1) MTs Diponegoro Ungaran
2) Jurusan Fisika Fak. Saintek UIN Walisongo - Indonesia
PENERAPAN PEER LEARNING MODEL SYNDICATE GROUP DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS KELAS IX B MTs. DIPONEGORO KECAMATAN UNGARAN TIMUR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Berdasarkan nilai ulangan harian KD sistem reproduksi dengan KKM yang ditentukan oleh guru mata pelajaran sebesar 70, hasilnya kelas IX A prosentase siswa yang nilainya tuntas adalah 79,3 %, dan nilai belum tuntas 20,7 %, sedangkan kelas IX B prosentase siswa yang nilainya tuntas hanya 40,7 %, dan nilai belum tuntas adalah 59,3 %. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan naturalistik yang hasil penelitian ini dipaparkan secara deskriptif. Pada silkus I keaktifan siswa secara klasikal sebesar 72,59 %, dan hasil belajar mencapai 78,52 %. Pada siklus II keaktifan siswa secara klasikal 77,78 %, dan hasil belajar mencapai 83,52 %. Penerapan Peer Learning model Syndicate Group dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik statis kelas IX B MTs. Diponegoro Kecamatan Ungaran Timur semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.
Keywords: peer learning, syndicate group, listrik statis
- Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo, 2003)
- Persada.Arikunto Suharsimi, dkk, Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2012)
- Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta. 2010)
- Budiningsih, C. A., , Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Asdi Mahastya, 2005),
- DEPAG RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya,(Bandung: Diponegoro, 2003)
- Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta : Rineka Cipta, 2009)
- Ganawati, Dewi, dkk, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual IX untuk SMP/MTs, (Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008).
- Ilham, “Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa” http.//abangilham.wordpress.com/ . diakses tanggal 10 Desember 2015
- Indriana Kartini, “Listrik Statis”, httpelisa1.ugm.ac.idfilescyrajehaJ7HaZ4Jr, diakses 10 Desember 2015
- ---- , “Teori Atom”, httpelisa1.ugm.ac. idfilescyrajehaJ7HaZ4Jq, diakses 11 Desember 2015
- Iqtirobl Fudlla, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Kalor Kelas VII A MTs. NU 01 Kramat Tegal Semester Gasal Tahun Pelajaran 2011/2012”, Skripsi (Semarang : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo,2012)
- Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002
- Modjiono dan Dimyati, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Depdikbud, 1992)
- Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2002)
- ---- , Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012)
- Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000)
- Rochiati Wiriatmaja, Metode Peneliian Tindakan Kelas, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007)
- Semiawan, Conny, Pendidikan Keterampilan Proses, (Jakarta : Grasindo, 1992)
- Siti Nur Innayah, “Pemanfaatan Alat-alat Laboratorium Fisika untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 1 MAN 1 Blora Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Materi Pokok Gerak Getaran”, Skripsi (Semarang : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, 2011)
- Slameto, Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta : Rineka Cipta, 2003)
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (Bandung : Alfabeta, 2010)
- Suprijono, Agus. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. (Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2009)
- Suja’i, dkk, Pedoman Penulisan Skripsi, (Semarang : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo, 2013)
- Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Cetakan ke-4, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2012)
- Warsono, Hariyanto, Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012)
- Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.(Jakarta : Prenada Media, 2007)
Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.