PENERAPAN PEER LEARNING MODEL SYNDICATE GROUP DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS KELAS IX B MTs. DIPONEGORO KECAMATAN UNGARAN TIMUR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Article Content

Rumiyanto Agus Sudarmanto

Abstract

Berdasarkan nilai ulangan harian KD sistem reproduksi  dengan KKM yang ditentukan oleh guru mata pelajaran sebesar 70,  hasilnya kelas IX A  prosentase siswa yang nilainya tuntas adalah 79,3 %, dan nilai belum tuntas 20,7 %, sedangkan kelas IX B prosentase siswa yang nilainya tuntas hanya 40,7 %, dan nilai belum tuntas adalah 59,3 %. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan naturalistik yang hasil penelitian ini dipaparkan secara deskriptif. Pada silkus I keaktifan siswa secara klasikal sebesar 72,59 %, dan hasil belajar mencapai 78,52 %. Pada siklus II keaktifan siswa secara klasikal 77,78 %, dan hasil belajar mencapai 83,52 %. Penerapan Peer Learning model Syndicate Group dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik statis kelas IX B MTs. Diponegoro Kecamatan Ungaran Timur semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Agus Sudarmanto, R. (2016). PENERAPAN PEER LEARNING MODEL SYNDICATE GROUP DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS KELAS IX B MTs. DIPONEGORO KECAMATAN UNGARAN TIMUR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 71–84. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1063
Section
Articles

References

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo, 2003)

Persada.Arikunto Suharsimi, dkk, Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2012)

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta. 2010)

Budiningsih, C. A., , Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Asdi Mahastya, 2005),

DEPAG RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya,(Bandung: Diponegoro, 2003)

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta : Rineka Cipta, 2009)

Ganawati, Dewi, dkk, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual IX untuk SMP/MTs, (Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008).

Ilham, “Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa” http.//abangilham.wordpress.com/ . diakses tanggal 10 Desember 2015

Indriana Kartini, “Listrik Statis”, httpelisa1.ugm.ac.idfilescyrajehaJ7HaZ4Jr, diakses 10 Desember 2015

---- , “Teori Atom”, httpelisa1.ugm.ac. idfilescyrajehaJ7HaZ4Jq, diakses 11 Desember 2015

Iqtirobl Fudlla, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Kalor Kelas VII A MTs. NU 01 Kramat Tegal Semester Gasal Tahun Pelajaran 2011/2012”, Skripsi (Semarang : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo,2012)

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002

Modjiono dan Dimyati, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Depdikbud, 1992)

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2002)

---- , Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012)

Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000)

Rochiati Wiriatmaja, Metode Peneliian Tindakan Kelas, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007)

Semiawan, Conny, Pendidikan Keterampilan Proses, (Jakarta : Grasindo, 1992)

Siti Nur Innayah, “Pemanfaatan Alat-alat Laboratorium Fisika untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 1 MAN 1 Blora Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Materi Pokok Gerak Getaran”, Skripsi (Semarang : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, 2011)

Slameto, Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta : Rineka Cipta, 2003)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (Bandung : Alfabeta, 2010)

Suprijono, Agus. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. (Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2009)

Suja’i, dkk, Pedoman Penulisan Skripsi, (Semarang : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo, 2013)

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Cetakan ke-4, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2012)

Warsono, Hariyanto, Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012)

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.(Jakarta : Prenada Media, 2007)

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.