Pengembangan Modul Kimia terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan PBL (Problem-Based Learning)

Main Article Content

Ari Oktaviani
K Anom
Betty Lesmini

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran terintegrasi STEM-PBL “Topik Jenis Media Tanam Untuk Pertumbuhan Tanaman Selada Secara Hidroponik” yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan  field test. Hasil tahap expert review didapat skor rata-rata kevalidan sebesar 0,90 skala Aiken dengan kategori tinggi. Hasil uji kepraktisan didapatkan skor rata-rata pada tahap one-to-one sebesar 0,93 dan pada tahap small group sebesar 0,90 skala Aiken dengan kategori tinggi (praktis). Hasil uji field test didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi (efektif). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Disarankan modul ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar pada mata kuliah kewirausahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Oktaviani, A., Anom, K., & Lesmini, B. (2020). Pengembangan Modul Kimia terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan PBL (Problem-Based Learning). JEC, 2(2), 64–72. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6279
Section
Articles

References

Alimudin, A. (2014). Strategi Pengembangan Minat Wirausaha melalui Proses Pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja. 1 (1), 1-13.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arinillah, G.H. (2016). Pengembangan Buku Siswa dengan Pendekatan Terpadu Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Kalor. Skripsi tidak dipublikasikan. Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Ariyatun & Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Educational Chemistry (JEC). 2 (1), 33-39.

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, R. J. (2013). STEM Project-Based Learning an Integrates Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (2nd Edition). Rotterdam: Sense Publisher.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Depdiknas.

Meltzer, D.E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible Inhidden Variablei in Diagnostic Pretest Scores. Ames: Department of physics and Astronomy,Lowa State University.

Setiarini, S.E., (2013). Business Plan sebagai Implementasi Kewirausahaan pada Pembelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika pendidikan, 8(2), 146-155.

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.