Upaya Pengembangan Kurikulum Prodi S.2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Walisongo Semarang

Muslih Muslih*  -  Universitas Islam Negeri Wlaisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

This article presents a discussion of Curriculum Development Effort of S.2 Management of Islamic Education (MPI) UIN Walisongo Semarang especially related to input fom users or ekesternal stakeholders, which include graduate and alumni users. Data collection methods used were open questionnaires, in-depth interviews and documentation. The findings of the research mentioned that the effort of curriculum development of Study Program S.2 Management of Islamic Education UIN Walisongo Semarang has two strategies. First: a bottom up strategy that reactive to market needs with indicators that graduate users have been satisfied and responsive to the needs of the graduates themselves. While the second stretegi is top down, following the National Standards of Higher Education Curriculum based on National Qualifiers Framework Indonesia (KKNI). Therefore, it can be said that in the effort of curriculum development, a joint effort is made between stakeholders' inputs and government standards.

Abstrak

Artikel ini menyajikan pembahasan mengenai Upaya Pengembangan Kurikulum Prodi S.2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Walisongo Semarang khususnya yang berhubungan dengan masukan users atau stakehoders ektsternal yang meliputi pengguna lulusan dan alumni. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner terbuka, wawancara mendalam dan dokumentasi. Temuan penelitian menyebutkan bahwa Upaya pengembangan kurikulum Program Studi S.2 Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Walisongo Semarang telah menempuh dua strategi. Yaitu bottom up yang responsive terhadap kebutuhan pasar dengan indikator bahwa pengguna lulusan telah merasa puas dan responsive dengan kebutuhan lulusan itu sendiri. Sedangkan stretegi kedua dengan top down  berdasarkan standart Nasional Kurikulum Pendidikan Tinggi barbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam upaya pengembangan kurikulum, ditempuh upaya gabungan antara masukan stakeholders dan standar pemerintah.


Keywords: Curriculum; Development; Graduate; Respond; User;pengembangan; kurikulum

  1. Abdullah, Abdurrahman Salih, t.t. Educational Theory a Qur’anic Outlook. Makkah al-Mukarromah: Umm al-Qura University.
  2. Ach.Tabrani (alumnus Pascasarjana UIN Walisongo yang bekerja sebagai guru PAI di SMPI al-Azhar BSB Semarang), wawancara oleh Muslih bertempat di gedung FITK UIN Walisongo Semarang. Tanggal 28 Juli 2016, jam 10.00-11.00.
  3. Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. 2012. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Aditya Media.
  4. Bambang Nianto Mulyo (Kepala Sekolah SMAN 3 Semarang), wawancara oleh Muslih bertempat di SMAN 3 Semarang. Tanggal 26 Juli 2016, Jam 09.00-09.29.
  5. Emy Irianingsih (Waka Kurikulum SMAN 3 Semarang), wawancara oleh Muslih bertempat di SMAN 3 Semarang. Tanggal 26 Juli 2016 di SMAN 3, Jam 08.30-09.00.
  6. Hamalik, Oemar. 1987. Pembinaan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Madina.
  7. Hery Nugroho (alumnus Pascasarjana UIN Walisongo yang bekerja sebagai guru PAI SMAN 3 Semarang), wawancara oleh Muslih bertempat di SMAN 3 Semarang. Tanggal 27 Juli 2016, jam 08.30 -10.00.
  8. Khairi (alumnus Pascasarjana UIN Walisongo yang berkerja sebagai guru PAI SMAN 3 Semarang), wawancara oleh Muslih bertempat di SMAN 3 Semarang. Tanggal 29 Juli 2016, jam 10.00 -10.30.
  9. Khalil, Muhammad Ali. t.t. Qamus Tarbiyah, English-Arab. Beirut: Dar al-‘Ilm al-Maliyyin.
  10. Langgulung, Hasan. 1987. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
  11. Langgulung, Hasan. 1986. Manusia dan Pendidikan suatu Analisa Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
  12. Maskur (alumnus Pascasarjana UIN Walisongo yang berkerja sebagai guru PAI SMAN 3 Semarang), wawancara oleh Muslih bertempat di SMAN 3 Semarang. Tanggal 29 Juli 2016, jam 09.30 -10.00.
  13. Moleong, J. Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  15. Nasution, S. 1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  16. Nasution, S. 1991. Pengembangan Kurikulum. Cet. Ke-4, Bandung: Citra Aditya Bakti.
  17. Nasution, S. 2008. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
  18. Nata, Abudin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
  19. Prodi S2 MPI, 2016. Profil dan Kompetensi Program Studi Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana UIN Walisongo, Semarang: UIN Walisongo.
  20. Salim, Peter dan Yenny Salim. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.
  21. Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
  22. Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Alfabeta.
  23. Sukmadinata, Nana S. 2008. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya: Bandung.
  24. Syaibany, Omar Muhammad al-Toumy al-. 1979. Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah. terj. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang.
  25. Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  26. Tim Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
  27. Tim Penyusun. 2008. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi (Sebuah alternatif penyusunan kurikulum). Jakarta: Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  28. Tim Penyusun. 2015. Rencana Strategis dan Rencana Operasional Program Magister Management Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana UIN Walisongo Tahun 2015-2019. Semarang: Prodi MPI Pascasarjana UIN Walisongo.
  29. Tim Penyusun. 2016. Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran.
  30. Tim Penyusun. 2016c. Profil dan Kompetensi Program Studi Program Magister Management Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana UIN Walisongo. Semarang: Prodi MPI Pascasarjana UIN Walisongo.
  31. Tim Penyusun. 2016d. Company Profil Pascasarjana UIN Walisongo. Semarang: Pascasarjana UIN Walisongo.

Open Access Copyright (c) 2018 Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps