ANALISIS KESALAHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU

Main Article Content

Erlita Agustina

Abstract

Pendidikan Profesi Guru (PPG) memberikan penilaian terhadap RPP yang dibuat oleh mahasiswa sebagai salah satu komponen dalam pengujian kompetensi guru. Hasil RPP yang baik akan membantu guru dalam mengarahkan proses pembelajaran di kelas.

RPP merupakan salah satu komponen penunjang dalam penilaian di Pendidikan Profesi Guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis dari RPP yang telah dibuat oleh mahasiswa PPG Pendidikan Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2019 di Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa PPG Pendidikan Fisika telah dapat menyusun RPP dengan baik sesuai dengan aspek penilaian. Namun, terdapat beberapa kesalahan dalam penyusunannya. Kesalahan tersebut yaitu (1) indikator pembelajaran belum sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai, dan tujuan pembelajaran belum seluruhnya memuat ABCD (Audience, Behavior, Condition, and Degree) atau CABD (Condition, Audience, Behavior, and Degree), (2) instumen evaluasi yang digunakan belum sesuai karena tidak terdapat instrumen untuk rencana kegiatan pengayaan bagi siswa yang memiliki kemampuan lebih dan rencana kegiatan remedial bagi siswa yang memiliki kemampuan kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Agustina, E. (2020). ANALISIS KESALAHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 142–150. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.4938
Section
Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.