POTENSI DAN SELF SATISFACTION PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN EKONOMI ISLAM KREATIF (Studi Kasus Pesisir Nelayan Desa Kragan Rembang Tahun 2018)

Muyassarah Muyassarah*  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

The purpose of this research is to know the potential and self satisfaction womans in empowerment of creative economy with science and tecnologi and self satisfaction of Islamic economic perspective in fisherman of Kragan village. Rembang. Interview approach, documentation, observation and literature searching are use in order to collect data. Analyzing the researchers to be scientific then by reflective thinking by pacing between the method of deduction and induction. The results of this study is to know the various potensis  business that is very varied or creative by the womans of fishermen village Kragan Kab. Rembang. In addition to knowing self-satisfaction means the womans of fishermen in carrying out their creative economic activities in addition to beneficial for himself also useful for his family. Potential women fishermen need local government support to develop the creative potential of women fishermen, for example by using village funds budgeted by the central government. This potential can produce various kinds of creative processed fish such as crispy with various flavors, fish chips with various types of fish and crackers. Satisfaction experienced by the womans of fishermen is the sustenance and enjoyment given by Allah SWT who need to be grateful.

==============================================

Tujuan penulisan ini untuk mengetahui potensi perempuan dalam mengembangkan  pemberdayaan ekonomi kreatif   dan upaya pendekatannya sudah  bersifat modern ataukah masih manual atau tradisional. Pemberdayaan ekonomi dan self satisfaction yang dilihat dari kaca mata Islam di pesisir  nelayan desa Kragan kab. Rembang menghasilkan kemanfaatan atau kemaslahatan baik diri sendiri maupun maslahatan untuk masyarakat yang lebih luas. Metode penulisan ini menggunakan  cara wawancara, dokumentasi, observasi dan penelusuruan literatur kepustakaan digunakan dalam rangka untuk mengumpulkan data. Penganalisaan yang dilakukan peneliti agar ilmiah maka dengan kritis dan kreatif dilakukan mondar-mandir antara metode yang melalui kesimpulan yang logis dan dengan metode pengumpulan data kemudian dievaluasi untuk menyimpulkan. Penelitian ini mengetahui berbagai potensi bisnis bervariasi atau kreatif perempuan nelayan desa Kragan kab. Rembang. Self satisfaction nelayan dalam aktifitas ekonomi bermanfaat bagi dirinya juga bermanfaat bagi keluarganya. Potensi perempuan nelayan perlu dukungan pemerintah setempat guna mengembangkan  potensi kreatifitasnya perempuan nelayan, misalnya dengan pemanfaatan dana desa yang dianggarkan pemerintah pusat.   Kepuasan yang dialami perempuan-perempuan nelayan merupakan rezeki dan  kenikmatan yang diberikan Allah swt perlu disukuri  sebagai kwajiban perempuan untuk membantu suaminya  merupakan kwajiban istri  bukan merupakan beban.

Keywords : Creatif Muslim Economics; Potency; Self Satisfaction

  1. Ahmad, Zainal Abidin,1979,Dasar-Dasar Ekonomi Islam, Jakarta, Bulan Bintang
  2. Chapra,Umer,2000,Islam dan Pembangunan Ekonomi,Jakarta, Gema Insani.
  3. Hadi,Sutrisno,1977, Metodologi Research Jilid l,Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM.
  4. ___________,Metodologi Research,jilid Il, 1983, Yogyakarta,Fakultas psikologi UGM.
  5. Karim, Adiwarman A., 2001,Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer,Jakarta, Gema Insani
  6. Lantip, Susilowati, 2013, Bisnis Kewirausahaan, Yogyakarta, Sukses Offset
  7. Leonardus, Saiman,2014,Kewirausahaan Teori,Praktek dan Kasus-Kasus, Jakarta, Selemba Emapat
  8. Muyassarah, 2016, “Nilai Budaya walimah perkawinan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Kelurahan Gondoriyo, Ngaliyan, Semarang,” Inferensi, Volume 10. 225-239
  9. Nasution,Mustafa Edwin, dkk, 2006, Pengenalan Eklusif Ekonomi Islam,Jakarta,Fajar Ofset
  10. Naqwi,Syed Nawab Haider,2003,Menggagas Ilmu Ekonomi Islam,Yogyakarta, Pustaka Pelajar
  11. Nurudin dan Muyassarah,2017, Menilik Perempuan sebagai Social climber Dalam Pandangan Ekonomi Islam, Jurnal Sawwa, Vol.12. 539-558.
  12. Rozalinda, 2015, Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi,Jakarta, RajaGrafindo Persada
  13. Suryana, 2013, Ekonomi Kreatif Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang, Jakarta, Salemba Empat
  14. Suprayitno, Eko, 2004, Ekonomi Islam, Yogyakarta,Graha Ilmu
  15. Sari, Elsi Kartika,2005, Hukum dalam Ekonomi, Jakarta, Grasindo
  16. Pusat Pengkajian dan pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII Yoyakarta, 2008, Ekonomi
  17. Islam, Jakarta, RajaGrafindo Persada
  18. Vredenbregt,Jacob,1981,Metode dan Tehnik Penelitian Masyarakat, Jakarta, Gramedia
  19. Walgito,Bimo,1980,Bimbingan dan Penyuluhan Sekolah, Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM

Open Access Copyright (c) 2019 At-Taqaddum
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Attaqaddum
Published by Lembaga Penjaminan Mutu
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Jl. Walisongo No.3-5 Semarang 50185, Indonesia
Phone: +62 857-1999-1679
Website: https://lpm.walisongo.ac.id/
Email: attaqaddum@walisongo.ac.id 
 
ISSN: 1979-4703 (p)
ISSN: 2527-9726 (e)
DOI : 10.21580/at

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Lisensi Creative Commons

 
apps