PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI KALOR DENGAN PROBLEM POSING BERPASANGAN KELAS VIIC SMP NEGERI 3 BAWEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

s sugito*  -  SMP NEGERI 3 BAWEN, Indonesia

(*) Corresponding Author

Alat evaluasi berupa tes yang dibuat guru tidak selamanya dapat mengukur daya serap siswa kategori rendah prestasinya. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana jika soal tes yang digunakan untuk evaluasi dibuat oleh siswa (problem posing). Rumusan masalah dalam Penelitian ini: (1) Seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa materi kalor dengan problem posing  kelas VII SMP Negeri 3 Bawen tahun pelajaran 2011/2012, (2) Seberapa besar peningkatan kualitas pertanyaan siswa materi kalor dengan problem posing  kelas VII SMP Negeri 3 Bawen tahun pelajaran 2011/2012.
Tujuan Penelitian ini untuk (1) menentukan besarnya peningkatan prestasi belajar siswa materi kalor dengan problem posing  kelas VII SMP Negeri 3 Bawen tahun pelajaran 2011/2012, (2) b. Menentukan besarnya peningkatan kulitas pertanyaan siswa materi kalor dengan problem posing kelas VII SMP Negeri 3 Bawen tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) yang dirancang melalui tiga siklus yaitu dengan prosedur : (1) perencanaan (Planning), (2) pelaksanaan tindakan (Acting), (3) pengamatan (Observing), (4) refleksi dalam tiap-tiap siklus (reflecting).
Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan problem posing dapat meningkatkan prestasi belajar materi kalor siswa kelas VIIC tahun pelaja- ran 2011/2012 sebesar 22,7% tetapi tidak dapat meningkatkan pertanyaan ranah kognitif siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut direko- mendasikan untuk dilakukan penelitian lanjutan mengenai pembelajaran dengan problem posing yang dapat meningkatkan pertanyaan produktif bagi siswa.

Keywords: problem posing, berpasangan, kualitas pertanyaan, prestasi belajar

  1. Christou, C., Marios, P., Nicholas, M., dan Bharath, S. 2005. An Empirical Taxonomy of Problem Posing Proccesses. ZDM, 37/3.
  2. Depdiknas, 2006. Materi Pelatihan Pengembangan KTSP. Jakarta. Pittalis, M., Christou, C., Mousoulides, N., & PittaPantazi, D. 2004.
  3. A Structural Model For Problem Posing, Psychology of Matema-
  4. thical Education, 4: 49-56.
  5. Silver, E. A., Mamona, D., Leung, S. S., dan Patrica, K. 1996.
  6. Posing Mathematical Problems An Explorary Study.
  7. Journal for Research in Mathematical Education, 27: 293-309.
  8. Siswono, T, Y, E., 2004. Mendorong Berpikir Kreatif Melalui Pengajuan Masalah, Makalah Konferensi Nasional Matematika XII, Bali, 23-27 Juli.
  9. Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Sanata Dharma: Yogyakarta.
  10. Yulaelawati, Ella. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Pakar Raya: Jakarta.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps