Implementasi Model Pendidikan Pondok Pesantren Di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Slawi Kabupaten Tegal

Main Article Content

Srijatun Srijatun

Abstract

Abstract

The background of this research by orphanages using pesantren education system. This research used descriptive type of qualitative analysis approach. The research findings were that providing education orphanage's daughter Aisyiyah Slawi used modern boarding school education model. Orphanages also used pwsantren model of school that carry out 24 hours of education. Provision of education were classified into three namely informal and non-formal education and formal. Content of curriculum were taught the Qur'an, Hadith, Aqeedah, Fiqh, recitation, and morality. Implementation of this education model schools still faced problems such as; First, the child can not fully implement the activities as scheduled. limited salary for Ustadz/ ustadzah (teachers). Third, the limited funds for the procurement of the facilities, appropriate boarding school program. Fourth, not all administrators to participate actively in accordance duties. Fifth, not all officials understand the educational model boarding school.

Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh panti asuhan yang menggunakan sistem pendidikan pesantren. Penelitian ini mengunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Temuan penelitian adalah penyelenggaraan pendidikan panti asuhan puteri aisyiyah Slawi ini mengunakakan model pendidikan pondok pesantren modern. Panti asuhan menggunakan model pendidikan pesantren yakni melaksanakan pendidikan 24 jam. Penyelenggaraan pendidikan diklasifikasikan menjadi tiga yakni pendidikan informal dan nonformal dan formal. Mapel yang diajarkan mengikuti kurikulum pesantren yakni qur’an, hadist, aqidah, fiqih, tajwid, dan akhlaq. Penerapan model pendidikan pesantren ini masih menghadapi hambatan-hambatan diantaranya; pertama, belum seluruhnya anak dapat melaksanakan kegiatan yang sesuai yang dijadwalkan. Kedua terbatasnya dana insentif untuk ustad / ustadzah. Ketiga, terbatasnya dana untuk pengadaan fasilitas / sarana, sesuai program pondok pesantren. Keempat, tidak semua pengurus ikut aktif sesuai tugasnya. Kelima, tidak semua pengurus memahami model pendidikan pondok pesantren.
 Model; Pendidikan; Pondok Pesantren; Panti Asuhan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdillah azizy, qodri, 2002, Dinamika Pesantren Dan Madrasah

Semarang: Pustaka pelajar offset, cet 1

Fadjar, A.Malik. 1999, Reforrmasi Pendidikan lslam,

Jakarta:Fajar Dunia

M.Arifin, 2006, Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan

Praktis Berdasarkan pendekatan Interdisiplin, Jakarta:

Bumi Aksara

Madjid, Nurcholis 1997 Bilik-bilik pesantren sebuah, protret

perjalanan, Jakarta : Paramadina

Peneltian Kerjasama LPPM UNS DAN UNICEF, 2009, Pola

Pengasuhan Anak Di Panti Asuhan Dan Pondok Pesantren

Kota Solo Dan Kabupaten Klaten. Solo, Klaten:LPPM UNS

DAN UNICEF. Qomar mujammil, 2015" Dimensi

Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga.

Qamar, Mujamil 2012 "Dirnensi Manajemen Pendidikan Islam"

(Jakarta: Erlangga)

Faturrahman, Pupuh, 2008, Pengernbangan Pondok Pesantren:

Anslisis Terhadap Keunggulan Sistem Pendidikan Terpadu,

Letur Seri XV

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi

Aksara.

Tim Penyusunan Departemen Sosial RI, 2007. Seseorang Yang

Berguna Kualitas Pengasuhan di Panti Sosial Asuhan Anak

di Indoensia, Jakarta: PT Panji Grafika Jaya

Tim Penyusunan Kamus pusat pembinaan pengembangan

Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus

Besar Bahasa Indoensia

Wahab, Rochidin, 2004 Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia,

Bandung alfabeta.

Hidayah Listiani, Nur Alfita, 2009, "Peran Panti Asuhan Yatim

Piatu Darul Hadlonah Purwokerto Dalam Upaya

Pembinaan Akhlaq Anak Asuh" . Yogyakarla: Skripsi UIN

Sunan Kalijaga.

library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=20169 diakses

Maret 2015 pukul 17.40

Purnomo, Dian dan Rochana, Erna."Pola Pembinaan Anak Di

panti Asuhan (studi pada yayasan rumah yatirn Arrohman

Indonesia Jln Sultan No 37 Kedaton, Bandar Lampung",

Jurnal sociologie. Vol. 1, 4 Lampung: FISIP universitas

Lampung. pshi.fisip.unila.ac.id/journals/articles. . . /24l-663

-1-SM.pdf diakses 29 Maret 2015 pukul :14:15

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.