PENGARUH MOTIVASI, FAKTOR KELUARGA, LINGKUNGAN KAMPUS DAN AKTIF BERORGANISASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK

mihayati shaleh*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Tujuan utama penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh mo- tivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif organisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner yang diedarkan ke responden. Populasi adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang yang berada pada semester 3 ke atas. Untuk pemilihan sampel digunakan teknik simple random sampling. Analisa data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menun- jukkan bahwa  variabel  bebas  yang  berpengaruh  positif  dan  signifikan terhadap prestasi akademik adalah motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa FITK.

Keywords: prestasi akademik, motivasi, faktor keluarga, lingkun- gan kampus

  1. Affandi, Irfan. 2011. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pemeriksaan Akuntansi II (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi UPN ”Veteran” Jawa Timur)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  3. Budiyono. 2004. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
  4. Dalyono,M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta
  5. Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. hal. 700
  6. Farooq, M.S, A.H. Chaudhry, M. Shafiq, G. Berhan. 2011. Factors Affecting Students’ Quality Of Academic Performance: A Case Of Secondary School Level. Journal of Quality and Technology Management Volume VII, Issue II, December, 2011, Page 01-14
  7. Faridi, Achmad. 2002. Hubungan sarapan pagi dengan kadar glukosa darah dan konsentrasi belajar pada siswa SD. Skripsi. Bogor: GMSK Faperta IPB
  8. Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. 1 ed. Penerbit Fakultas Ekonomi, UNDIP, Semarang.
  9. Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. 3 Ed. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  10. Halim M. 2009. Identifikasi Faktor-Faktor yang Berperan Terhadap Pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa. Departemen Statistika IPB [Skripsi] Bogor: Jurusan Statistika FMIPA IPB.
  11. Hamzah.B.Uno. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Hal.1. Jakarta:PT.Bumi Aksara
  12. Heather Cros. 2011. Exploring Achievement: Factors Affecting Native American Colleges Student Success. An Applied Research Project. Submitted to the Department of Political Science Texas State University In Partial Fulfillment for the Requirements for the Degree of Masters of Public Administration
  13. Hildayati, Marya. 2002. Penelusuran Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Semester I Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Skripsi. Bogor: Jurusan statistika FMIPA IPB.
  14. Ilyas. 2004. Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada MTsN Model Makassar. Tesis. Makassar: Universitas Hasanuddin
  15. Irfan Mushtaq & Shabana Nawaz Khan. 2012. Judul: Factors Affecting Students’ Academic Performance. Global Journal of Management and Business Research.Volume 12 Issue 9 Version 1.0 June 2012.
  16. Kamaluddin, R. 2005. Intelegensia Berprestasi. http://www.e-psikologi.com/intelegensia/ma30/html.
  17. Kuh et al. 2006. What Matters to Student Success: A Review of the Literature, Commissioned Report for the National Symposium on Postsecondary Student Success.
  18. Kusumastuti, Tri Laswi. 2010. Hubungan antara Tingkat Pendidi- kan dan Penghasilan Orang Tua dengan Prestasi Belajar IPA Semester Satu Siswa Kelas Tujuh SMP Cinde Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011.Penelitian Tindakan Kelas. Semarang. Diakses 23 April 2011 dalam situs web: http://www.scribd. com/doc/55874141/Hubungan-Antara-Tingkat-Pendidikan- Dan-Penghasilan-Orang-Tua.
  19. Lidia, Susi. 2008. Pngaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5
  20. Brebes Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Surakarta: UMS
  21. Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Hal.138. Bandung:Remaja Rosdakarya
  22. Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  23. Ngalim Purwanto. 2000. Psikologi Pendidikan. Hal:84. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  24. Oemar Hamalik. 1992. Psikologi Belajar. Bandung: Sinar Baru. hlm. 173
  25. Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  26. Sagita Adjani dan Helmy Adam. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Skripsi. Universitas Brawijaya
  27. Sampoerno PD. 2002. Analisis kualitas Mahasiswa dalam Pencapaian Pendidikannya dengan Menggunakan Metode Partial Least Squares. Studi kasus: Mahasiswa jurusan Matematika FMIPA Universitas Jakarta [Tesis]. Bogor: Program Pasca Sarjana. IPB
  28. Sangkapan, Jedsarid dan Laeheem, Kasetchai. 2011.Factors Affect- ing Students Academic Achievement into Probation Status at Prince of Songkla University. The 3rd International Conference on Humanities and Social Sciences. April 2, 2011. Faculty of Liberal Arts, Prince of Songkla University Proceedings- Community Empowerment.
  29. Sarwono, jonathan & Budiono, herlina. 2012. Statistik Terapan: Ap- likasi untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. Hal:189 Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
  30. S.F. Habeyb. Kamus Populer, (Jakarta: Nurani, 1983), Cet., Ke-20. h.,296
  31. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengeruhinya. hal:61. Jakarta: Rineka Cipta
  32. ______ 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakar- ta: PT Rineka Cipta
  33. ______ 1991. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  34. Soekirman. 1988. Kebijakan Pangan dan Gizi serta Upaya Peningkatan Kualitas Hidup. Gizi Indonesia
  35. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  36. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabeta.
  37. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  38. Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  39. Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media.
  40. Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. hlm. 114
  41. Udiyono. 2011. Pengaruh Motivasi Orangtua, Kondisi Lingkungan Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Magistra No. 75 Th. XXIII Maret 2011.ISSN 0215-9511
  42. Umar Tirtarahardja & La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. hlm.168
  43. W.S. Winkel. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
  44. Winkel. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia hlm. 92
  45. Yuniah. 2006. Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Aka- demik Mahasiswa TPB IPB Dengan Metode CHAID. Skripsi. Departemen Statistika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Institut Pertanian Bogor.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps