ANALISIS PENILAIAN KINERJA DENGAN TEKNIK SELF ASSESSMENT SEBAGAI EVALUASI KINERJA MAHASISWA PADA PRAKTIKUM FISIKA DASAR II TADRIS FISIKA IAIN WALISONGO SEMARANG

kusminto , joko budi poernomo*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian ini membahas penggunaan teknik self assessment dalam penilaian kinerja mahasiswa pada praktikum Fisika Dasar II. Self assessment merupakan suatu penilaian yang melibatkan mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap kompetensi diri mereka sendiri. Kajian ini dilatarbelakangi bahwa penilaian selama ini berpusat pada dosen kadang sering membuat kerepotan dalam menilai dan mahasiswa kurang terlibat. Sehingga mahasiswa sebagai objek penilaian yang seharusnya dapat mengambil manfaat paling besar dari penilaian, ternyata belum mendapatkan feedback yang maksimal dari penilaian tersebut. Dengan penilaian self assessment ini diharapkan bisa dijadikan alternatif dalam penilaian kinerja praktikum. Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penilaian kinerja dengan teknik self assessment dalam evaluasi kinerja mahasiswa pada praktikum Fisika Dasar II, meliputi gambaran kemampuan mahasiswa dalam melakukan self assessment; hasil self assessment dalam mengungkap kinerja praktikum mahasiswa; tanggapan mahasiswa mengenai penilaian kinerja praktikum Fisika Dasar II dengan teknik self assessment, serta kendala dalam pelaksanaan penilaian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah Mahasiswa semester II Tadris Fisika tahun 2012 (TF2) yang terdiri dari 36 mahasiswa, pemilihan subjek ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui sejumlah instrumen, diantaranya berupa angket, rubrik penilaian kinerja yang terdiri dari rubrik self assessment yang diisi oleh mahasiswa serta rubrik yang diisi oleh observer, dokumentasi, observasi dan wawancara.Berdasarkan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam melakukan self assessment tergolong baik, mahasiswa pun memberikan respon positif terhadap pelaksanaan self assessment, mahasiswa merasa lebih mengetahui kemampuan dirinya. Akan tetapi, self assessment belum dapat mengungkap kinerja praktikum mahasiswa secara optimal karena adanya kecenderungan menilai lebih mahasiswa terhadap kinerjanya. Pemanfaatan hasil self assessment dapat digunakan pada penilaian formatif, untuk pemberian feedback kepada mahasiswa agar meningkatkan kinerjanya. Adapun kendala penilaian kinerja praktikum dengan teknik self assessment yaitu kesulitan memahami indikator penilaian, kriteria penilaian dan pemberian skor. Sehingga untuk menerapkan self assessment perlu dilakukan optimalisasi pada saat sosialisasi dan pelatihan kepada mahasiswa.

Keywords: Self assessment, penilaian praktikum Fisika 2013

  1. Arifin, Zaenal, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
  2. Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.
  3. Curriculum Corporation, “Student self-assessment”, dalam http://www.assessmentforlearning.edu.au/professional_learning/student_self-assessment/student_ research_background.html, diakses 01 Februari 2012
  4. Deparrtemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahnya “Al Jumatul ‘Ali”, Bandung: CV Penerbit J-Art, 2005.
  5. Fadllan, Andi, Pedoman Praktikum Fisika Dasar II Tadris Fisika, Semarang: IAIN Walisongo, 2005.
  6. Fajar, Arnie, Portofolio dalam Pembelajaran IPS, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
  7. Haryati, Mimin, Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.
  8. Houghton Mifflin Company, “Students as Active Partners”, http://www.eduplace.com/rdg/res/assess/partners.html, diakses pada 01 Februari 2012.
  9. Longman, Addison Wesley, Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
  10. Lubis, Saidan, “Penerapan Prinsip Qur’ani dalam Evaluasi Pembelajaran dan Diklat”, dalam http://bdkpadang.kemenag.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=457: penerapan-prinsip-qurani-dalam-evaluasi-pembelajaran-dan-kediklatan&catid=41:top-headlines, diakses pada 8 maret 2012.
  11. Marhaeni, A.A. Istri N., “Asesmen Otentik dalam Rangka KTSP”, dalam http://www.undiksha.ac.id/e-learning/staff/images/img_info/4/2-282.pdf, diakses pada 01 Februari 2012.
  12. Orsmond, Paul, “Self- and Peer-Assessment Guidance on Practice in the Biosciences”, dalam http://www.bioscience.heacademy.ac.uk/ftp/teachingguides/fulltext.pdf, diakses pada 23 April 2012.
  13. Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
  14. Putri, Vani Miyanti, “Analisis Penggunaan Asesmen Kinerja dalam Praktikum Guided Inquiry pada Subkonsep Alat Indera”, Skripsi (Bandung: FPMIPA UPI, 2011), [Online] dalam: http://repository.upi.edu, diakses pada 10 Januari 2012.
  15. Rustana, Adhi, “Penilaian Diri (Self Assesment) dalam Pendidikan”, dalam http://www.pesantrennusantara.com/wawasan-islam/seputar-pendidikan/ 117-penilaian-diri-self-assesment-dalam-pendidikan.html, diakses 20 Januari 2012.
  16. Sapriati, Amalia, “Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Fotosintesis”, dalam http://lppm.ut.ac.id/htmpublikasi/01-amalia.pdf, diakses pada 19 Januari 2012.
  17. Septiani, Reni, “Penerapan Self Assessment dalam Mengungkap Penguasaan Konsep Siswa SMP Pada Materi IPBA”, Skripsi (Bandung: FPMIPA UPI, 2011), [Online] dalam: http://repository.upi.edu, diakses pada 10 Januari 2012.
  18. Sudjana, Nana, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru, 2001.
  19. Sudria, Ida Bagus Nyoman, “Pengembangan Rubrik Penilaian Keterampilan Dasar Praktikum dan Mengajar Kimia pada Jurusan Pendidikan Kimia”, Dalam http://undiksha.ac.id/images/img_item/577.rtf, diakses pada 12 Februari 2012.
  20. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2011.
  21. Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
  22. --------, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
  23. Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
  24. Sutrisno, “Fisika dan Pembelajarannya”, dalam http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/195801071986031-SUTRISNO/Pelatihan/LS/FISIKA DAN_PEMBELAJARANNYA.pdf, diakses pada 19 Januari 2012.
  25. Suwandi, Sarwiji, Model Assesmen dalam Pembelajaran, Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta, 2009.
  26. Widoyoko, S. Eko Putro, Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2011.
  27. Zulharman, “Self dan Peer Assessment sebagai Penilaian Formatif dan Sumatif”, dalam http://zulharman79.wordpress.com/2007/05/29/self-dan-peer-assessment-sebagai-penilaian-formatif-dan-sumatif/ diakses pada 09 Januari 2012

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps