UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER IPA MELALUI REFLEKSI PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

Eni Riptyawati*  -  SMP Negeri 1 Bandungan, Indonesia

(*) Corresponding Author

Pendidikan karakter pada mata pelajaran IPA merupakan cara yang tepat untuk membentuk pribadi peserta didik yang berakhlak mulia. IPA merupakan salah satu pelajaran yang sudah menerapkan pendidikan karakter dalam proses pembelajarannya. Refleksi penilaian diri peserta didik merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan karakter tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menumbuhkan karakter jujur dan peduli pada lingkungan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter jujur dan peduli pada lingkungan Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi penilaian diri peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa refleksi penilaian diri peserta didik dapat digunakan untuk menumbuhkan karakter IPA (jujur dan peduli pada lingkungan).

Keywords: pendidikan karakter, refleksi, penilaian diri, jujur, dan peduli lingkungan

  1. Basuni,R.2009. Penilaian Diri Sendiri (Self Assessment) pada Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Saung Guru. Vol.4 No.1 Juli 2009.
  2. Daryanto. 2013. Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media
  3. Fatimah,S. 2011. Pengembangan Asesmen Alternatif dalam pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 15 No.2, 2011
  4. Haryanto. 2012. Mengapa Perlu Pendidikan Karakter. http://belajarpsikologi.com (diakses 10 November 2014)
  5. M. Khusniati. 2012. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol.1 N0.2 (2012): 2014-210.
  6. Oci, M. 2012. Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School (Studi deskritif pada SD Cendekia Leadership School, Bandung). Jurnal Tarbawi Vol 1 No.3 September 2012
  7. Rohman, A. 2011. Penilaian Diri (Self Assessment) dalam Pembelajaran PAI (Makalah Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah “Evaluasi Pendidikan” konsentrasi pendidikan agama islam program pasca sarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya 2011/2012)
  8. Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, Jakarta: Esensi
  9. Sistem Pendidikan Nasional 2003. UU No. 20 tahun 2003.
  10. Reni,A. 2013. Pengembangan Self Assessment sebagai Alat Evaluasi Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi pada Mahasiswa Pendidikan Fisika FPMIPA UNNES. Unnes Physic Education Journal 2 (3) 2013.
  11. Tim penyusun. 2010.Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk Daya saing dan Karakter Bangsa: Pengembangan pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pukur Badan Penelitian dan Pemgembangan Kementrian Pendidikan Nasional.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps