Pemodelan matematika Masalah Lingkungan untuk Meningkatkan Kesadaran Pelestarian Lingkungan bagi Siswa SMP

Egidius Gunardi*  -  Universitas Sanata DHarma, Indonesia
Maria Wilda Malo  -  Universitas Sanata Dharma, Indonesia
Elisa Maria C. Situmorang  -  Universitas Sanata Dharma, Indonesia

(*) Corresponding Author

Pemodelan matematika masalah lingkungan adalah salah satu sarana dalam

upaya mematematikakan realita serta untuk menyadarkan siswa akan

pentingnya pelestarian lingkungan hidup.Tujuan penelitiaan ini adalah

meningkatkan kemampuan siswa dalam memodelkan matematika dan

kesadaran terhadap pelestarian lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada

siswa SMP Santo Aloysius Turi kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan

adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan discovery learning. Penelitian

diawali dengan memberikan soal kepada setiap kelompok, kemudian

menganalisis hasil pekerjaan siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman

dan berakhir pada refleksi terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup.

Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pekerjaan antar

kelompok dan dari hasil wawancara serta refleksi dari siswa. Hasilnya

menunjukkan bahwa melalui pemodelan yang di peroleh mereka mampu

mengetahui jumlah peningkatan sampah untuk 2025 tahun mendatang.

Pemodelan masalah lingkungan ini juga berdampak pada meningkatnya

kesadaran siswa terhadap pelestarian lingkungan.

Keywords: Pemodelan Matematika; discovery learning; pelestarian lingkungan

  1. Houston, SJ Lamon, W A Parker, dan S K. 2003. Mathematical Modelling : A Way Of Life.
  2. Horwood Publishing Chicchester : England.
  3. Tri Wahyuni (2016). Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Ke-Dua Dunia.
  4. Diakses tanggal 23 Februari 2016, pada http://www.cnnindonesia.com/gaya-
  5. hidup/20160222182308-277- 112685/indonesia-penyumbang- sampah-plastik- terbesar-ke-
  6. dua-dunia/
  7. Muhlisrarini, dan H.M. Ali Hamzah. 2013. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran
  8. Matematika. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Open Access Copyright (c) 2018 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps