MODEL PEMBELAJARAN ASAM BASA BERBASIS SCS (SCIENCE PROCESS SKILLS) MELALUI KEGIATAN LABORATORIUM SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN SAINS SISWA MTS

malikhatul hidayah

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk    memperkenal- kan dan mengetahui efektivitas Model Pembelajaran SCS ( Science Process Skills ) melalui kegiatan Laboratorium Sebagai Wahana Pendidikan Sains yang cocok bagi siswa MTs agar meningkatkan: penguasaan konsep kimia, ke- mampuan berpikir kreatif, dan keterampilan  sains siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kelas, dan difokuskan pada pokok bahasan asam basa. Penelitian ini dilakukan di salah satu MTs Negeri di kota Semarang dengan subyek sebanyak 40 siswa kelas III. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi model pembelaja- ran, soal-soal tes, pedoman wawancara, pedoman obser- vasi dan angket, sedang LKS digunakan pada saat kegiatan laboratorium. Dalam model pembelajaran dikembangkan empat jenis konsep yaitu konsep kongkret, konsep yang menyatakan sifat, konsep yang melibatkan penggambaran simbol, dan konsep berdasarkan prinsip. Model pembela- jaran ini dapat meningkatkan pemahaman konsep pada setiap kelompok kemampuan siswa, mengembangkan ke- mampuan berpikir kreatif dengan hasil tertinggi pada as- pek membangun konsep di atas pengetahuan yang telah ada pada diri siswa dan terendah pada aspek memilih hal- hal yang mungkin tidak relevan, serta keterampilan sains mengatasi kurangnya waktu pembelajaran, bagian-bagian pembelajaran tertentu dapat dilaksanakan di luar jam ke- las.


Keywords


SCS, kegiatan laboratorium, pendidikan sains

Full Text:

PDF

References


------------, (2003), Pendekatan Kontekstual, Direktorat Pendi- dikan Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Arikunto, S. (1996). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogya- karta: Bumi Aksara

Colburn, Alan. (2000). An Inquiry Primer, Science Scope, March 2000.

Costa, Arthur L (1985). Developing Minds,A Resource Book for

Teaching Thinking.

Association for Supervision and Curriculum Development, Al- exandria, Virginia

Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Depdiknas, (2003), Kurikulum2004, Standar Kompetensi, Mata Pelajaran Sains, Sekolah Menengah Pertama, dan Ma- drasah Tsanawiyah, Jakarta.

Harriess FO, Ferguson HJC (1979). Chemistry 11 – 13, Longman Hodson. D. (1996). “Practical Work in School Science: Exploring Some Directions for Change”. International Journal of Sci- ence Education (11). 541 – 553

Hofstein, Ari and Lunetta. Vincent N. (1982). “The Role of Labo- ratory in Science Teaching: Negleted Aspect of Research”. Review of Educational Research. 52(2),201 – 207.

Indrawati, (1999/2000), Model-Model Pembelajaran IPA, Sema- rang: PPPG IPA

Joyce, Bruce and Weil, Marssha, (1992), Models of Teaching, New Jersey, Prentice Hall, Inc.

Kartimi, (2003), Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Bahan Kajian Partikel-Partikel Materi Sebagai Wahana Pendidikan Siswa SLTP, Tesis PPS UPI Semarang: tidak diterbitkan.

M. Amin, (1987), Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) DenganMenggunakan Metode “Discovery” dan “Inqui- ry”, Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdikbud.

M.D. Dahlan, Zainsyah, A.E, dkk, (1984), Model-Model Menga-jar, Semarang: C.V.Diponegoro

Nancy Susianna, (2003), Model Pembelajaran Berbasis Kegiatan Laboratorium Sebagai Wahana Pendidikan Siswa SLTP Pada Pokok Bahasan Materi, Tesis PPS UPI Semarang: Ti- dak Diterbitkan.

Nuryani Rustaman., Andrian Rustaman, (1997), Pokok-Pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum 1994, Jakarta: Pusbuk Depdikbud

Ridwan Efendi, (2003). Pengembangan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Mengkaji Pemahaman Konsep dan Kemampuan Inkuiry Siswa SMU Pada Konsep Hukum Newton Tentang Gerak, Tesis PPS UPI Semarang: Tidak Diterbitkan

Rutherford, J.F., Ahlgren Andrew, (1989), Science For All Ameri- cans, New York: Oxford University Press.

S. Karim A.Karhami, (1998), Panduan Pembelajaran Fisika, Ja- karta: Pusbuk Depdikbud

Stebbens Derek (1972). Chemistry By Inquiry, Teachers’ Guide, Heinemann Educational Books Ltd, London.

Sukarno, Kertiasa N, Hadiat, Padmawinata D, (1977). Dasar- Dasar Pendidikan Science, Jakarta: Bhratara

Sund, R.B, dan Trowbridge, Leslie W, (1973)., Teaching Science By Inquiry In The Secondary School, Second Edition, Co- lumbus: Charles E.Merill Publishing Company.

The American Association for The Advancement of Science, 1993, Benchmarks For Science Literacy, American Associa- tion For The Advancement of Science Project 2061, Oxford University Press, Inc, 200 Madison Avenue, New York

The National Academy of Science, (1996), National Science Ed- ucation Standards, Washington, DC: National Academy Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id