Analisis Perencanaan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Hukum Termodinamika

Aris Barokah*  - 
S Sugianto  - 
Budi Astuti  - 

(*) Corresponding Author

Abstrak

Salah stau cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang kalor dan usaha adalah termodinamika. Materi hukum termodinamika dianggap cukup sulit oleh sebagian besar peserta didik sehingga hasil belajar pada materi hukum termodinamika masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya instrumen evaluasi yang mendukung proses pembelajaran yang baik dan efektif untuk pendidik maupun peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar kebutuhan sekolah (para pendidik) terhadap instrumen evaluasi berbasis HOTS di SMA/MA se Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Studi literasi dari berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa instrumen evaluasi berbasis HOTS sangat efektif digunakan para pendidik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sedangkan, hasil dari data kuesioner yang dibagikan kepada para pendidik dari 11 sekolah menunjukkan selama ini 81,8% pendidik hanya menggunakan soal evaluasi dengan kategori C1-C3. Berdasarkan wawancara dari beberapa pendidik belum menggunakan soal berbasis HOTS karena belum terlalu menguasai model tersebut. Sebanyak 72,7% pendidik menyatakan perlu menggunakan instrumen evaluasi berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi termodinamik. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan instrumen evaluasi berbasis HOTS dibutuhkan sebagai alternatif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik materi hukum termodinamika.

 

 

Keywords: Pembelajaran, instrumen evaluasi, higher order thinking skills (HOTS).

  1. Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142. https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133
  2. Apino, E. Retnowati, H. (2017). Developing Instructional Design to Improve Mathematical Higher Order Thinking Skills of Students. Journal of Physics: Conf. Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/812/1/012100
  3. Aslamiyah, N. (2020). Pengembangan Instrumen Evaluasi Bentuk Tes Uraian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 1 Pandeglang.
  4. Ekawati, F., Handhika, J., & Huriawati, F. (2017). Pengembangan Tahap Awal Instrumen Tes Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill - Hots) Mata Pelajaran Fisika. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA III 2017 “Etnosains Dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa,” 74–80. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf
  5. Fanani, A., & Kusmaharti. (2014). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(9), 1–11.
  6. Hartini, T. I., & Martin. (2020). Pengembangan Instrumen Soal HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar 1. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 18–21.
  7. Kemendikbud. (2017). SE Kemendikbud.
  8. Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 26–32. https://doi.org/10.9790/7388-0701052632
  9. Lestari, A., Saepulrohman, A., & Hamdu, G. (2016). Pengembangan Soal Tes Berbasis HOTS Pada Model Pembelajaran Latihan Penelitian Di Sekolah Dasar. Repository.Upi.Tasikmalaya.Edu, 74–83.
  10. Nirwana, N., Rochman, S., & Zukmadini, A. Y. (2019). An assessment of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Based on Rasch Models of Student in Physics Learning. 295(ICETeP 2018), 162–165. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.40
  11. OECD. (2018). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.
  12. Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330
  13. Ramadhan, S., Mardapi, D., Prasetyo, Z. K., & Utomo, H. B. (2019). The development of an instrument to measure the higher order thinking skill in physics. European Journal of Educational Research, 8(3), 743–751. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.3.743
  14. Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
  15. Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan HOTS pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9074
  16. Rif’atun Najihah, A., Serevina, V., & Delina, M. (2018). The Development of High Order Thinking Skills ( HOTS ) Assessment Instrument for Temperature and Heat Learning. 4(May).
  17. Saido, G. A. M., Siraj, S., Dewitt, D., Siraj, S., Dewitt, D., & Development, O. S. A. (2018). Development of an instructional model for higher order thinking in science among secondary school students : a fuzzy Delphi approach. International Journal of Science Education, 0(0), 1–20. https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1452307
  18. Sakinah, I. A. (2018). Pengaruh Model Jigsaw Puzzle Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Konsep Termodinamika. Repository.Uin Jakarta.Edu. http://103.229.202.68/dspace/handle/123456789/40030
  19. Sari, D. R. U., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Multiple Choice High Order Thinking Padapembelajaran Fisika Berbasis E-Learning Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 100. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7231
  20. Selamet. (2017). ANALISIS PENGUASAAN KONSEP FISIKA MELALUI PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI MATERI TERMODINAMIKA PADA PEMBELAJARAN DI SMA. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi DIII Keperawatan. Fakultas Keperawatan. Universitas Sumatera Utara. Medan, 9–35. http://repository.unej.ac.id/411/
  21. Sulaiman, T., Muniyan, V., Madhvan, D., Hasan, R., Syrene, S., & Rahim, A. (2017). Implementation of Higher Order Thinking Skills in Teaching Of Science : A Case Study in Malaysia. 1(1), 1–3.

Open Access Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps