PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH STATISTICS MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO

Main Article Content

lulu choirunissa

Abstract

Mata kuliah Statistics (Statistika Pendidikan untuk prodi yang lain) merupakan mata kuliah wajib di IAIN Walisongo. Di prodi Tadris Bahasa Inggris, pembelajaran

mata kuliah Statistics selama ini mempunyai beberapa hambatan, antara lain mahasiswa kesulitan dalam pemahaman konsep, keterampilan berhitung, dan kurangnya waktu untuk berlatih. Bersamaan dengan kerjasama IAIN Walisongo dengan DBE 2 USAID untuk pembelajaran jarak jauh, dibuatlah kelas online untuk mata kuliah statistika yang memungkinkan mahasiswa untuk berdiskusi, menyelesaikan statistika uji dengan komputasi, memahami konsep statistika melalui video dan bahan bacaan, serta berinteraksi dengan dosen jika mahasiswa mengalami permasalahan.

Selanjutnya ingin diketahui apakah pembelajaran dengan e-learning berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil dari studi menunjukkan bahwa tidak terlihat pengaruh yang signikan, namun jumlah mahasiswa yang mendapat nilai A, B+, dan B lebih banyak pada pembelajaran dengan e-learning dibandingkan dengan mahasiswa pada pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
choirunissa, lulu. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH STATISTICS MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 7–27. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.416
Section
Articles

References

Ahmad Munir. 2008. Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan Al Qur’an Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Teras

Cresswell, John W. 2008. Educational Research: Planning, Con- ducting & Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Education Inc.

Kerry O’regan. 2003. Emotion and E-Learning. Jurnal JALN Vol- ume 7 Issue 3.

Masduki Zakaria dkk. 2007. E-Learning sebagai Model Pembela- jaran Mandiri dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Lulusan Pergu- ruan Tinggi Negeri. Yogyakarta: Penelitian Hibah Bersa- ing Universitas Negeri Yogyakarta

SinggihSantosa. 2001.Pengolahan Data dengan SPSS 11.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sukmadinata, Nana Syaodih. MetodePenelitianPendidikan. PT Remaja ROSDAKARYA. Bandung. 2007Sugiono. Metode- PenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta, 2006

Trochim, William M.K. Research Methods:Knowledge Base.

Web-based textbook.www.socialresearchmethods.net/kb

Universitas Gunadarma. E-Learning Gunadarma. Elearning.gu- nadarma.ac.id, diakses tanggal 5 Januari 2012

Walpole, R.E. & Myers, R.H. 1986. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Bandung: Institut Teknologi Bandung

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.