UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM KOORDINASI DAN ALAT INDERA MELALUI METODE PERMAINAN WHO WANTS TO BE A SMART STUDENT PADA SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 1 BANDUNGAN TAHUN 2013/2014
Main Article Content
Abstract
Hasil refleksi awal pembelajaran IPA menunjukkan pen- capaian ketuntasan secara klasikal rendah yaitu 53,8%. Ren- dahnya hasil belajar siswa karena guru belum memanfaatkan metode yang kreatif sehingga pelajaran menjadi membosankan. Rendahnya hasil belajar ini memacu guru untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan metode quis Who Wants to be A Smart Student. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar konsep Sistem Koor- dinasi dan Alat Indera melalui metode permainan Who Wants to be A Smart Student. Penelitian ini dilakukan pada siswa ke- las IX F SMP Negeri 1 Bandungan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaran model permainan Who Wants to be A Smart Student berhasil apabila standar kompetensi yang diharapkan tercapai. Indikatornya adalah apabila 85 % siswa dapat mencapai hasil belajar dengan SKBM 70 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 hingga siklus 2.Peningkatan tersebut meliputi rerata hasil belajar dari 73,4 pada siklus 1 menjadi 81,3 pada siklus 2, sehingga terjadi kenaikan sebesar 7,9 poin. Ketuntasan belajara secara klasikal juga mengalami kenaikan dari 65,4 % pada siklus 1 menjadi 88,5 % pada siklus 2, sehingga mengalami kenaikan sebesar 23,1 %. Aktifitas siswa mengalami kenaikan sebesar 25 % dari siklus 1 sebesar 66,7 % menjadi 87,5 % pada siklus 2.
Berdasarkan hasil analis data di atas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan permainan Who Wants to be A Smart Student dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX F SMP Neg- eri 1 Bandungan Tahun Pelajaran 2013/2014. Meningkatnya hasil belajar ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar minimal yang telah ditetapkan. Penggunaan metode permainan Who Wants to be A Smart Student merupakan salah satu metode alternatif bagi guru dalam pembe- lajaran yang disarankan untuk digunakan pada kompetensi dasar mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera dan hubungannya dengan kesehatan.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Barizi, Ahmad dan Muhammah Idris, 2010: Menjadi Guru Unggul, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta
Sudibyo, Elok dkk. 2008: Mari Belajar IPA 3, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta
Hamdani, M.A, 2011: Strategi Belajar Mengajar, Pustaka Setia: Bandung
Hamruni, M.Si., 2012: Strategi Pembelajaran, Insan Madani: Yogyakarta
Zaini, Hisyam, dkk. 2008: Strategi Pembelajaran Aktif, Pustaka Insan Madani: Yogyakarta
Khoiri, Imam, 2005: Cara Mudah Belajar IPA (Biologi) SMP, Kawan Pustaka: Jakarta
http://www.sekolahdasar.net/2012/05/pembelajaran-kooperatif- tipe-tgt- teams.html#ixzz2E96gNSw4 diambil 20 maret 2013.
Grafura, Lubis dan Ari Wijayanti. 2012: Metode dan Strategi Pembelajaran yang Unik, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta
Silberman, Mel, 2007: Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Pustaka Insan Madan: Yogyakarta
Subini, Nini, 2011: Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Javalitera: Yogyakarta
Sumarwan dkk. 2007. IPA SMP untuk Kelas IX, Erlangga: Jakarta Trianto, S.Pd., M.Pd., 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Prestasi, Pustaka: Jakarta