PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEWUJUDKAN HASIL BELAJAR BERKARAKTER

joko budi poernomo*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Pada masa kini ini kita semua terkesima dengan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara In- donesia. Pada tataran kehidupan masyarakat banyak ge- jala perubahan perilaku dan tatanan dalam masyarakat. Makin banyak perilaku masyarakat yang menunjukkan pola hidup yang sarat dengan ketidakpedulian, keputusa- saan, mudah menyerah, etos kerja rendah, konflik atau perselisihan antar warga bahkan antar pelajar. Pada tata- ran kehidupan bernegara, makin banyak kita amati gejala penyalahgunaan kewenangan/kekuasaan, kecurangan, kebohongan, ketidakadilan, ketidakpercayaan, dan keti- dakpedulian. Ini semua menunjukkan makin lunturnya rasa kebangsaan dan makin tebalnya egoisme pribadi, kelompok, dan/atau suku. Yang lebih meresahkan lagi adalah gejala bahwa generasi muda sudah makin jauh dari ajaran agama dan akar budaya leluhurnya, mungkin kare- na pengaruh suguhan budaya asing lewat berbagai media informasi dan komunikasi, baik cetak maupun elektronik. Semua ini telah menyentak kesadaran pendidik dan tokoh masyarakat yang peduli pada nasib bangsa, bahkan juga para petinggi Negara. Oleh sebab itu, untuk lima tahun ke depan pendidikan karakter, budaya, dan kewirausahaan diberi perhatian besar oleh pengambil kebijakan pendidi- kan di Pusat dan daerah tentu saja diharapkan dapat men- jabarkan kebijakan ini ke dalam program pendidikan nya- ta sampai tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pembelajaran karakter tentunya diawali dari perangkat pembelajaran yang mampu mengangkat karakter siswa dan mahasiswa. Adapun prsayarat yang bersesuaian den- gan pembelajaran yang dapat mewakili nilai-nilai karakter agar tertampilkan dalam setiap pembelajaran. Tulisan ini akan memberikan informasi tentang beberapa persiapan pembelajaran yang digunakan dalam menata kembali agar peserta didik mengaplikasikan nilai-nilai karakter yang terilhami dalam pembelajaran.

Keywords: Perangkat pembelajaran IPA, nilai-nilai karakter

  1. Arikunto, Suharsimi. 2006. Kurikulum KTSP SMP. Standar Isi
  2. Mata Pelajaran SMP. Jakarta : Depdiknas.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Kurikulum KTSP SMP. Pedomam
  4. Khusus Pengembangan Silabus. Jakarta : Depdiknas.
  5. Dick, W & Carey, L. 2001. The systematic Design of Instruction.
  6. th edition. New York Longman.
  7. Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.
  8. Jakarta : Bumi Aksara
  9. Pusat kurikulum, Balitbang. 2010. Pengembangan Pendidikan
  10. Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Kemendiknas.
  11. Sunarsih M, Pembentukan karakter Mandiri system Desentralis- tik, makalah, Universitas Negeri Yogyakarta.
  12. Tim. 2010. Panduan Pembinaan Pendidikan Karakter Di SMP
  13. Bilgin, Ibrahim (2009). The effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on uni- versity student achievement of acid and base concepts and attitudetoward guided inquiru instruction, Scientific Research and Essay Vol.4 (10),
  14. pp. 1038 – 1045, October, 2009
  15. Wiyanto, 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kom- petensi Laboratorium. Semarang : Unness Press.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps