PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH STATISTICS MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO

lulu choirunissa*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Mata kuliah Statistics (Statistika Pendidikan untuk prodi yang lain) merupakan mata kuliah wajib di IAIN Walisongo. Di prodi Tadris Bahasa Inggris, pembelajaran

mata kuliah Statistics selama ini mempunyai beberapa hambatan, antara lain mahasiswa kesulitan dalam pemahaman konsep, keterampilan berhitung, dan kurangnya waktu untuk berlatih. Bersamaan dengan kerjasama IAIN Walisongo dengan DBE 2 USAID untuk pembelajaran jarak jauh, dibuatlah kelas online untuk mata kuliah statistika yang memungkinkan mahasiswa untuk berdiskusi, menyelesaikan statistika uji dengan komputasi, memahami konsep statistika melalui video dan bahan bacaan, serta berinteraksi dengan dosen jika mahasiswa mengalami permasalahan.

Selanjutnya ingin diketahui apakah pembelajaran dengan e-learning berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil dari studi menunjukkan bahwa tidak terlihat pengaruh yang signikan, namun jumlah mahasiswa yang mendapat nilai A, B+, dan B lebih banyak pada pembelajaran dengan e-learning dibandingkan dengan mahasiswa pada pembelajaran konvensional.

Keywords: Pembelajaran, e-learning

  1. Ahmad Munir. 2008. Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan Al Qur’an Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Teras
  2. Cresswell, John W. 2008. Educational Research: Planning, Con- ducting & Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Education Inc.
  3. Kerry O’regan. 2003. Emotion and E-Learning. Jurnal JALN Vol- ume 7 Issue 3.
  4. Masduki Zakaria dkk. 2007. E-Learning sebagai Model Pembela- jaran Mandiri dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Lulusan Pergu- ruan Tinggi Negeri. Yogyakarta: Penelitian Hibah Bersa- ing Universitas Negeri Yogyakarta
  5. SinggihSantosa. 2001.Pengolahan Data dengan SPSS 11.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
  6. Sukmadinata, Nana Syaodih. MetodePenelitianPendidikan. PT Remaja ROSDAKARYA. Bandung. 2007Sugiono. Metode- PenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta, 2006
  7. Trochim, William M.K. Research Methods:Knowledge Base.
  8. Web-based textbook.www.socialresearchmethods.net/kb
  9. Universitas Gunadarma. E-Learning Gunadarma. Elearning.gu- nadarma.ac.id, diakses tanggal 5 Januari 2012
  10. Walpole, R.E. & Myers, R.H. 1986. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Bandung: Institut Teknologi Bandung

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps