Pengembangan Modul Kimia terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan PBL (Problem-Based Learning)
DOI:
https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6279Keywords:
kewirausahaan, modul, penelitian pengembangan, STEM-PBLAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran terintegrasi STEM-PBL “Topik Jenis Media Tanam Untuk Pertumbuhan Tanaman Selada Secara Hidroponik” yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Hasil tahap expert review didapat skor rata-rata kevalidan sebesar 0,90 skala Aiken dengan kategori tinggi. Hasil uji kepraktisan didapatkan skor rata-rata pada tahap one-to-one sebesar 0,93 dan pada tahap small group sebesar 0,90 skala Aiken dengan kategori tinggi (praktis). Hasil uji field test didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi (efektif). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Disarankan modul ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar pada mata kuliah kewirausahaan.Downloads
References
Alimudin, A. (2014). Strategi Pengembangan Minat Wirausaha melalui Proses Pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja. 1 (1), 1-13.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arinillah, G.H. (2016). Pengembangan Buku Siswa dengan Pendekatan Terpadu Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Kalor. Skripsi tidak dipublikasikan. Lampung: Universitas Bandar Lampung.
Ariyatun & Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Educational Chemistry (JEC). 2 (1), 33-39.
Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, R. J. (2013). STEM Project-Based Learning an Integrates Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (2nd Edition). Rotterdam: Sense Publisher.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Depdiknas.
Meltzer, D.E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible Inhidden Variablei in Diagnostic Pretest Scores. Ames: Department of physics and Astronomy,Lowa State University.
Setiarini, S.E., (2013). Business Plan sebagai Implementasi Kewirausahaan pada Pembelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika pendidikan, 8(2), 146-155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.