Efektivitas Guided Inquiry Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i2.12144Keywords:
Guided Inquiry, Lingkungan, Kemampuan Berpikir Kritis, Self Efficacy, Kingdom PlantaeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model guided inquiry berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy pada materi kingdom plantae. Metode quasi eksperimen dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Adapun data diambil dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner self efficacy , dan tes essay kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas model guided inquiry berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai nilai Sig. (2-tailed) 0,021 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada uji hipotesis terhadap efektivitas model guided inquiry berbasis lingkungan terhadap self efficacy memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,024 < 0,05 yang sehingga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model guided inquiry berbasis lingkungan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik.
Downloads
References
Agustiawan, H., Irawati, H. (2021). Studi Literatur Pengaruh Group Investigation terhadap Berpikir Kritis dan Oral Activity Siswa. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(1), 20 - 36. doi:https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6625
Bandura, Albert. 1997. Self Efficacy. The Exercise of Control, New York W.H Froeman and Company dikutip dalam Tedy H, Rusdi, dan Mieke. 2017.
Hariyadi, Dedy, Ibrohim, dan Sri Rahayu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Ketrampilan Proses dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol 1 No 8) 1567-1574
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum. 2011. Bogor: Ghalia Indonesia
I, Juniarti,. Sri Susilogati, Antonius. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan hasil belajar Kimia pada materi Koloid. Journal of Innovative Science Education. Vol 6 Hlm 49-58
Ikhwanudin, I., Ikhrom, I., & Hayati, N. (2019). Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Pramuka terhadap Kepedulian Lingkungan Pesisir. Bioeduca: Journal of Biology Education, 1(1), 29-37. doi:https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4953
Irawati, Sri dan Irda Idrus. 2020. Penerapan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. 4(2): 202-208
Kurniawati, Sri Hastuti dan Gunowibowo. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy. Jurnal Pendidikan UNILA (Vol 7 No 1) diakses dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17616
Mariam, Siti Rusmansyah, dan Istyiadji. 2019. Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Kritis Dan Self Efficacy Siswa Dengan Model Inquiry Based Learning Pada Materi Larutan Penyangga. Journal of chemistry and education. 3(2), 64-73
Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Depertemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika. Yogyakarta.
OECD, PISA 2018 Database Result, (Online), https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Permatasari, Feby. 2018. Implementasi Model Guided Inquiry Learning Terhadap Self Efficacy SMPN 1 Bangkalan. Science Education National Conference
Rahmawati, Siti. wawancara oleh penulis. 10 November 2021
Saputra, H. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal IAI Agus Salim (Vol 2) 1-7
Tedy H, Rusdi, dan M.Miarsyah. 2017. Efektivitas Model Guided Inquiry Dan Self Efikasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Biologi. Biosfer:Jurnal Pendidikan Biologi (Vol 2 No 2)
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.