PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI KELISTRIKAN MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA KIT

s sumaryatun*  -  SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus, Indonesia

(*) Corresponding Author

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika materi kelistrikan melalui pemanfaatan alat peraga KIT bagi peserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus pada semes- ter 1 tahun 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subyek peserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus sejumlah 33 anak terdiri dari 15 anak laki-laki dan 18 anak perempuan, dimana peneliti seb- agai guru IPA (fisika) pada kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan dari bulan September 2012 sampai bulan Januari 2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini   adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I tindakan yang dilakukan dengan memanfaatkan alat peraga KIT kelompok besar, sedangkan pada siklus II tindakan yang dilakukan dengan memanfaatkan alat peraga KIT kelompok kecil.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa secara teoritik dan empirik me- lalui pemanfaatan alat peraga KIT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika materi kelistrikan bagi peserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus pada semester 1 tahun 2012/2013. Peningkatan akti- vitas belajar fisika sebesar 48,5% dari kondisi awal 30,3%  menjadi 66,7% pada siklus I dan 78,8% pada akhir siklus II. Sedangkan Peningkatan hasil belajar fisika sebesar 39,16% dari kondisi awal 36,36%   (tuntas KKM= 12, rata-rata= 64,85) menjadi 60,61% (tuntas KKM= 20,  rata-rata= 71,51) pada siklus I dan 75,76% (tuntas KKM= 25, rata-rata= 74,85) pada akhir siklus II.

Keywords: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Pemanfaatan alat peraga KIT

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan, Yogyakarta: Aditya Media
  2. Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPA SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.
  3. Druxes Herbert, 1995. Kompendium Didaktik Fisika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  4. Hamalik, O. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  5. Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
  6. Hindarto, Nathan. 1995. Melalui Pemantapan Pendidikan Fisika Kita Kembangkan Sains dan Teknologi dengan Penuh Tanggung Jawab. Pidato Ilmiah: Lustrum VI IKIP Semarang
  7. Natawijaya, Rochman. 1979, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
  8. Sadirman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
  9. Slameto. 2006. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakar- ta: Rineka Cipta
  10. Subiyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Semarang: CV. Widya Karya

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps