PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TRADISI SAINS ISLAM DI MADRASAH (GERAK BENDA MENURUT IBNU BAJJAH)
Main Article Content
Abstract
Jurnal Pendidikan Fisika
Banyak karya dari ilmuwan muslim yang belum dimanfaatkan sebagai bahan ajar IPA di Madrasah, umumnya bahan ajar yang diberikan di Madrasah sama dengan bahan ajar yang diberikan di SMA. Penulisan ini bertujuan untuk mengungkap temuan ilmuwan muslim yang dapat digunakan sebagai bahan ajar IPA di Madrasah. Mtode pembahasan yang digunakan dalam tulisan ini adalah sejarah sains berperspektif islam dan metode pembelajaran sains demonstratif. Data dikumpulkan melalui kepustakaan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa teori gerak dari Ibnu bajjah yang mempengaruhi Galileo Galilei dapat di ajarkan di Madrasah Aliyah. Tujuannya untuk memperkaya wawasan murid tentang IPA berprespektif Islam.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
"Abel B Franco." Journal of the History Ideas 64, no. 4 (n.d.): 543.
Anonim. Juni 2012. https://marojahantampubolon.files.wordpress.com/2012/06/pagefrom_bahan-kuliah-fisika-untuk-universitas.pdf (accessed Mei Senin, 2017).
Anonim. "Concept Reaction Ibnu Bajjah." In Islam, 376. Wikipedian, n.d.
B, Franco Abel. "Avempace, Projectile Motion, and Impetus Theory." Journal of the History of Ideas, 2003.
Boccaletti, D. The Theories of Motion in the Middle Ages. Springer International Publishing Switzerland, 2016.
Ernest, A Moody. Galileo and Avempace: The dynamics of the Leaning. Vol. 12. Journal of History of Ideas, 1951.
Ernest, Moody A. "Galileo and Avempace: The Dynamics of the Leaning Tower Experiment (II)." Journal of the History of Ideas 12, no. 3 (1951): 375-422.
Espinoza, Fernando. "An analysis of the historical develpoment of ideas about motion and its implications for teaching." Journal Physics, 2005: 141.
Fred, Percival, and Henry Ellington. In Teknologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga, 1988.
Giancoli, Douglas C. In Fisika Edisi Kelima Jilid 1, 38-39. Jakarta: Erlangga, 2001.
Hasse, D N. "Das Lehrstück von den vier Intellekten in der Scholastik: von den arabischen Quellen bis zu Albertus Magnus”, Recherches de Théologie et Philosophie médiévales." 66 (1999): 21-77.
Lettinck, Paul. In Aristotle's physics and its reception in the Araic World with an edition of the unpublished Parts of ibnu Bajja's , 532-533. Leiden: Brill, 1994.
Montada, Puig Josep. September Friday, 2007. https://plato.stanford.edu/entries/ibn-bajja/ (accessed May Monday, 2017).
Moody, Ernest A. "Galileo and Avempace: The Dynamics of the Learning Tower Experiments (II)." Journal of the History of Ideas 12, no. 3 (June 1951): 375-422.
Palupi, Dwi Satya, Suharyanto, and Karyono. In Fisika untuk SMA dan MA Kelas IX Jilid 2, 27. Yogyakarta: CV Sahabat, 2009.
Percival, Fred, and Henry Ellington. In Teknologi Pendidikan , 124. Jakarta: Erlangga, 1988.
Prabaningrum, Dwi Pujianingtyas. TOKOH FILSAFAT BARAT PADA ABAD PERTENGAHAN (Thomas Aquinas). https://afidburhanuddin.files.wordpress.com/2012/11/thomas-aquinas_ed.pdf, 2012.
Putri, Fitria Eka. "Filsafat Thomas Aquinas." 2012: 1.
Satriawan, Mirza. n.d. http://mirza.staff.ugm.ac.id/fisdas/note2.pdf (accessed May Monday, 2017).
Shlomo, Pines. "La dynamique d'Ibn Bajja" in Melanges Alexandre Koyre. Paris, 1964.
Trianto. In Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, 145. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Trianto. In Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Trianto. In Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, da Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), 141. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Trianto. In Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, 141. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Warsita. In Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Wikipedia. n.d.
Yusufhudi, Miarso. In Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, 553-554. Jakarta: Prenada Media, 2004.