Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidi-kan Agama Islam (PAI))
Main Article Content
Abstract
This article aims to reveal the theoretical academic studies in the context of learning resources as epicentrum valuable information for each individual study. This paper uses descriptive analytical method. The results of this study indicate that the source of learning was instrumental in providing a range of information and knowledge required to develop skills and compe-tencies. The way to develop learning resources of Islamic education in order to optimally conducted by 1) analyzing the needs and characteristics of stu-dents' learning, 2) formulate learning objectives, 3) the development of learning material, 4) developing tools to measure the progress, 5) selection of learning resources and 6) hold evaluation.
Abstrak
Artikel ini bertujuan mengungkap secara teoritis kajian akademik dalam konteks sumber belajar sebagai epicentrum informasi yang berharga bagi setiap manusia yang belajar. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa sumber belajar sangat berperan dalam menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan yang diperlukan dalam mengembangkan berbagai kompetensi yang diinginkan. Adapun cara mengembangkan sumber belajar Pendidikan Agama Islam agar optimal dilakukan dengan 1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik belajar siswa, 2) merumuskan tujuan pembelajaran, 3) pengembangan materi pembelajaran, 4) mengembangkan alat ukur keberhasilan, 5) pemilihan jenis sumber belajar dan 6) mengadakan evaluasi.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al-Abrasyi, Muhammad Attiyah, 1974. Dasar-Dasar Pokok-
Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Gani dan Djohar
Bahry, Jakarta: Bulan Bintang.
Ali, Mohammad, dkk (Edit), 2007. Ilmu dan Aplikasi
Pendidikan, Bandung: Pedagogiana Press.
Basyiruddin Usman dan Asnawir, 2005. Media
Pembelajaran,Jakarta: Delia Citra Utama.
Bukittingginews.com, ”Desain Media Pembelajaran”,
(http://bukittingginews.com /2011/06/desain-mediapembelajaran/
diakses 19 Agustus 2011.
Depag RI, 1994. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag
RI.
Depdikbud, 1983. Teknologi Instruksional, Jakarta: Ditjen Dikti.
Hamalik, Oemar, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta :
Bumi Aksara.
Jihad,Asep dan Abdul Haris, 2008. Evaluasi Pembelajaran,
Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kadir, Abdul, 2003. Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta:
Andi Offset.
Mukhtar dan Iskandar, 2010. Desain Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi,Jakarta: Gaung
Persada Press.
Mukhtar, 2003. Evaluasi yang Sukses Pedoman Mengukur
Kinerja Pembelajaran, Jakarta: Sasana Mitra Suksesa.
Mulyasa, E., 2008. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Nawawi, Hadari, 1993. Pendidikan dalam Islam, Surabaya: Al-
Ikhlas.
Parcival, Fred dan Henry Ellington, 1988. Teknologi Pendidikan,
Terjemahan Soedjarwo S, Jakarta: Erlangga.
Pribadi, Benny A., 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran,
Jakarta: Dian Rakyat.
Ramayulis, 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta:
Kalam Mulia.
Roestiyah NK, Masalah Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta,
Sadiman, Arief. S., 2005. Media Pendidikan,Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Sardiman AM, 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zain, Aswan dan Bahri Syaiful Djamarah, 1997. Strategi BelajarMengajar,
Jakarta: Rineka Cipta.