PENGARUH MOTIVASI, FAKTOR KELUARGA, LINGKUNGAN KAMPUS DAN AKTIF BERORGANISASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK

Main Article Content

mihayati shaleh

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh mo- tivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif organisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner yang diedarkan ke responden. Populasi adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang yang berada pada semester 3 ke atas. Untuk pemilihan sampel digunakan teknik simple random sampling. Analisa data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menun- jukkan bahwa  variabel  bebas  yang  berpengaruh  positif  dan  signifikan terhadap prestasi akademik adalah motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa FITK.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
shaleh, mihayati. (2016). PENGARUH MOTIVASI, FAKTOR KELUARGA, LINGKUNGAN KAMPUS DAN AKTIF BERORGANISASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), 109–141. https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.2.122
Section
Articles

References

Affandi, Irfan. 2011. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pemeriksaan Akuntansi II (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi UPN ”Veteran” Jawa Timur)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Budiyono. 2004. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Dalyono,M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. hal. 700

Farooq, M.S, A.H. Chaudhry, M. Shafiq, G. Berhan. 2011. Factors Affecting Students’ Quality Of Academic Performance: A Case Of Secondary School Level. Journal of Quality and Technology Management Volume VII, Issue II, December, 2011, Page 01-14

Faridi, Achmad. 2002. Hubungan sarapan pagi dengan kadar glukosa darah dan konsentrasi belajar pada siswa SD. Skripsi. Bogor: GMSK Faperta IPB

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. 1 ed. Penerbit Fakultas Ekonomi, UNDIP, Semarang.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. 3 Ed. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim M. 2009. Identifikasi Faktor-Faktor yang Berperan Terhadap Pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa. Departemen Statistika IPB [Skripsi] Bogor: Jurusan Statistika FMIPA IPB.

Hamzah.B.Uno. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Hal.1. Jakarta:PT.Bumi Aksara

Heather Cros. 2011. Exploring Achievement: Factors Affecting Native American Colleges Student Success. An Applied Research Project. Submitted to the Department of Political Science Texas State University In Partial Fulfillment for the Requirements for the Degree of Masters of Public Administration

Hildayati, Marya. 2002. Penelusuran Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Semester I Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Skripsi. Bogor: Jurusan statistika FMIPA IPB.

Ilyas. 2004. Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada MTsN Model Makassar. Tesis. Makassar: Universitas Hasanuddin

Irfan Mushtaq & Shabana Nawaz Khan. 2012. Judul: Factors Affecting Students’ Academic Performance. Global Journal of Management and Business Research.Volume 12 Issue 9 Version 1.0 June 2012.

Kamaluddin, R. 2005. Intelegensia Berprestasi. http://www.e-psikologi.com/intelegensia/ma30/html.

Kuh et al. 2006. What Matters to Student Success: A Review of the Literature, Commissioned Report for the National Symposium on Postsecondary Student Success.

Kusumastuti, Tri Laswi. 2010. Hubungan antara Tingkat Pendidi- kan dan Penghasilan Orang Tua dengan Prestasi Belajar IPA Semester Satu Siswa Kelas Tujuh SMP Cinde Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011.Penelitian Tindakan Kelas. Semarang. Diakses 23 April 2011 dalam situs web: http://www.scribd. com/doc/55874141/Hubungan-Antara-Tingkat-Pendidikan- Dan-Penghasilan-Orang-Tua.

Lidia, Susi. 2008. Pngaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5

Brebes Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Surakarta: UMS

Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Hal.138. Bandung:Remaja Rosdakarya

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ngalim Purwanto. 2000. Psikologi Pendidikan. Hal:84. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 1992. Psikologi Belajar. Bandung: Sinar Baru. hlm. 173

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sagita Adjani dan Helmy Adam. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Skripsi. Universitas Brawijaya

Sampoerno PD. 2002. Analisis kualitas Mahasiswa dalam Pencapaian Pendidikannya dengan Menggunakan Metode Partial Least Squares. Studi kasus: Mahasiswa jurusan Matematika FMIPA Universitas Jakarta [Tesis]. Bogor: Program Pasca Sarjana. IPB

Sangkapan, Jedsarid dan Laeheem, Kasetchai. 2011.Factors Affect- ing Students Academic Achievement into Probation Status at Prince of Songkla University. The 3rd International Conference on Humanities and Social Sciences. April 2, 2011. Faculty of Liberal Arts, Prince of Songkla University Proceedings- Community Empowerment.

Sarwono, jonathan & Budiono, herlina. 2012. Statistik Terapan: Ap- likasi untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. Hal:189 Jakarta: PT.Elex Media Komputindo

S.F. Habeyb. Kamus Populer, (Jakarta: Nurani, 1983), Cet., Ke-20. h.,296

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengeruhinya. hal:61. Jakarta: Rineka Cipta

______ 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakar- ta: PT Rineka Cipta

______ 1991. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Soekirman. 1988. Kebijakan Pangan dan Gizi serta Upaya Peningkatan Kualitas Hidup. Gizi Indonesia

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media.

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. hlm. 114

Udiyono. 2011. Pengaruh Motivasi Orangtua, Kondisi Lingkungan Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Magistra No. 75 Th. XXIII Maret 2011.ISSN 0215-9511

Umar Tirtarahardja & La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. hlm.168

W.S. Winkel. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi

Winkel. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia hlm. 92

Yuniah. 2006. Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Aka- demik Mahasiswa TPB IPB Dengan Metode CHAID. Skripsi. Departemen Statistika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Institut Pertanian Bogor.

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.