Analisis Hasil Penelitian Biologi Sebagai Sumber Belajar Materi Jaringan Pada Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.7414Keywords:
jaringan pada tumbuhan potensi, hasil penelitian, sumber belajar biologiAbstract
Peserta didik dalam pembelajaran biologi lebih banyak menggunakan sumber belajar yang dikemas dalam bentuk buku teks. Penggunaan buku teks materi jaringan tumbuhan perlu didampingi oleh sumber belajar tambahan. Tujuan penelitian untuk menentukan potensi hasil penelitian biologi sebagai sumber belajar yang dikemas dalam bentuk handout. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif yaitu dengan menginterpretasikan struktur anatomi yang diamati dan selanjutnya hasil penelitian dianalisis secara deskriptif sesuai syarat hasil penelitian dijadikan sumber belajar. Hasil penelitian menunjukan hasil penelitian biologi berpotensi sebagai sumber belajar materi jaringan pada tumbuhan yang dikemas dalam bentuk bahan ajar berupa handout.Downloads
References
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216--231.
Agustina, E., Nugroho, A., & Mulyani, S. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout untuk Meningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JKP), 2(4), 66–71.
Al-busaidi, Z. Q. (2008). Qualitative Research and its Uses in Health Care. Sultan Qaboos University Medical Journal, 8(1), 11–19.
Dewi, V. P., Hindun, I., & Wahyuni, S. (2015). Studi Trikoma Daun pada Famili Solanaceae sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 209–218. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i2.3332
Dhaniaputri, R., & Irawati, H. (2018). Pertumbuhan Organ Vegetatif Tomat Merah (Lycopersicum esculentum, L. var commune) dan Tomat Ungu (Lycopersicum esculentum, L. var indigo rose) Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Kelas XII. Bioeduscience, 2(1), 88. https://doi.org/10.29405/j.bes/87-94121383
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2012). Premiere Educandum. E-Journal.Unipma, 2(02), 98–117. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Hera, R., Khairil, & Hasanuddin. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2), 223–229.
Heriadon, T., & Manurung, T. (2016). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA Berbasis KTSP dan Korelasinya terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 188–195.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Irnaningtyas, & Istiadi, Y. (2014). Buku Siswa Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Jakarta: Erlangga.
Jailani, M. sahran. (2016). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)). Nadwa (Jurnal Pendidikan Islam), 10(2), 175–192. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1284
Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education, 1(1), 66–73.
Nafsiyah, F. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Lepidoptera Subordo Rhopalocera di Kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal sebagi Sumber Belajar Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Biodeuca, 02(1), 1–11.
Ningtyas, R., Yunianta, T. N. H., & Wahyudi, W. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 42–53. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p42-53
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Puspitasari, D. A. (2020). Identifikasi Karakteristik Organ Daun Famili Gramineae di Sepanjang Pantai Parangtritis Sampai Depok Sebagai Sumber Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.
Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54
Saf, K. I., & Yurnetti. (2019). Validasi Handout Fisika Pembelajaran Kontekstual pada Materi Gelombang Berjalan Stasioner Bunyi dan Cahaya Kelas XI SMA/MA. Pillar of Physics Education, 12(4), 713–720.
Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suhardi. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: UNY Press.
Wijaya, I., Zubaidah, S., & Kuswantor, H. (2016). Anatomi Daun Galur-Galur Harapan Kedelai (Glycine Max L. Merill) Tahan CPMMV (Cowpea Mild Mottle Virus) sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan, 1(3), 463–467. Retrieved from http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/biologi/article/view/484
Yana, A. S., Syakbaniah, & Kamus, Z. (2014). Pengembangan Handout Bebrbasis Model Sains Teknologi Masyarakat Pada Materi Wujud Zat Dan Perubahan Zat Untuk Pembelajaran Ipa Fisika Smp Kelas Vii Semester 1. Pillar of Physics Education , 3(April), 9–16.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.