Analisis Potensi Penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Kurikulum 2013 Bidang Studi Biologi SMA Kelas X

Amalia Prabandani Halim*  -  Prodi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Fenny Roshayanti  -  Prodi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) adalah pendekatan pembelajaran yang menggabungkan 5 aspek yaitu sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika yang dapat diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu. Pendekatan STEAM sangat popular dimasa sekarang, sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan proses pembelajaran dapat dilaksakan menggunakan pendekatan STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penerapan STEAM  pada Kurikulum 2013 Bidang Studi Biologi SMA Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian perangkat Kurikulum 2013 yaitu Kompetensi Dasar Bidang Studi Bioligi SMA Kelas X dan buku teks yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 cukup berpotensi untuk diterapkan STEAM. Fakta tersebut dapat dikembangkan dan diintegrasikan dengan pendekatan STEAM sehingga mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh setiap peserta didik.

Keywords: STEAM; Kurikulum 2013; Biologi

  1. Al Faris, F. (2015). Kurikulum 2013 dalam perspektif filsafat pendidikan progressivisme. Jurnal Filsafat, 25(2), 316-338.
  2. Annisa, R., Effendi, M. H., & Damris, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic) pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 14-22.
  3. Apriliana, M. R., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Rahmawati, Y. (2018). Pengembangan Soft Skills Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(2), 42-51.
  4. Coates, D.E,. (2020). People Skill Training: Are You Getting a return on Your Investmen, Designing for Immersive Technology: Integrating Art and STEM Learning. The STEAM Journal,, 16(3), 19-25.
  5. Daugherty, M. K. (2013). The prospect of an "A" in STEM education. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 14(2), 10–15.
  6. DeCoito, I. (2014). Focusing on Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) in the 21st Century. Ontario Professional Surveyor, 57(1), 34-36.
  7. Ernst, J., Williams, T., Clark, A., Kelly, D., & Sutton, K. (2018). K-12 STEM Educator Autonomy: An Investigation of School Influence and Classroom Control. Journal of STEM Education, 18(5).
  8. Fattal, Laura Rachel. (2019). Case studies on the transfer of knowledge within the interdisciplinary STEAM curricula construct. The STEAM Journal:Vol. 4:Iss. 1, 1-10.
  9. Hadinuraningsih, Tritiyatma dkk. 2017. Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/buku/Keterampilan_Abad_21_dan_STEAM_Project_dalam_Pembelajaran_Kimia.pdf
  10. Handayani, Meni. (2018). Pemanfaatan Sarana Laboratorium di SMA yang Telah dan Belum Melaksanakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2), 152-166.
  11. Hunter, Tracey. Doginer. (2019). STEAM Afterschool and Summer Learning. The STEAM Journal:Vol. 4:Iss. 1, 1-10.
  12. Kastawi, N., Widodo, S., & Mulyaningrum, E. (2017). Kendala dalam implementasi kurikulum 2013 di Jawa Tengah dan strategi penanganannya. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(2), 66-76.
  13. Kezar, A., Gehrke, S., & Elrod, S. (2015). Implicit theories of change as a barrier to change on college campuses: An examination of STEM reform. The Review of Higher Education, 38(4), 479-506.
  14. Lestari, N. D. (2018). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri se-Kota Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1).
  15. Liliawati, W., Rusnayati, H., & Aristantia, G. (2018). Implementation of STEAM Education to Improve Mastery Concept. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 288, No. 1, p. 012148). IOP Publishing.
  16. Mardiana, S., & Sumiyatun, S. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Metro. HISTORIA Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 5(1), 45-54.
  17. Nur, M. (2011). Modul Keterampilan Proses Sains. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah, Universitas Negeri Surabaya
  18. Nurhikmayati, Iik. (2019). Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. Junal Didactical Mathematics 1(2), 41-50.
  19. Park, H., Byun, S., Sim, J., Han, H., & Baek,Y. S. (2016). Teachers’perceptions andpractices of STEAM education in South Korea. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Education, 12(7), 1739–1753. https://doi.org/10.12973/Eurasia.2016.1531a
  20. Patresia, I., Silitonga, M., & Ginting, A. (2020). Developing biology students’ worksheet based on STEAM to empower science process skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 147-156.
  21. Perignat, E. and Katz-Buonincontro, J. 2018. STEAM in Practice and Research: An Integrative Literature Review. Thinking Skills and Creativity 31: 31-43.
  22. Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31-43.
  23. Permendikbud. (2013). No. 69 tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
  24. Plucker, J. A., Guo, J., & Dilley, A. (2018). guided programs and strategies for nurturing creativity.
  25. Prameswari, Titania Widya & Lestariningrun, Anik (2020). STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years, Vol. 7 No.1
  26. Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.
  27. Rabkin, N., & Hedberg, E. C. (2011). Arts Education in America: What the Declines Mean for Arts Participation. Based on the 2008 Survey of Public Participation in the Arts. Research Report# 52. National Endowment for the Arts.
  28. Rachim, Fathur. 2019. How to STEAM Your Classroom Revo 4.0 Model – Outside The Box (Part-1). Jakarta:DPP Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia https://www.academia.edu/40290341/HOW_TO_STEAM_YOUR_CLASSROOM_REVO_4_0_MODEL
  29. Ramadani, Etika. (2020). Pengembangan Handout Matematika Berbasis Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Kelas VIII SMP (Doctoral Dissertation, FKIP).
  30. Ranam, S., & Amaliah, D. (2017). Pendekatan Contextual Teaching Learning dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Research and Development Journal of Education, 3(2), 131-143.
  31. Retnowati, L., Sugianto, S., & Alimah, S. (2020). The Development of Integrated Biology-Entrepreneurship Learning Design Based STEAM. Journal of Innovative Science Education, 9(3), 124-129.
  32. Rustaman, N. Y. (2016). Pembelajaran Sains Masa Depan Berbasis STEM Education. Prosiding Seminar Nasional Biologi Edukasi 2016, 1-16.
  33. Rustaman, N.Y. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Untuk Pembangunan Karakter, Vol. 8, No. 1. Makalah Seminar Nasional VIII P.Biologi, FKIP UNS, Surakarta.
  34. Sanders, M. E. (2008). Stem, stem education, stemmania.
  35. Sartono, N., Suryanda, A., Ahmad, T. L. S., Zubaidah, Z., & Yulisnaeni, Y. (2020). Implemetasi STEAM dalam Pembelajaran Biologi: Upaya Pemberdayaan Guru Biologi Madrasah Aliyah DKI Jakarta. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 7-14.
  36. Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan aplikasi Lectora Inspire sebagai media pembelajaran interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 101-115.
  37. Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 133-137.
  38. Subandi, S. (2014). Pengembangan Kurikulum 2013 (Studi Analitis dan Subtantif Kebijakan Kurikulum Nasional). Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 18-36.
  39. Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).
  40. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  41. Sukmana, R. W. (2018). Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 189-197.
  42. Suwono, H., Rizkita, L., & Susilo, H. (2017). Peningkatan literasi saintifik siswa sma melalui pembelajaran biologi berbasis masalah sosiosains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2).
  43. Thien, L.M., Darmawan, I.G.N. & Ong, M.Y. (2015). Affective characteristics and mathematics performance in Indonesia, Malaysia, and Thailand: what can PISA 2012 data tell us?. Large-scale Assess Educ 3, 3.
  44. Thuneberg, H., Salmi, H., & Fenyvesi, K. (2017). Hands-on math and art exhibition promoting science attitudes and educational plans. Education Research International, 1–13.
  45. Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.
  46. Ulva, V., Ibrohim, I., & Sutopo, S. (2017). Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 622-626.
  47. Vossoughi, S., Hooper, P. K., & Escude, M. (2016). Making Through The Lens of Culture and Power: Toward Transformative Visions for Educational Equity. Harvard Educational Review: Summer 2016, Vol. 86, No. 2, pp. 206-232. https://doi.org/10.17763/0017-8055.86.2.206.
  48. Wijaya, A. D., Karmila, N. I. L. A., & Amalia, M. R. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Kurikulum Indonesia, 85-88. In Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya. Tersedia Online: portal. phys. unpad. ac. id.
  49. Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
  50. Wilson, B. & Hawkins, B. 2019. Art and Science in a Transdisciplinary Curriculum. In Judson, G. & Lima, J. (Eds). CIRCE Magazine: Steam Edition. CIRCE: The Centre for Imagination in Research, Culture & Education
  51. Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “isu-isu strategis pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).
  52. Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika dan Sains dengan Tema “STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal dalam Menghadapi Era Revolusi Industri (Vol. 4).

Open Access Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps