Analisis Hasil Penelitian Biologi Sebagai Sumber Belajar Materi Jaringan Pada Tumbuhan

Authors

  • Dyah Ayu Puspitasari Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Zuchrotus Salamah Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.7414

Keywords:

jaringan pada tumbuhan potensi, hasil penelitian, sumber belajar biologi

Abstract

Peserta didik dalam pembelajaran biologi lebih banyak menggunakan sumber belajar yang dikemas dalam bentuk buku teks. Penggunaan buku teks materi jaringan tumbuhan perlu didampingi oleh sumber belajar tambahan. Tujuan penelitian untuk menentukan potensi hasil penelitian biologi sebagai sumber belajar yang dikemas dalam bentuk handout. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif yaitu dengan menginterpretasikan struktur anatomi yang diamati dan selanjutnya hasil penelitian dianalisis secara deskriptif sesuai syarat hasil penelitian dijadikan sumber belajar. Hasil penelitian menunjukan hasil penelitian biologi berpotensi sebagai sumber belajar materi jaringan pada tumbuhan yang dikemas dalam bentuk bahan ajar berupa handout. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dyah Ayu Puspitasari, Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216--231.

Agustina, E., Nugroho, A., & Mulyani, S. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout untuk Meningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JKP), 2(4), 66–71.

Al-busaidi, Z. Q. (2008). Qualitative Research and its Uses in Health Care. Sultan Qaboos University Medical Journal, 8(1), 11–19.

Dewi, V. P., Hindun, I., & Wahyuni, S. (2015). Studi Trikoma Daun pada Famili Solanaceae sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 209–218. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i2.3332

Dhaniaputri, R., & Irawati, H. (2018). Pertumbuhan Organ Vegetatif Tomat Merah (Lycopersicum esculentum, L. var commune) dan Tomat Ungu (Lycopersicum esculentum, L. var indigo rose) Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Kelas XII. Bioeduscience, 2(1), 88. https://doi.org/10.29405/j.bes/87-94121383

Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2012). Premiere Educandum. E-Journal.Unipma, 2(02), 98–117. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50

Hera, R., Khairil, & Hasanuddin. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2), 223–229.

Heriadon, T., & Manurung, T. (2016). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA Berbasis KTSP dan Korelasinya terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 188–195.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Irnaningtyas, & Istiadi, Y. (2014). Buku Siswa Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Jakarta: Erlangga.

Jailani, M. sahran. (2016). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)). Nadwa (Jurnal Pendidikan Islam), 10(2), 175–192. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1284

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education, 1(1), 66–73.

Nafsiyah, F. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Lepidoptera Subordo Rhopalocera di Kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal sebagi Sumber Belajar Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Biodeuca, 02(1), 1–11.

Ningtyas, R., Yunianta, T. N. H., & Wahyudi, W. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 42–53. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p42-53

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Puspitasari, D. A. (2020). Identifikasi Karakteristik Organ Daun Famili Gramineae di Sepanjang Pantai Parangtritis Sampai Depok Sebagai Sumber Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Saf, K. I., & Yurnetti. (2019). Validasi Handout Fisika Pembelajaran Kontekstual pada Materi Gelombang Berjalan Stasioner Bunyi dan Cahaya Kelas XI SMA/MA. Pillar of Physics Education, 12(4), 713–720.

Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suhardi. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: UNY Press.

Wijaya, I., Zubaidah, S., & Kuswantor, H. (2016). Anatomi Daun Galur-Galur Harapan Kedelai (Glycine Max L. Merill) Tahan CPMMV (Cowpea Mild Mottle Virus) sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan, 1(3), 463–467. Retrieved from http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/biologi/article/view/484

Yana, A. S., Syakbaniah, & Kamus, Z. (2014). Pengembangan Handout Bebrbasis Model Sains Teknologi Masyarakat Pada Materi Wujud Zat Dan Perubahan Zat Untuk Pembelajaran Ipa Fisika Smp Kelas Vii Semester 1. Pillar of Physics Education , 3(April), 9–16.

Downloads

Additional Files

Published

2021-09-30