METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

Anis Fauziana*  -  Pasacasarjana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Mega Teguh Budiarto  -  Pasacasarjana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Wiryanto Wiryanto  -  Pasacasarjana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk melatihkan kemampuan metakognitif pada peserta didik di Sekolah Dasar (SD). Perangkat yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, Penilaian Hasil Belajar/ PHB (istilah untuk THB dalam kurikulum 2013) dan Tes Kemampuan Metakognitif/ TKM berupa angket kemampuan metakognitif. Proses pengembangan perangkat tersebut mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi dan revisi, serta (5) fase implementasi. Pada fase tes, evaluasi dan revisi, perangkat yang telah dikembangkan, kemudian diujicoba pada kelas ujicoba. Hasil ujicoba tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas baik, dilihat dari: (1) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, yang berkategori terlaksana dengan sangat baik, (2) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran yang berkategori aktif, (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran yang berkategori positif, (4) ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga tercapai. Kegiatan belajar yang terjadi pada setiap pembelajaran baik di kelas ujicoba maupun implementasi mengacu pada learning trajectory yang dikembangkan oleh peneliti. Melalui learning trajectory inilah metakognitif dilatihkan dalam pembelajaran RME dilihat dari aktivitas metakognitif yang dilakukan peserta didik selama pembelajaran, bahkan pada kelas implementasi menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan perangkat berbasis RME ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan metakognitif.

 

Keywords: Realistic Mathematics Education; kemampuan metakognitif

  1. Aiken, L. R. 1985. Three Coefficients For Analizyng The Reliability and Validity of Rating. Educational and Psychological Measurement, 45.
  2. Amir, M. F., & Kusuma, M. D. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives, 2(1), 117-128.
  3. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Arsaythamby, V., & Zubainur, C. M. (2014). How A Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities In Primary Schools? Paper presented at the Procedia-Social Behavioral Sciences.
  5. Astuti, M. S. Y. 2016. Pendekatan Matematika Realistik Sebuah Upaya Membumikan Matematika Di Sekolah Yogyakarta: Leutika Prio.
  6. Budiarto, M. T., & Artiono, R. 2019. Geometri dan Permasalahan Dalam Pembelajarannya (Suatu Penelitian Meta Analisis). JUMADIKA: Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 9-18.
  7. Ghasemi, A., & Zahediasl, S. 2012. Normality tests for statistical analysis: a guide for non-statisticians. International journal of endocrinology metabolism, 10(2), 486.
  8. Gravemeijer, K. P. E. 1992. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD-β Press.
  9. Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education Literature, 3(1), 99-110.
  10. Lee, C.-D. 2014. Worksheet usage, reading achievement, classes' lack of readiness, and science achievement: A cross-country comparison. International Journal of Education in Mathematics Science Technology, 2(2), 95-106.
  11. Maslihah, S. 2012. Pendidikan matematika realistik sebagai pendekatan belajar matematika. Phenomenom, 2(1), 110-112.
  12. Muhidin, S. A., & Abdurrahman, M. 2007. analisis Korelasi, Regresi, Dan Jalur Dalam Penelitian (Dilengkapi aplikasi program SPSS). Bandung: Pustaka Setia.
  13. Mujiasih, M. 2013. Melatih Kreativitas Daya Nalar Siswa Melalui Model Pembelajaran RME. Phenomenom, 3.
  14. Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In Design approaches and tools in education and training (pp. 125-135): Springer.
  15. Ormrod, J. E. 2008. Educational Psychology: Developing Learners: Pearson/Merrill/Prentice Hall.
  16. Ratumanan, L. 2011. Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan (Vol. 2). Surabaya: Unesa University Press.
  17. Retnawati, H. 2016. Validitas Reliabilitas dan Karakter Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.
  18. Riduwan. 2010. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
  19. Rohati, R. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar Yang Mendukung Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Di SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(02).
  20. Rosidi, I. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe integrated untuk mengetahui ketuntasan belajar ipa siswa smp pada topik pengelolaan lingkungan. Jurnal Pena Sains, 2(1), 14-25.
  21. Sapti, M. 2011. Desain Pembelajaran Mathematical Learning Trajectories. LIMIT-Pendidikan Matematika(12).
  22. Savitri, S., & Susantini, E. 2019. Efectiveness Of Virus Material Topic Student Worksheet Based On Know-Learned (Kl) Metacognitive Strategy To Train Student Metacognitive Skills. BioEdu, 8(2), s.
  23. Schoenfeld, A. H. 2014. Mathematical Problem Solving: Elsevier Science.
  24. Schraw, G., & Dennison, R. S. 1994. Assessing metacognitive awareness. Contemporary educational psychology, 19(4), 460-475.
  25. Siregar, S. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitunagn Manual dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Bumi Aksara.
  26. Sugiyono. 2011. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  27. Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  28. Susilo, T. A. B., dkk. 2018. Pembelajaran Matematika Realistik yang Melibatkan Kecerdasan Majemuk Pada Materi Volume Bangun dan Luas Permukaan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 4(2), 99-122.
  29. van den Akker, J., dkk. 2012. Design Approaches and Tools in Education and Training: Springer Netherlands.
  30. Van, P. H. d. 1994. Assessment and realistic mathematics education. Utrecht: CD-β Press.
  31. Vula, E., dkk. 2017. The impact of metacognitive strategies and self-regulating processes of solving math word problems. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(1), 49-59.
  32. Wulansari, A. D. 2016. Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian. Yogyakarta:

Open Access Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps