Pengembangan Modul Bermuatan Pendidikan Karakter materi Elektrokimia Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
DOI:
https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.2.4321Keywords:
elektrokimia, modul, pendidikan karakter, SMK, teknik instalasi tenaga listrikAbstract
Penelitian ini didasarkan pada masih ditemukannya kasus degradasi moral di kalangan peserta didik seperti kasus tawuran dan kebiasaan mencontek, kurangnya sumber belajar kimia SMK serta sumber belajar yang tersedia belum terintegrasi dengan program keahlian peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan modul pembelajaran elektokimia bermuatan pendidikan karakter program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development dengan model 4D dari Thiagarajan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian TITL SMK N 5 Semarang. Karakteristik modul Hasil uji kualitas modul menurut ahli materi dan media pada tahap 1 menunjukkan bahwa modul cukup layak dengan skor rerata 0,76. Pada tahap 2 mengalami peningkatan sebesar 0,8 dengan kategori sangat layak. Persentase respon/tanggapan peserta didik sebesar 85,3% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan data hasil uji validasi dan tanggapan peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa modul kimia bermuatan pendidikan karakter program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik.
Downloads
References
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Azwar, S. 2012. Reliabiltas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Chiang, C. L., & Lee, H. 2016. The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712.
Hartanto, S., & Fordiana, R. 2018. Learning Need Analysis of Vocational High School’s Chemical Subject in Mechanical Engineering Departement. International Journal of Engineering and Technology, 7(3.25), 656–658.
Haryati, S. 2013. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. FKIP-UTM.
Javed, M., & Eng, L. S. 2015. Developing Reading Comprehension Modules to Facilitate Reading Comprehension among Malaysian Secondary School ESL Students. International Journal of Instruction, 8(2), 139–154.
Lee, T. T., & Osman, K. 2012. Interactive Multimedia Module with Pedagogical Agents : Formative Evaluation. International Education Studies, 5(6), 50–64.
Majid, A. & Andayani, D.. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hake & Meltzer, D. E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores. American Association of Physics Teachers, 1259–1268.
Retnawati, H. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing
Samson, B., & Allida, V. 2018. Moral Decline in Schools: Reflections on Public Secondary Schools in Iganda District, Uganda. Baraton Interdisciplinary Research Journal, 8(Special Issue), 1–9.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindom
Thiagarajan. 1974. Instrucctional Development for Training Teachers of Exceptional Children A sourcebook, Indiana University, Bloomington: Indiana.
Zamtinah, Kurniawan, U., Sarosa, D., & Tyasari, R. (2011). Model Pendidikan Karakter Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. FT Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.