- Indonesia
Kurikulum Pendidikan Karakter di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Semarang
The character education curriculum in Pembina Public Kindergarten Sema-rang was initiated since 2010 in the form of socializing ideas, internships at kindergarten Budi Mulia 2 Yogyakarta, testing, curriculum development: mapping the character values, aligning the vision, mission, and educational goals. The character values include: religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, the spirit of natio-nalism, patriotism, respect for achievement, friendly, peace-loving, fond of reading, environmental care, social care , as well as responsibilities. The as-sessment of character education is done through observing students and ex-pressed in a qualitative statement. The simulation results of the character education assessment show that the majority of students (67.93%) have had a character (MK), others (23.82%) have begun to develop (MB), a small amount (6.50%) began to appear (MT), and the rests have not seen yet (1.14%) (CB).
Abstrak
Kurikulum pendidikan karakter di TK NPS dirintis sejak tahun 2010 berupa sosialisasi gagasan, magang di TK Budi Mulia 2 Yogyakarta, melakukan uji coba, penyusunan kurikulum: pemetaan nilai-nilai karakter, menyelaraskan visi, misi, dan tujuan pendidikan. Nilai-nilai karakter meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, serta tanggung ja-wab. Penilaian pendidikan karakter dilakukan melalui pengamatan terhadap anak didik, dinyatakan dalam pernyataan kualitatif. Hasil simulasi penilaian pendidikan karakter menunjukkan bahwa anak didik sebagian besar (67,93 %) telah memiliki karakter (MK), sebagian lainnya (23,82 %) sudah mulai berkembang (MB), sebagian kecil (6.50 %) mulai terlihat (MT), dan selebih-nya (1.14%) belum terlihat (BT).
Abstrak
Kurikulum pendidikan karakter di TK NPS dirintis sejak tahun 2010 berupa sosialisasi gagasan, magang di TK Budi Mulia 2 Yogyakarta, melakukan uji coba, penyusunan kurikulum: pemetaan nilai-nilai karakter, menyelaraskan visi, misi, dan tujuan pendidikan. Nilai-nilai karakter meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, serta tanggung ja-wab. Penilaian pendidikan karakter dilakukan melalui pengamatan terhadap anak didik, dinyatakan dalam pernyataan kualitatif. Hasil simulasi penilaian pendidikan karakter menunjukkan bahwa anak didik sebagian besar (67,93 %) telah memiliki karakter (MK), sebagian lainnya (23,82 %) sudah mulai berkembang (MB), sebagian kecil (6.50 %) mulai terlihat (MT), dan selebih-nya (1.14%) belum terlihat (BT).
Keywords: curriculum, instructional; assessment; education; character; kurikulum; pembelajaran; penilaian; pendidikan; karakter
- Amin, A. 1967. Kitab al-Akhla>q. Kairo: an-Nahdlah al-Misriyah.
- Al-Ghazali. Ihya> Ulu>mudd>n. Jilid III. Bairut: Darul Fikr.
- Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter, Jakarta: Depdiknas.
- ----. 2010. Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter, Jakarta: Depdiknas
- ----. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas.
- ----. Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum.
- ----.2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
- Lickona, T. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books.
- ----. 2004. Character Matter: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. New York: Simon & Schuster.
- Majid, A. & Andayani D. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Miskawaiyh, I.M.A. 1934. Tahzi>b al-Akhla>q wa Tat}hi>r al-Araq. Mesir: al-Mathba’ah al-Misriyah.
- ----.1968. The Refinement of Character, terj. Constantine K. Zuraiyk. Bairut: American University of Beirut.
- ----.1994. Menuju Kesempurnaan Akhlak, terj. Helmi Hidayat. Bandung: Mizan.
- Nata, A. 2009. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Oliva. 1982. Developing the Curriculum. Boston Toronto: Little, Brown and Company.
- Seefeldt, C., & Wasik, B.A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. terj. Pius Nasar, Jakarta: PT Indeks.
- Sijn, M. 1977. at-Tarbiyah al-Akhla>qiyyah al-Isla>miyyah. Mesir: Maktabah al-Kanjiy.
- Taba, H. 1962. Curriculum Development, Theory and Practice, New York: Harcourt, Brace & World, Inc.
- Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA &Anak Kelas SD/MI Awal, Jakarta: Prenada Media Group.
- Tyler. 1949.. Basic Principles of Curriculum and Instruction, Chicago: The University of Chicago Press.
- Wiles, J., & Bondi. 1989. Curriculum Development a Guide to Practice. Third Edition New York: Macmillan Publishing Company.
- Yuliani, N.S. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT. Indeks.
- Zuchdi. 2010. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengem-bangan Kultur Universitas, Cetakan ke-1. Yogyakarta: UNY Press.