STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH BERBASIS MULTIKULTURAL

Usfiyatul Marfu’ah*  -  Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Da'wah activities among the multicultural community requires its own way and strategy. Good communication and not cornering one of the different parties can make da'wah accepted by a heterogeneous society. This paper describes the ways used in doing da'wah in multicultural society. The conclusion of this paper is the strategy of right dakwah communication used in multicultural society by way of multicultural approach in da'wah, that is trying to achieve two things, namely meeting point in diversity, and tolerance in difference. Da'wah can be held in any community context. Space and time have a significant effect on the patterns and strategies that are used to achieve the goal of da'wah. Dakwah activity thus in demand to be able to innovate. Da'wah can not come with a rigid face and only put forward a single truth.

---------------------------------------------------------------------------------------

Menjalankan aktivitas dakwah pada kalangan masyarakat yang multikultur memerlukan cara dan strategi tersendiri. Komunikasi yang baik dan tidak menyudutkan  salah  satu  pihak  yang  berbeda  dapat  menjadikan  dakwah diterima oleh masyarakat yang heterogen. Tulisan ini mengkaji tentang cara yang digunakan dalam melakukan dakwah pada masyarakat yang berbeda-beda. Kesimpulan dari tulisan ini menjelaskan bahwasannya strategi komunikasi dakwah yang digunakan dalam masyarakat yang multikultural dengan cara pendekatan multikulturalisme dalam dakwah, yakni berusaha untuk mencapai dua hal, yaitu titik temu dalam keragaman, dan toleransi dalam perbedaan. Dakwah bisa diselenggarakan dalam konteks masyarakat apapun. Ruang dan waktu berpengaruh signifikan terhadap pola dan strategi yang di gunakan untuk mencapai tujuan dakwah. Aktifitas dakwah dengan demikian di tuntut untuk mampu berinovasi. Dakwah tidak dapat hadir dengan wajah yang kaku dan hanya mengedepankan kebenaran yang tunggal.

Keywords: Strategi Komunikasi, Dakwah Multikultural

  1. Alfandi, M. Prasangka Potensi Pemicu Konflik Internal Umat Islam, (Semarang : Laporan Penelitian Individu, 2012)
  2. Aripudin, Acep, dan Mudhofir Abdullah, Perbandingan Dakwah, (Bandung: Rosdakarya, 2014)
  3. AW, Suranto, Komunikasi Sosial Budaya, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010)
  4. Aziz, 2009, Multikulturalisme: Wawasan Alternatif Mengelola Kemajemukan Bangsa, dalam Jurnal Titik-Temu, Volume 2, Nomor 1. h. 105
  5. Baidhawy, Zakiyudin, Pendidikan Berwawasan Multikultural, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2005)
  6. Bajari, Atwar dan S. Sahala Tua Saragih, Komunikasi Kontekstual; Teori dan Praktik Komunikasi Kontemporer, (Bandung: Rosdakarya, 2011)
  7. Bryson, John M., Perencanaan Strategi Bagi organisasi sosial, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2007)
  8. Giddens, Anthony, The Consequences of Modernity, (Standford University Press : California, 1990)
  9. Ismail, A, Ilyas, Filsafat Dakwah, Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam, (Jakarta : Kencana, 2011)
  10. Jati, Wasisto Raharjo, Permasalahan Implementasi Perda Syariah dalam otonomi Daerah, Al-Manahij, Vol. VII No. 2 Juli 2013, h.305-318
  11. Kahmad, Dadang, Sosiologi Agama, (Bandung: PT Rosdakarya, 2006)
  12. Kusmanto, Tohir Yuli, Gerakan Dakwah di Kampus, Riwayatmu Kini, (Semarang : Lembaga Penelitian IAIN Walisongo, 2012)
  13. Ma‘arif, Ahmad Syafi‘i, Membumikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995)
  14. Makin, Al, Keragaman dan Perbedaan; Budaya dan Agama dalam Lintas Sejarah Manusia, (Yogyakarta: Suka Press, 2016)
  15. Purnomo, Setiawan Hari dan Zulkieflimansyah, Manajemen Strategi, (Jakarta: Lebaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2007)
  16. Puteh, Jakfar, Dakwah di Era Globalisasi; Strategi Menghadapi Perubahan Sosial, (Yogyakarta: AK Group, 2006)
  17. Setio, Robert, Kekerasan dalam Apokaliptisisme‖ dalam Alef Theria Wasim, dkk. (ed.), Harmoni Kehidupan Beragama: Problem, Praktik dan Pendidikan (Yogyakarta: Oasis Publisher, 2005)
  18. Supardi, dalam Jurnal Analisis, Volume XIII, Nomor 2, Desember 2013
  19. Suparta, Munzier dan Harjani Hefni (ed), Metode Dakwah, (Jakarta: Rahmat Semesta, 2003)
  20. Tasmara, Toto, Komunikasi Dakwah, (Jakarta: Gema Media Pratama, 1997)
  21. Kompas.com
  22. Tribunnews.com
  23. Voaindonesia.com

Open Access Copyright (c) 2017 Islamic Communication Journal
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Islamic Communication Journal
Published by the Department of Islamic Communication and Broadcasting
Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-6727-8693 (Admin ICJ)
Website: https://fakdakom.walisongo.ac.id/

ISSN: 2541-5182 (Print)
ISSN: 2615-3580 (Online)


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 
apps