Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Kimia dalam Menganalisis Ayat-ayat Kauniyah yang berasal dari Al-Quran dan As-Sunnah sebagai Petunjuk Pengembangan Kimia Berbasis Wahyu

r arizal firmansyah

Abstract


Kemampuan mahasiswa Pendidikan Kimia dalam menganalisis Ayat-ayat Kauniyah yang berasal dari Al-Quran dan As-Sunnah sebagai petunjuk pengembangan riset kimia berbasis wahyu telah dilakukan. Al-Quran dan As-Sunnah merupakan sumber hukum agama dan sains bagi Muslim sehingga dikatakan bahwa dalam Islam tidak terjadi dikotomi antara agama dan sains, justru integrasi agama dan sains. Ayat-ayat Kauniyah dalam Al-Quran dan As-Sunnah dapat dijadikan sumber gagasan sebagai petunjuk pengembangan riset kimia berbasis wahyu. Pada mata kuliah Keterpaduan IPTEK dan Islam di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo, mahasiswa dilatih menggali gagasan riset kimia dari ayat-ayat Kauniyah dalam Al-Quran dan As-Sunnah menjadi satu makalah ilmiah. Kemampuan mahasiswa Pendidikan kimia secara keseluruhan dalam menganalisis Ayat-ayat Kauniyah ini cukup baik yang dapat diketahui dari menganalisis makalah yang telah disusun secara mandiri, lembar refleksi, dan wawancara.

Keywords


Ayat-ayat kauniyah, pengembangan riset kimia berbasis wahyu.

Full Text:

PDF

References


Ali, B. H., dan Blunden, 2003, Pharmacological and Toxicological Properties of Nigella sativa, Phytotherapy Research, 17, 299 –305.

Darwin C., 1958, The Origin of Species (New York: New American Library.

Husaini, A., 2005, Wajah Peradaban Barat: dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekular-Liberal, Jakarta: Gema Insani Press.

Husiaini, A. et. al., 2013, Filsafat Ilmu: Perspektif Barat dan Islam, Jakarta: Gema Insani Press.

Nor Wan Daud, W.M., 2003, Budaya Ilmu Satu Penjelasan, Singapura: Pustaka Nasional Pte. Ltd.

Mahran J. dan Mubasyir A. A., 2006, Al-Qur’an Bertutur tentang Makanan dan Obat-obatan, Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Purwanto Agus, 2012, Nalar Ayat-ayat Semesta: Menjadikan Al-Quran basis konstruksi Ilmu Pengetahuan, Bandung; Mizan Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id