Pengembangan Katalog Keanekaragaman Serangga pada Tanaman Cabai di Desa Sindetlami Sebagai Sumber Belajar

Siti Maisyaroh*    -  Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Rosita Fitrah Dewi  -  Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

(*) Corresponding Author
Desa Sindetlami merupakan salah satu sentra penghasil cabai di Kabupaten Probolinggo. Kegagalan panen cabai beberapa waktu lalu diduga salah satunya karena adanya hama serangga. Keanekaragaman serangga ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang dapat memadukan antara pengetahuan faktual dan proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan katalog keanekaragaman serangga pada tanaman cabai di Desa Sindetlami sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D (define, design, develop, dissemination). Hasil validasi media yaitu 89,5%, hasil validasi materi yaitu 89,95% dan hasil validasi oleh guru biologi yaitu 83%. Hasil validasi rata-rata yaitu sebesar 87,4% yang berarti bahwa produk yang dihasilkan bisa digunakan tanpa revisi.

Keywords: katalog; keanekaragaman; serangga; sumber belajar

  1. Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449
  2. Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
  3. Astuti, P., Ismono, R., & Situmorang, S. (2013). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat petani untuk menerapkan budidaya cabai merah ramah lingkungan di Kabupaten Lampung Selatan. Ilmu-Ilmu Agribisnis, 1(1), 87–92. http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JIA/article/view/136/140
  4. Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia.
  5. Fatmasari, S., SD, E. R., & Rahayu, P. (2017). Pengaruh media katalog terhadap pemahaman konsep dan berfikir kritis siswa pada materi sistem regulasi di SMA. Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship IV Universitas PGRI Semarang,315–322. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/snse2017/snse2017/paper/view/1763
  6. Hilmi, H. (2017). Efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa arab. Lantanida Journal, 4(2), 128. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1885
  7. Nofiyanti, Z., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Pengembangan handout biologi berbentuk katalog disertai gambar berwarna pada materi sistem pernapasan. Proceeding Biology Education Conference, 14, 388–393. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/32486
  8. Nurhidayah, & Haryunita. (2020). Pengembangan katalog. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 02(02), 99–107.
  9. Pramudi, M. I., Puspitarini, R. D., & Rahardjo, B. T. (2013). Keanekaragaman dan kekerabatan lalat buah (Diptera: Tephritidae) di Kalimantan Selatan berdasarkan karakter morfologi dan molekular (Rapd-Pcr dan Sekuensing Dna). Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika, 13(2), 192–202. https://doi.org/10.23960/j.hptt.213192-202
  10. Pratama, M., Johari, A., & Marzal, J. (2018). Pengembangan e-modul biologi berbasis potensi daerah kerinci pada materi plantae dan animalia. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v7i2.8195
  11. Septianella, G., Rosnaeni, Baskoro, Y., Nisrina, L., Qayyimah, F., Aulunia, R., Elfidasari, D., & Lupiyaningdiyah, P. (2015). Identifikasi serangga di kawasan industri pertambangan kapur Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Prosiding Sminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia, 1(8), 1790–1794. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010807
  12. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development untuk Bidang Manajemen, Sosial dan Teknik. Cetakan Keempat. In Alfabeta.
  13. Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata sebagai sumber belajar biologi dan strategi untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Jurnal Bio Education, 3(2), 59–72.
  14. Susilo, M. J. (2018). Analisis potensi lingkungan sekitar sebagai sumber belajar biologi yang berdayaguna. Procending Biology Education Conference, 15(1), 541–546. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/32606
  15. Thiagarajan, & Shemmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: a Sourcebook. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
  16. Wulandari, A., & Kamilah, M. (2021). Studi kunjungan harian Arthropoda pada tanaman Ageratum conyzoides dan Acalipa australis di area pertanian Dusun Ketanon Kecamatan Diwek sebagai bahan pengembangan e-katalog Arthropoda. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 102–112. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i2.1187

Open Access Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps