PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH STATISTICS MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO
Main Article Content
Abstract
Mata kuliah Statistics (Statistika Pendidikan untuk prodi yang lain) merupakan mata kuliah wajib di IAIN Walisongo. Di prodi Tadris Bahasa Inggris, pembelajaran
mata kuliah Statistics selama ini mempunyai beberapa hambatan, antara lain mahasiswa kesulitan dalam pemahaman konsep, keterampilan berhitung, dan kurangnya waktu untuk berlatih. Bersamaan dengan kerjasama IAIN Walisongo dengan DBE 2 USAID untuk pembelajaran jarak jauh, dibuatlah kelas online untuk mata kuliah statistika yang memungkinkan mahasiswa untuk berdiskusi, menyelesaikan statistika uji dengan komputasi, memahami konsep statistika melalui video dan bahan bacaan, serta berinteraksi dengan dosen jika mahasiswa mengalami permasalahan.
Selanjutnya ingin diketahui apakah pembelajaran dengan e-learning berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil dari studi menunjukkan bahwa tidak terlihat pengaruh yang signikan, namun jumlah mahasiswa yang mendapat nilai A, B+, dan B lebih banyak pada pembelajaran dengan e-learning dibandingkan dengan mahasiswa pada pembelajaran konvensional.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ahmad Munir. 2008. Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan Al Qur’an Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Teras
Cresswell, John W. 2008. Educational Research: Planning, Con- ducting & Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Education Inc.
Kerry O’regan. 2003. Emotion and E-Learning. Jurnal JALN Vol- ume 7 Issue 3.
Masduki Zakaria dkk. 2007. E-Learning sebagai Model Pembela- jaran Mandiri dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Lulusan Pergu- ruan Tinggi Negeri. Yogyakarta: Penelitian Hibah Bersa- ing Universitas Negeri Yogyakarta
SinggihSantosa. 2001.Pengolahan Data dengan SPSS 11.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sukmadinata, Nana Syaodih. MetodePenelitianPendidikan. PT Remaja ROSDAKARYA. Bandung. 2007Sugiono. Metode- PenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta, 2006
Trochim, William M.K. Research Methods:Knowledge Base.
Web-based textbook.www.socialresearchmethods.net/kb
Universitas Gunadarma. E-Learning Gunadarma. Elearning.gu- nadarma.ac.id, diakses tanggal 5 Januari 2012
Walpole, R.E. & Myers, R.H. 1986. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Bandung: Institut Teknologi Bandung