UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM KOORDINASI DAN ALAT INDERA MELALUI METODE PERMAINAN WHO WANTS TO BE A SMART STUDENT PADA SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 1 BANDUNGAN TAHUN 2013/2014

Main Article Content

eni riptyawati

Abstract

Hasil refleksi awal pembelajaran IPA menunjukkan pen- capaian ketuntasan secara klasikal rendah yaitu 53,8%. Ren- dahnya hasil belajar siswa karena guru belum memanfaatkan metode yang kreatif sehingga pelajaran menjadi membosankan. Rendahnya hasil belajar ini memacu guru untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran   dengan menggunakan metode quis Who Wants to be A  Smart Student. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar konsep Sistem Koor- dinasi dan Alat Indera melalui metode permainan Who Wants to be A Smart Student.  Penelitian ini dilakukan pada siswa ke- las IX F SMP Negeri 1 Bandungan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaran model permainan Who Wants to be A Smart Student berhasil apabila standar kompetensi yang diharapkan tercapai. Indikatornya adalah apabila 85 % siswa dapat mencapai hasil belajar dengan SKBM 70 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 hingga siklus 2.Peningkatan tersebut meliputi rerata hasil belajar dari 73,4 pada siklus 1 menjadi 81,3 pada siklus 2, sehingga terjadi kenaikan sebesar 7,9 poin. Ketuntasan belajara secara klasikal juga mengalami kenaikan dari 65,4 % pada siklus 1 menjadi 88,5 % pada siklus 2, sehingga mengalami kenaikan sebesar 23,1 %. Aktifitas siswa mengalami kenaikan sebesar 25 % dari siklus 1 sebesar 66,7 % menjadi 87,5 % pada  siklus 2.
Berdasarkan hasil analis data di atas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan permainan Who Wants to be A Smart Student dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX F SMP Neg- eri 1 Bandungan Tahun Pelajaran 2013/2014. Meningkatnya hasil belajar ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar minimal yang telah ditetapkan. Penggunaan metode permainan Who Wants to be A Smart Student merupakan salah satu metode alternatif bagi guru dalam pembe- lajaran yang disarankan untuk digunakan pada kompetensi dasar mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera dan hubungannya dengan kesehatan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
riptyawati, eni. (2016). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM KOORDINASI DAN ALAT INDERA MELALUI METODE PERMAINAN WHO WANTS TO BE A SMART STUDENT PADA SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 1 BANDUNGAN TAHUN 2013/2014. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), 63–78. https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.2.104
Section
Articles

References

Barizi, Ahmad dan Muhammah Idris, 2010: Menjadi Guru Unggul, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta

Sudibyo, Elok dkk. 2008: Mari Belajar IPA 3, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta

Hamdani, M.A, 2011: Strategi Belajar Mengajar, Pustaka Setia: Bandung

Hamruni, M.Si., 2012: Strategi Pembelajaran, Insan Madani: Yogyakarta

Zaini, Hisyam, dkk. 2008: Strategi Pembelajaran Aktif, Pustaka Insan Madani: Yogyakarta

Khoiri, Imam, 2005: Cara Mudah Belajar IPA (Biologi) SMP, Kawan Pustaka: Jakarta

http://www.sekolahdasar.net/2012/05/pembelajaran-kooperatif- tipe-tgt- teams.html#ixzz2E96gNSw4 diambil 20 maret 2013.

Grafura, Lubis dan Ari Wijayanti. 2012: Metode dan Strategi Pembelajaran yang Unik, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta

Silberman, Mel, 2007: Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Pustaka Insan Madan: Yogyakarta

Subini, Nini, 2011: Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Javalitera: Yogyakarta

Sumarwan dkk. 2007. IPA SMP untuk Kelas IX, Erlangga: Jakarta Trianto, S.Pd., M.Pd., 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Prestasi, Pustaka: Jakarta

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.