PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DENGAN MODEL ROLE PLAYING BAGI SISWA XI IPA1 SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG TAHUN 2012/2013

Tugiyati Tugiyati*  -  SMA N 1 Karangrayung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan model role playing bagi siswa kelas XI IPA1SMA Negeri 1 Karangrayung. PTK ini ditempuh dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar. Nilai keaktifan siswa pada siklus I sebanyak 35 siswa (89,7%) dan siklus II sebanyak 39 siswa (100%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebanyak 31 siswa (79,5%) dan pada siklus II sebanyak 35 siswa (89,7%) tuntas belajar.

Keywords: Keaktifan, Hasil Belajar, Role Playing

  1. DimyatidanMudjiono. 2009. BelajardanPembelajaran. Jakarta : PT. RinekaCipta.
  2. Blog’e Ulum, Keaktifan Belajar Siswa, http://blog’eulum blogspot.com/2013/02/keaktifan-belajar-siswa html(diunduh 29 Mei 2013).
  3. Hamalik, Oemar, 2006, Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara, Jakarta.
  4. Nico, 2014, Keaktifan Siswa, http://www.zainulhakim web.id/keaktifan – siswa-dalam-proses- pembelajararan.html(diunduh tanggal 29 Mei 2013).
  5. Purwanto (2010), Evaluasi Hasil Belajar, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
  6. Sahrudin, S., Model Pembelajaran Role Playing dan Langkah-langkahnya, http://s1pgsd.blogspod.com/2012/11/modepembelajaran-role-playing html(diunduh tanggal 29 Mei 2013).
  7. Sudjana, Nana, 2010, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT. Ramaja Rosdakarya, Bandung.
  8. Suparman, 2000, Gaya Mengajar yang MenyenangkanSiswa, Yogyakarta, Penerbit Pinus.
  9. Wahidmurni,dkk.2010. EvaluasiPembelajaranKompetensi danPraktik.Yogyakarta :NuhaLetera.
  10. Wikipedia, diunduh tanggal 29 Mei 2013.
  11. Wulan, D., Makalah Model Role Playing, Academia.edu.,http://www.academia.edu/5715091 (diunduh tanggal 29 Mei 2013).

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps