MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: MENCARI FORMAT BARU MANAJEMEN YANG EFEKTIF DI ERA GLOBALISASI

Main Article Content

Tobroni roni

Abstract

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa untuk merubah dari siklus negatif menjadi siklus positif atau untuk merubah dari sekolah yang tidak berkualitas (bad school) menjadi sekolah berkualitas (good school), faktor kepemimpinan memegang peran yang sangat menentukan. Lembaga pendidikan yang baik dipimpin oleh pemimpin yang baik, walaupun tidak semua pemimpin yang baik mampu menjadikan lembaga pendidikan menjadi baik. Bagi lembaga pendidikan Islam yang menghadapi persoalan berat dan misi yang sangat mulia (pendidikan dan dakwah), perlu dipimpin oleh pemimpin yang memiliki kekuatan luar biasa. Model kepemimpinan konvensional seperti kepemimpinan situasional, transaksional dan transformasional perlu disempurnakan dengan model kepemimpinan spiritual. Kepemimpinan spiritual adalah kepemimpinan yang mendasarkan visi, misi dan perilaku kepemimpinannya pada nilai-nilai ketuhanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Azra, Azyumardi. 2000. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2005. Depdiknas.

Edmonds, R. 1979. Some Schools Work and More Can. Social Policy.

Effendi, Sofian. 2007. Menghadapi Liberalisasi Pendidikan Tinggi. http//www.google.com

Gay, Hendricks dan Kate Ludeman. 2002. The Corporate Mystic, terj. Fahmy Yamani. Bandung: Kaifa.

Goleman, Daniel. 1999. Working With Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.

Paulus Winarto. 2003. First Step to be an Entrepreneur. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Percy, Ian. 2003. Going Deep. Exploring Spirituality in Life and Leadership. Arizona: Inspired Production Press.

Tobroni. 2005. The Spiritual Leadership. Malang: UMM Press. www.bagais.go.id.

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.