PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI KELISTRIKAN MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA KIT
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika materi kelistrikan melalui pemanfaatan alat peraga KIT bagi peserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus pada semes- ter 1 tahun 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subyek peserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus sejumlah 33 anak terdiri dari 15 anak laki-laki dan 18 anak perempuan, dimana peneliti seb- agai guru IPA (fisika) pada kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan dari bulan September 2012 sampai bulan Januari 2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I tindakan yang dilakukan dengan memanfaatkan alat peraga KIT kelompok besar, sedangkan pada siklus II tindakan yang dilakukan dengan memanfaatkan alat peraga KIT kelompok kecil.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa secara teoritik dan empirik me- lalui pemanfaatan alat peraga KIT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika materi kelistrikan bagi peserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus pada semester 1 tahun 2012/2013. Peningkatan akti- vitas belajar fisika sebesar 48,5% dari kondisi awal 30,3% menjadi 66,7% pada siklus I dan 78,8% pada akhir siklus II. Sedangkan Peningkatan hasil belajar fisika sebesar 39,16% dari kondisi awal 36,36% (tuntas KKM= 12, rata-rata= 64,85) menjadi 60,61% (tuntas KKM= 20, rata-rata= 71,51) pada siklus I dan 75,76% (tuntas KKM= 25, rata-rata= 74,85) pada akhir siklus II.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan, Yogyakarta: Aditya Media
Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPA SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.
Druxes Herbert, 1995. Kompendium Didaktik Fisika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hamalik, O. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Hindarto, Nathan. 1995. Melalui Pemantapan Pendidikan Fisika Kita Kembangkan Sains dan Teknologi dengan Penuh Tanggung Jawab. Pidato Ilmiah: Lustrum VI IKIP Semarang
Natawijaya, Rochman. 1979, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
Sadirman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
Slameto. 2006. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakar- ta: Rineka Cipta
Subiyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Semarang: CV. Widya Karya