Kontribusi Virtual Lab Phet Simulation untuk Membantu Praktikum Fisika Dasar

Inayatun Diraya*  -  Universitas Islam Madura, Indonesia
Agus Budiyono  -  Universitas Islam Madura, Indonesia
Milisa Triastutik  -  Universitas Islam Madura

(*) Corresponding Author

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap kontribusi Virtual lab PhET pada materi hukum hooke. Penelitian ini menggunakan metode Pra exsperimental dengan desain One shot case study. Penelitian dilakukan terhadap 29 mahasiswa pendidikan fisika dan pendidikan biologi Universitas Islam Madura yang sedang mengampu mata kuliah fisika dasar. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket respon dengan teknik analisis data menggunakan analisis dekripstif kuantitatif dengan bantuan pengumpulan data memakai skala likert. Hasil analisis data diperoleh dengn rata-rata 75% dapat dikategorikan kuat. Virtual lab PhET mampu menampilkan permainan edukatif membuat mahasiswa antusias belajar yang terdapat tools yang dapat mendukung media interaktif

Keywords: PhET, Hukum hooke, Fisika dasar

  1. Adams, W. K. (2010). Student Engagement And Learning With Phet Interactive Simulations. Il Nuovo Cimento C, 33(3), 21–32.
  2. Elisa, E., Mardiyah, A., & Ariaji, R. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dan Aktivitas Mahasiswa Melalui Phet Simulation. Peteka, 1(1), 15–20. Https://Doi.Org/10.31604/Ptk.V1i1.15-20
  3. Kurniawan, R. A., Rifa’i, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab Pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau Dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19–28.
  4. Mahtari, S., Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Dewantara, D. (2020). The Effectiveness Of The Student Worksheet With Phet Simulation Used Scaffolding Question Prompt. Journal Of Physics: Conference Series, 1422, 012010. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1422/1/012010
  5. Martínez Borreguero, G., Naranjo-Correa, F., Pérez, Á., Suero, M., & Pardo, P. (2011). Comparative Study Of The Effectiveness Of Three Learning Environments: Hyper-Realistic Virtual Simulations, Traditional Schematic Simulations And Traditional Laboratory. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 7, 020111. Https://Doi.Org/10.1103/Physrevstper.7.020111
  6. Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, M. E. (2020). Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136–141. Https://Doi.Org/10.36709/Jipfi.V5i2.12900
  7. Pr, A. T., & Hidayat, M. S. (2019). Pembelajaran Fisika Menggunakan Phet (Physics Education Technology) Simulation Pada Materi Gaya Gravitasi Newton [Preprint]. INA-Rxiv. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/9xc68
  8. Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi Simulasi Phet Dan Kit Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V2i1.2505
  9. Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
  10. Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal, J. (2020). Phet: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V5i1.103
  11. Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. Https://Doi.Org/10.24042/Jpifalbiruni.V5i1.105
  12. Sari, A. K., Ertikanto, C., & Suana, W. (2015). Pengembangan Lks Memanfaatkan Laboratorium Virtual Pada Materi Optik Fisis Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2), Article 2. Http://Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id/Index.Php/JPF/Article/View/8124
  13. Sianturi, I., & Simatupang, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terintegrasi Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Pokok Elastisitas Zat Padat Dan Hukum Hooke. Https://Doi.Org/10.13140/Rg.2.2.31100.80003
  14. Sudjito, D. N., & Sudarmi, M. (2016). Desain Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Simulasi. 12.
  15. Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
  16. Sunni, M. A., Wartono, W., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Phet Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 3, 103–107.
  17. Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V2i1.86
  18. Ulfah, R. Y., Yuliani, H., & Nastiti, L. R. (2020). Kendala Mahasiswa Dalam Menggunakan Simulasi Virtual Phet Pada Pembelajaran Praktikum Gelombang Selama Pandemi Covid-19. 8.

Open Access Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps