PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DENGAN MODEL ROLE PLAYING BAGI SISWA XI IPA1 SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG TAHUN 2012/2013
Main Article Content
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan model role playing bagi siswa kelas XI IPA1SMA Negeri 1 Karangrayung. PTK ini ditempuh dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar. Nilai keaktifan siswa pada siklus I sebanyak 35 siswa (89,7%) dan siklus II sebanyak 39 siswa (100%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebanyak 31 siswa (79,5%) dan pada siklus II sebanyak 35 siswa (89,7%) tuntas belajar.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
DimyatidanMudjiono. 2009. BelajardanPembelajaran. Jakarta : PT. RinekaCipta.
Blog’e Ulum, Keaktifan Belajar Siswa, http://blog’eulum blogspot.com/2013/02/keaktifan-belajar-siswa html(diunduh 29 Mei 2013).
Hamalik, Oemar, 2006, Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Nico, 2014, Keaktifan Siswa, http://www.zainulhakim web.id/keaktifan – siswa-dalam-proses- pembelajararan.html(diunduh tanggal 29 Mei 2013).
Purwanto (2010), Evaluasi Hasil Belajar, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Sahrudin, S., Model Pembelajaran Role Playing dan Langkah-langkahnya, http://s1pgsd.blogspod.com/2012/11/modepembelajaran-role-playing html(diunduh tanggal 29 Mei 2013).
Sudjana, Nana, 2010, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT. Ramaja Rosdakarya, Bandung.
Suparman, 2000, Gaya Mengajar yang MenyenangkanSiswa, Yogyakarta, Penerbit Pinus.
Wahidmurni,dkk.2010. EvaluasiPembelajaranKompetensi danPraktik.Yogyakarta :NuhaLetera.
Wikipedia, diunduh tanggal 29 Mei 2013.
Wulan, D., Makalah Model Role Playing, Academia.edu.,http://www.academia.edu/5715091 (diunduh tanggal 29 Mei 2013).