PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEWUJUDKAN HASIL BELAJAR BERKARAKTER
Main Article Content
Abstract
Pada masa kini ini kita semua terkesima dengan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara In- donesia. Pada tataran kehidupan masyarakat banyak ge- jala perubahan perilaku dan tatanan dalam masyarakat. Makin banyak perilaku masyarakat yang menunjukkan pola hidup yang sarat dengan ketidakpedulian, keputusa- saan, mudah menyerah, etos kerja rendah, konflik atau perselisihan antar warga bahkan antar pelajar. Pada tata- ran kehidupan bernegara, makin banyak kita amati gejala penyalahgunaan kewenangan/kekuasaan, kecurangan, kebohongan, ketidakadilan, ketidakpercayaan, dan keti- dakpedulian. Ini semua menunjukkan makin lunturnya rasa kebangsaan dan makin tebalnya egoisme pribadi, kelompok, dan/atau suku. Yang lebih meresahkan lagi adalah gejala bahwa generasi muda sudah makin jauh dari ajaran agama dan akar budaya leluhurnya, mungkin kare- na pengaruh suguhan budaya asing lewat berbagai media informasi dan komunikasi, baik cetak maupun elektronik. Semua ini telah menyentak kesadaran pendidik dan tokoh masyarakat yang peduli pada nasib bangsa, bahkan juga para petinggi Negara. Oleh sebab itu, untuk lima tahun ke depan pendidikan karakter, budaya, dan kewirausahaan diberi perhatian besar oleh pengambil kebijakan pendidi- kan di Pusat dan daerah tentu saja diharapkan dapat men- jabarkan kebijakan ini ke dalam program pendidikan nya- ta sampai tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Tatanan pembelajaran karakter tentunya diawali dari perangkat pembelajaran yang mampu mengangkat karakter siswa dan mahasiswa. Adapun prsayarat yang bersesuaian den- gan pembelajaran yang dapat mewakili nilai-nilai karakter agar tertampilkan dalam setiap pembelajaran. Tulisan ini akan memberikan informasi tentang beberapa persiapan pembelajaran yang digunakan dalam menata kembali agar peserta didik mengaplikasikan nilai-nilai karakter yang terilhami dalam pembelajaran.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Kurikulum KTSP SMP. Standar Isi
Mata Pelajaran SMP. Jakarta : Depdiknas.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Kurikulum KTSP SMP. Pedomam
Khusus Pengembangan Silabus. Jakarta : Depdiknas.
Dick, W & Carey, L. 2001. The systematic Design of Instruction.
th edition. New York Longman.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta : Bumi Aksara
Pusat kurikulum, Balitbang. 2010. Pengembangan Pendidikan
Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Kemendiknas.
Sunarsih M, Pembentukan karakter Mandiri system Desentralis- tik, makalah, Universitas Negeri Yogyakarta.
Tim. 2010. Panduan Pembinaan Pendidikan Karakter Di SMP
Bilgin, Ibrahim (2009). The effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on uni- versity student achievement of acid and base concepts and attitudetoward guided inquiru instruction, Scientific Research and Essay Vol.4 (10),
pp. 1038 – 1045, October, 2009
Wiyanto, 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kom- petensi Laboratorium. Semarang : Unness Press.