Implementasi Model Pendidikan Pondok Pesantren Di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Slawi Kabupaten Tegal
Main Article Content
Abstract
Abstract
The background of this research by orphanages using pesantren education system. This research used descriptive type of qualitative analysis approach. The research findings were that providing education orphanage's daughter Aisyiyah Slawi used modern boarding school education model. Orphanages also used pwsantren model of school that carry out 24 hours of education. Provision of education were classified into three namely informal and non-formal education and formal. Content of curriculum were taught the Qur'an, Hadith, Aqeedah, Fiqh, recitation, and morality. Implementation of this education model schools still faced problems such as; First, the child can not fully implement the activities as scheduled. limited salary for Ustadz/ ustadzah (teachers). Third, the limited funds for the procurement of the facilities, appropriate boarding school program. Fourth, not all administrators to participate actively in accordance duties. Fifth, not all officials understand the educational model boarding school.
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh panti asuhan yang menggunakan sistem pendidikan pesantren. Penelitian ini mengunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Temuan penelitian adalah penyelenggaraan pendidikan panti asuhan puteri aisyiyah Slawi ini mengunakakan model pendidikan pondok pesantren modern. Panti asuhan menggunakan model pendidikan pesantren yakni melaksanakan pendidikan 24 jam. Penyelenggaraan pendidikan diklasifikasikan menjadi tiga yakni pendidikan informal dan nonformal dan formal. Mapel yang diajarkan mengikuti kurikulum pesantren yakni qur’an, hadist, aqidah, fiqih, tajwid, dan akhlaq. Penerapan model pendidikan pesantren ini masih menghadapi hambatan-hambatan diantaranya; pertama, belum seluruhnya anak dapat melaksanakan kegiatan yang sesuai yang dijadwalkan. Kedua terbatasnya dana insentif untuk ustad / ustadzah. Ketiga, terbatasnya dana untuk pengadaan fasilitas / sarana, sesuai program pondok pesantren. Keempat, tidak semua pengurus ikut aktif sesuai tugasnya. Kelima, tidak semua pengurus memahami model pendidikan pondok pesantren.
Model; Pendidikan; Pondok Pesantren; Panti Asuhan
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdillah azizy, qodri, 2002, Dinamika Pesantren Dan Madrasah
Semarang: Pustaka pelajar offset, cet 1
Fadjar, A.Malik. 1999, Reforrmasi Pendidikan lslam,
Jakarta:Fajar Dunia
M.Arifin, 2006, Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan
Praktis Berdasarkan pendekatan Interdisiplin, Jakarta:
Bumi Aksara
Madjid, Nurcholis 1997 Bilik-bilik pesantren sebuah, protret
perjalanan, Jakarta : Paramadina
Peneltian Kerjasama LPPM UNS DAN UNICEF, 2009, Pola
Pengasuhan Anak Di Panti Asuhan Dan Pondok Pesantren
Kota Solo Dan Kabupaten Klaten. Solo, Klaten:LPPM UNS
DAN UNICEF. Qomar mujammil, 2015" Dimensi
Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga.
Qamar, Mujamil 2012 "Dirnensi Manajemen Pendidikan Islam"
(Jakarta: Erlangga)
Faturrahman, Pupuh, 2008, Pengernbangan Pondok Pesantren:
Anslisis Terhadap Keunggulan Sistem Pendidikan Terpadu,
Letur Seri XV
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi
Aksara.
Tim Penyusunan Departemen Sosial RI, 2007. Seseorang Yang
Berguna Kualitas Pengasuhan di Panti Sosial Asuhan Anak
di Indoensia, Jakarta: PT Panji Grafika Jaya
Tim Penyusunan Kamus pusat pembinaan pengembangan
Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus
Besar Bahasa Indoensia
Wahab, Rochidin, 2004 Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia,
Bandung alfabeta.
Hidayah Listiani, Nur Alfita, 2009, "Peran Panti Asuhan Yatim
Piatu Darul Hadlonah Purwokerto Dalam Upaya
Pembinaan Akhlaq Anak Asuh" . Yogyakarla: Skripsi UIN
Sunan Kalijaga.
library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=20169 diakses
Maret 2015 pukul 17.40
Purnomo, Dian dan Rochana, Erna."Pola Pembinaan Anak Di
panti Asuhan (studi pada yayasan rumah yatirn Arrohman
Indonesia Jln Sultan No 37 Kedaton, Bandar Lampung",
Jurnal sociologie. Vol. 1, 4 Lampung: FISIP universitas
Lampung. pshi.fisip.unila.ac.id/journals/articles. . . /24l-663
-1-SM.pdf diakses 29 Maret 2015 pukul :14:15