Model PBL Diperkaya dengan Reading and Concept Map: Apakah Efektif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Minat Baca Siswa?
Main Article Content
Abstract
Rendahnya keterampilan berpikir kritis dan minat baca siswa Indonesia menuntut para pendidik untuk menghadirkan alternatif pembelajaran dengan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Remap PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan juga minat baca siswa. Peniltian dilaksanakan menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent pretest posttest control group. Rubrik penilaian keterampilan berpikir kritis yang terintegrasi tes essai dan angket motivasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil pengujian Anacova menunjukkan bahwa ada pengaruh Remap PBL terhadap keterampilan berpikir kritis (p = 0,000) dan minat baca siswa (p = 0,015). Hasil analisis juga menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang diajarkan Remap PBL meningkat sebesar 67,1%, sementara pada kelas yang menerapkan pembelajaran saintifik sebesar 47,7%. Demikian pula, Remap PBL terbukti mampu meningkatan minat baca siswa sebesar 9,8%, dibandingkan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran saintifik dengan peningkatan sebesar 5,9%. Dengan demikian, model pembelajaran Remap PBL dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan minat baca siswa.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Anindyta, P. & Suwarjo. (2014). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Regulasi DiriSiswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 2 (2): 209-222.
Barak, M., & Dori, Y. J. (2009). Enhancing Higher Order Thinking Skills Among Inservice Science Teachers Via Embedded Assessment. Journal of Science Teacher Education, 20 (-): 459-474.
Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thingking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2): 71-80.
Brush, T. & Saye, J. (2014). An Instructional Model to Support Problem-Based Historical Inquiry: The Persistent Issues In History Network. Interdisciplinary Journal of Problem Based Leraning (IJPBL), 8 (1).
Facione, P. A. (2015).Critical Thingking What It is ad Why it Counts. Measured Reasons LLC. Insight Assesment.
Dewi, E. K & Jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn kelas X Di SMAN 22 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 02 (03): 936-950.
Gholami, M., Moghadam, P. K., Mohammadipoor, F., Tarahi, M. J., Sak, M., Toulabi, T., & Pour, A. H. H. (2016). Comparing the Effects of Problem Based Learning and The Tradisional Lecture Method on Critical Thinking Skills and Metacognitive Awarness In Nursing students In A Critical Care Nursing Course. Nurse Education Today, 45: 16-21.
Happy, N. & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL Ditinjaun Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (1): 48-57.
Herzon, H H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 3 (1): 42-46.
Kek, M.Y.C.A. & Huijser, H. (2011). The power of problem based learning in developing critical thingking skills: preparing students for tomorrow’s digital futures in today classrooms. Higher Education Research & Development, 30 (3): 329-341.
Khoiriyah, A.J. & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thingking skills, and learning outcome of seventh grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4 (2): 151-160.
Laily, I.F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. EduMa, 3 (1): 52-62.
Maharani, D. O., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 3 (1): 320-328.
Muttaqin, A., & Sopandi, W. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis Dalam Pembelajaran Penemuan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edusentris, 2 (2): 116-125.
Nasihah, E. D., Supeno, & Lesmono, A. D. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) disertai Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3 (2): 178-183.
Novak, J.D. & Canas, A. J. (2008). The Theory Underlying Concept Maps and How to Construct and Use Them. Technical Report IHMC CmapTools. Florida Institute for Human and Machine Cognition.
Pangestuti, A. A., Mistianah, Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2015). Using Reading-Concept Map-Teams Games Tournament (Remap-TGT) to Improve Reading Interest of Tenth Grade Student of Laboratory Senior High School State University of Malang. American Journal of Educational Research. 3 (2): 250-254.
Phantharakphong, P. & Pothitha, S. (2014). Development of English Reading Comphrehension by Using Concept Maps. Procedia Social and Behavioral Sciences, 116: 497-501
Prayogi, S. & Asy’ari, M. (2013). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prisma Sain, 1 (1): 79-87.
Ramadhan, F., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2016). Potensi Remap STAD (Reading Concept Map Student Teams Achievment Division) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 13 (1): 203-208.
Rosyida, F., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2016). Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Remap TmPS (Reading Concept Map Timed Pair Share). Proceeding Biology Education Conference, 13 (1): 209-214.
Sariyem. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Di Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(-): 329-340
Shihab, I. A. (2011). Reading as Critical Thinking. Asian Social Science, 7 (8): 209-218.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatorisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwardana, H. (2017). Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revoulsi Mental. Jati Unik, 1 (2): 102-110.
Zabit, M. N. M. (2010). Problem Based Learning on Students
Critical Thinking Skills In Teaching Business Education In Malaysia. American Journal of Business Education, 3 (6): 19-32.
Zahroh, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Elektrokimia. Phenomenon, 10(2): 191-203.
Zubaidah, S. (2014). Pemberdayaan Keterampilan Penemuan Dalam Scientific Approach MelaluiPembelajaran Berbasis Remap Coople. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS. Semarang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.