Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini

Jazariyah Jazariyah

Abstract


This study based on the reality of learning in the early childhood level and the system has not noticed the potential of the brain learners. The potential and the working system of the brain is very important in early childhood. This paper aims to reveal the importance of brain-based learning in Early Childhood Education (ECD). The problem in this study are what the nature of early childhood education and how to use the potential and work system of the brain in early childhood learning. This study used library research. From the discussion showed that the brain-based learning was important for use in teaching and learning of young children. One of aplication, brain-based learning use quantum learning by optimizing learning with active learning strategies so that potential students can be optimized. This research had contribution to brain based learning


Abstrak
Kajian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih adanya pembelajaran di jenjang PAUD yang belum memperhatikan potensi dan system kerja otak peserta didik. Padahal potensi dan system kerja otak sangat penting dalam pembalajaran di PAUD. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan pentingnya brain based learning pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Rumusan masalah pada kajian ini adalah seperti apa hakikat Pendidikan Anak Usia Dini dan bagaimana penggunaan potensi dan system kerja otak dalam pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode library research Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa brain based learning penting untuk digunakan dalam proses belajar mengajar anak usia dini. Salah satu pelaksanaan pembelajaran berbasis otak ini dapat menggunakan pembelajaran quantum dengan mengoptimalkan pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif sehingga potensi anak didik dapat dioptimalkan. Penelitian ini memiliki kontribusi pada pembelajaran berbasis otak.


Keywords


early childhood education; brain based learning; quantum learning; PAUD, brain based learning, quantum learning

Full Text:

PDF

References


DePorter, bobbi. 2006, Quantum Success. Bandung: Mizan Pustaka.

DePorter, bobbi. 2001, Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Mizan Pustaka.

DePorter, bobbi. 2007.and Mike Hernacki. Quantum Learning Bandung: Mizan Pustaka,

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 2006, Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers And Circle Time (BCCT)” (Pendekatan Sentra Dan Lingkaran) Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

El Khuluqo, Ihsana, 2015, Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Pendidikan Taman Kehidupan ANak. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Iriyanto, H.D. 2012, Learning Metamorphosis Hebat Gurunya Dahsyat Muridnya. Jakarta: Erlangga.

Ismail, Andang, 2009.Education Games. Yogyakarta: Pro U Media.

Jensen Eric, 2008, Brain Based Learning, Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak, Cara Baru Dalam Pengajaran Dan Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Latif, Mukhtar, Zukhairini, Rita Zubaidah, and Muhammad Afandi, 2014Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Pasiak, Taufiq, , 2007, Brain Management for Self Improvement. Mizan Pustaka.

Nur Chamidah, Atiek. “Pentingnya Stimulasi Dini Bagi Tumbuh Kembang Otak Anak,” n.d.

Pasiak, Taufiq. Manajemen Kecerdasan. Bandung: Mizan Pustaka,

Rochmad Ali, Noor, Jazariyah, and Rina Roudlatul Jannah. , 2016, Perkembangan Dan Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Editie Pustaka.

Santrock, J.W. Life-Span , 2002, Development Perkembangan Masa Hidup, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Sutiyono, Agus. Dahsyatnya Hypnoparenting. Depok: Penebar Plus.

Suyanto, S. 2005, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Windura, Sutanto, 2008, Definite success with brain management: panduan manajemen otak untuk kepastian kesuksesan. Elex Media, Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/nw.2017.11.1.982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nadwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

NADWA: Jurnal Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Universitas Islam Negeri Walisongo
Semarang - Indonesia

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

site
stats

View Nadwa's Stats