PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 2 PULOKULON
Main Article Content
Abstract
Permasalahan pokok yang akan dipecahkan lewat Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Tujuannya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA..
Penelitian ini merupakan tindakan guru untuk memperbaiki hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulokulon Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2004, dan pelakunya adalah guru IPA. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan siklus yang telah dilakukan motivasi dan perolehan nilai siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulokulon Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2004 mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Jadi secara keseluruhan siklus yang telah dilakukan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto, Suharsimi 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. PT.Bumi Aksara
Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
B. Hamzah, Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Danim, Sudarwan. 2006. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2006. Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: CV. Duta Nusindo.
Gabbin, Alexander, Wood. 2008.“An Experimental Study of Accounting Majors' Academic Achievement Using Cooperative Learning Groups”Issues in Accounting Education. Sarasota: Aug 2008. Vol. 23, Iss. 3; pg. 391, 14 pgs
Gillies, Robyn M.2006. Ten Australian Elementary Teachers Discourse and Reported Pedagogical Practices during Cooperative Learning. The Elementary School Journal. Universitas of Queensland.Academi
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syaodih, Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rusdakarya.
Wartono.2004.Model-model Pengajaran Dalam Pembelajaran Sain.Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan sistem dan Pengendalian Program.