PENERAPAN PEER LEARNING MODEL SYNDICATE GROUP DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS KELAS IX B MTs. DIPONEGORO KECAMATAN UNGARAN TIMUR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rumiyanto Agus Sudarmanto*  -  1) MTs Diponegoro Ungaran 2) Jurusan Fisika Fak. Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author
Berdasarkan nilai ulangan harian KD sistem reproduksi  dengan KKM yang ditentukan oleh guru mata pelajaran sebesar 70,  hasilnya kelas IX A  prosentase siswa yang nilainya tuntas adalah 79,3 %, dan nilai belum tuntas 20,7 %, sedangkan kelas IX B prosentase siswa yang nilainya tuntas hanya 40,7 %, dan nilai belum tuntas adalah 59,3 %. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan naturalistik yang hasil penelitian ini dipaparkan secara deskriptif. Pada silkus I keaktifan siswa secara klasikal sebesar 72,59 %, dan hasil belajar mencapai 78,52 %. Pada siklus II keaktifan siswa secara klasikal 77,78 %, dan hasil belajar mencapai 83,52 %. Penerapan Peer Learning model Syndicate Group dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik statis kelas IX B MTs. Diponegoro Kecamatan Ungaran Timur semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.

Keywords: peer learning, syndicate group, listrik statis

  1. Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo, 2003)
  2. Persada.Arikunto Suharsimi, dkk, Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2012)
  3. Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta. 2010)
  4. Budiningsih, C. A., , Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Asdi Mahastya, 2005),
  5. DEPAG RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya,(Bandung: Diponegoro, 2003)
  6. Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta : Rineka Cipta, 2009)
  7. Ganawati, Dewi, dkk, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual IX untuk SMP/MTs, (Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008).
  8. Ilham, “Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa” http.//abangilham.wordpress.com/ . diakses tanggal 10 Desember 2015
  9. Indriana Kartini, “Listrik Statis”, httpelisa1.ugm.ac.idfilescyrajehaJ7HaZ4Jr, diakses 10 Desember 2015
  10. ---- , “Teori Atom”, httpelisa1.ugm.ac. idfilescyrajehaJ7HaZ4Jq, diakses 11 Desember 2015
  11. Iqtirobl Fudlla, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Kalor Kelas VII A MTs. NU 01 Kramat Tegal Semester Gasal Tahun Pelajaran 2011/2012”, Skripsi (Semarang : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo,2012)
  12. Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002
  13. Modjiono dan Dimyati, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Depdikbud, 1992)
  14. Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2002)
  15. ---- , Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012)
  16. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000)
  17. Rochiati Wiriatmaja, Metode Peneliian Tindakan Kelas, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007)
  18. Semiawan, Conny, Pendidikan Keterampilan Proses, (Jakarta : Grasindo, 1992)
  19. Siti Nur Innayah, “Pemanfaatan Alat-alat Laboratorium Fisika untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 1 MAN 1 Blora Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Materi Pokok Gerak Getaran”, Skripsi (Semarang : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, 2011)
  20. Slameto, Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta : Rineka Cipta, 2003)
  21. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (Bandung : Alfabeta, 2010)
  22. Suprijono, Agus. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. (Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2009)
  23. Suja’i, dkk, Pedoman Penulisan Skripsi, (Semarang : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo, 2013)
  24. Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Cetakan ke-4, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2012)
  25. Warsono, Hariyanto, Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012)
  26. Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.(Jakarta : Prenada Media, 2007)

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps