KAJIAN PENILAIAN ASPEK NON-KOGNITIF SISWA DI PESANTREN AS-SUNNAHDALAM KEGIATAN PRAKTIKUM IPA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA
Main Article Content
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas siswa dan ketertarikan siswa pesantren khususnya pada pelajaran IPA diantaranya adalah dengan mengadakan praktikum.Hal ini sesuai dengan pendapat Arends (2008), bahwa belajar yang baik adalah bila anda terlibat secara pribadi dalam pengalaman belajarnya (experiential Learning). Maka dilakukan penelitian dengan rumusan masalah bagaimanakah kegiatan dan kajian kemampuan non-kognitif siswa pesantren As-Sunnah dalam kegiatan praktikum uji makanan pada materi pencernaan makanan pada manusia. Hal ini bertujuan untuk mengkaji kegiatan praktikum di pesantren As-Sunnah dan mengkaji kemampuan non-kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di pesantren As-Sunnah dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif inquiry. Hasil penelitian diperoleh sebagai beri- kut bahwa kegiatan praktikum di pesantren As-Sunnah yaitu di MTs Kelas VII putri jarang dilakukan karna beberapa kendala salah satunya adalah kendala sarana dan prasarana terutama ketersediaan laboratorium, namun demikian kegiatan praktikum masih tetap bisa dijalankan di ruang belajar (kelas). Untuk kajian non kognitif didapatkan kesimpulan, tingkat kesiapan siswa dalam melakukan praktikum cukup baik, keterampilan siswa dalam praktikum termasuk kedalam kategori cukup kompeten, sikap siswa sangat baik dalam kegiatan praktikum yang terdiri dari kerjasama, kedisiplinan, ketelitian, dan tanggung jawab. Sedangkan untuk respon terhadap kegiatan praktikum dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap hasil praktikum cukup besar, yaitu 77,8%.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arends, Richard I. (2008). Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Campbell, Neil A. dkk. Biologi Jilid III. Jakarta : Erlangga
Decaprio Richard. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah.Jogja- karta: Diva Press.
Hodson, D. (1996). Laboratory work as scientific method : three decades of confusion and distortion. Journal of Coriculum Studies, 28:2, 115-135.
Johnson, Elaine B (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung : MLC
Muslich, Masnur, Drs., M.Si. (2010). Authentic Assesment : Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.
Rustaman, N.Y. (1995). Peranan Praktikum dalam Pendidikan Biologi .Makalah untuk PelatihanLaboratorium dan Teknisi MIPA LPTK. Proyek PS2PT. Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.
Ronis, Diane. (2011). Asesmen sesuai Cara Kerja Otak.Jakarta : Indeks
Sizer, T. R. 1992. Horace’s School: Redesigning the American High School. Boston : Houghton Mifflin.
Sudargo, Fransisca., Dr., M.Pd, dkk. (2003). Meningkatkan kemampuan mahasiswa calon guru Biologi dalam melakukan prak- tikum Genetika sebagai penunjang pemahaman.Seminar Proceeding National Seminar on Science and Mathematics Education, A 51-1-A51-7.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriyadi, M.Pd. (2011). Srategi Belajar Mengajar. Surabaya : Cakrawala Ilmu.
Susilowarno, Gunawan. Dkk. 2007. Biologi SMA untuk SMA kelas XI. Jakarta : Grasindo
Wirjosoemarto, K. Adisenjaya, Y.H. Supriatno, B. & Riandi (2000). Teknik Laboratorium. Bandung : FPMIPA-UPI.
Wiyanto, Dr., M.Si. (2008). Menyiapkan Guru Sains mengembangkan Kompetensi Laboratorium.Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.