PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDEKATAN SETS (Science Environment Technology and Society) DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN SAINS

listyono l*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Pengertian karakter menurut Pusat Bahasa Depdiknas adalah “bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak”. Adapun berkara- kter adalah berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak”. Menurut Tadkiroatun Musroh (UNY, 2008), kara- kter mengacu kepada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills). Karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti “to mark” atau menandai dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, se- hingga orang yang tidak jujur, kejam, rakus dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang berkarakter  jelek. Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan berkarakter mulia.

Keywords: pendidikan karakter, pendekatan sets

  1. Binadja, Ahmad. “Hakekat dan Tujuan Pendidikan SETS (Sci- ence, Environment, Technology, and Society)”, Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan SETS Untuk Bidang Sains dan Non Sains, Semarang: UNNES, 14-15 Desember 1999.
  2. Doni Koesoema. “Pendidik Karakter di Zaman Keblinger, Grasindo, 2009,
  3. Elndri,dkk. “Pendidikan Karakter (Kerangka, Metode, dan Aplikasinya Untuk Pendidikan dan Profesional).Boduose Media, Jakarta 2012
  4. Hasan, Said Hamid dkk. “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa”, Bahan Pelatihan Penguatan Metodolo- gi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Mem- bentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, (Jakarta: Puskur Ba- litbang Kemendiknas, 2010.
  5. Listiyono, “Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Bela- jar Mengajar IPA Melalui Model Pembelajaran Penemuan Konsep dengan Pendekatan Sailingtemas (Sains Lingkun- gan Teknologi dan Masyarakat)”, Penelitian, Semarang: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Lem- baga Penjamin Mutu Pendidikan Jawa Tengah, 2005.
  6. Mulyasa, E, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta : Bumi Ak- sara, 2011.
  7. Muslich, Masnur, KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman Dan Pengembangan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
  8. -----------, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidi- mensional, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
  9. Sumaji,dkk. “Pendidikan Sains Yang Humanis”.Kanisius.1998

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps