Saputra, H. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal IAI Agus Salim (Vol 2) 1-7

Tedy H, Rusdi, dan M.Miarsyah. 2017. Efektivitas Model Guided Inquiry Dan Self Efikasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Biologi. Biosfer:Jurnal Pendidikan Biologi (Vol 2 No 2)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.