PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF BERBANTUAN MODUL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I

Main Article Content

arsini a

Abstract

Penelitian ini  bertujuan mendeskripsikan kualitas kemampuan mahasiswa dalam melakukan pemecahan masalah, meningkatkan kualitas proses pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktikum Fisika Dasar I melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kooperatif berban- tuan modul. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pro- gram studi Tadris Fisika yang memprogram mata kuliah Praktikum Fisika Dasar I pada tahun akademik 2011/2012 yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap peren- canaan, pelaksanaan, evaluasi, dan reeksi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa melakukan pemecahan masalah, meningkatan kualitas proses pembelajaran yang ditinjau dari aktivitas mahasiswa, dan meningkatkan hasil  belajar mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 66,74 dan 71,41. Sebagian besar mahasiswa mem- berikan respon positif dan berharap agar strategi pembela- jaran berbasis masalah dengan pendekatan kooperatif ber- bantuan modul dapat dilanjutkan dan dikembangkan pada pembelajaran Praktikum Fisika Dasar II .

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
a, arsini. (2016). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF BERBANTUAN MODUL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 29–44. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.1.173
Section
Articles

References

Dorothy L. Gabel. 1994. Handbook of Research on Science Teach- ing and Learning (A Project of the National Science Teachers Association). Macmillan Publishing Company. New York.

Heller, P. et al. 1992. Teaching Problem Solving Through Cop- ertaive grouping Part 1: Group Versus individual Problem Solving. American Journal physics. July 1992 (627 – 636).

.............. 1992. Teaching Problem Solving Through Coopera- tive grouping Part 2: Designing Problem and Structuring Groups. American Journal physics. July 1992 (637 – 644).

Tobin, 1990. Research on Laboratory Activities, Journal of Science and Education. Vol 8 . New York.

Wahyu Widada. 1998. Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika SMU yang Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Makalah Komprehensif. Program Pasca Sarjana IKIP Surabaya.

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.