Peran Penting Psikologi dalam Pendidikan Islam

Imam Anas Hadi*  -  Undaris Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
This study aims to determine the important role of psychology for Islamic education. The method used library research. Data collection uses documentation and data analysis with descriptive analysis. The results showed that psychology plays an important role in Islamic education as a religious consciousness associated with the values of the soul that is personality. In Islamic Psychology it is better known as term al-Syakhsiyah. The role of psychology in Islamic education is to bridge the delivery process of science to pay more attention to the psychology of each learner, this will  determine success of the transfer  process of values to students, becouse student and teacher have opened  psychology and ready to make good communication. .  

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting psikologi bagi pendidikan Islam. Metode yang digunakan library research. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan analisa data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi berperan penting dalam pendidikan Islam yaitu sebagai penanaman kesadaran keagamaan yang berhubungan dengan nilai-nilai bathiniyah yang bersifat pribadi (personality). Dalam istilah psikolgi Islam lebih dikenal dengan term al-Syakhsiyah. Peran psikologi dalam pendidikan Islam adalah menjembatani proses penyampaian ilmu pengetahuan agar lebih memperhatikan psikologi masing-masing peserta didik,  hal ini akan sangat menentukan keberhasilan  proses transfer of values siswa.

Keywords: Pendidikan Islam; Psikologi;Islamic Education; Psychology

  1. Ancok, Djamaludin, 1994, Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem‐Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Arifin, Psikologi Dan Beberapa Aspek Kehidupan Rohaniyah Manusia, Jakarta: Bulan Bintang
  3. Barnadjib, Imam, 1987, Filsafat Pendidikan,Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan FIP
  4. Bawani, Imam, 1991, Cendikiawan Muslim dalam Perspektif pendidikan Islam, Surabaya: Bina Ilmu Offset
  5. Broto, Sumardi Surya , 1995, Psikologi Kepribadian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cet. VII
  6. Choplin,1999, Kamus lengkap Psikologi, Jakarta: Raja grafindo Persada, Cet. V
  7. Depag RI, 2004, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro
  8. Elizabeth, B.hurlock, 1978, Child Development, New York: McGrow Hill
  9. Elizabeth, B.hurlock, 1988, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga
  10. Hanna, dhumhana Bastaman, 1995, Integrasi Psikologi dan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  11. Kartono, Kartini, Psikologi sosial untuk manajemen perusahaan dan industri, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
  12. Kasijan, 1984, Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu
  13. Lester, D. Crow and Alice Crow, Terj. A. Karijan, 1984, Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu
  14. Muhaimin, 1993, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Karangka Dasar Oprasionalnya, Bandung : Triganda Karya
  15. Mujib, Abdul, Dkk, 2002, Nuansa‐Nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Raja GrafindoPersada
  16. Munjib, Abdul dan Mundzakir Yusuf, 2001, Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Rajawali Pers
  17. Noah, Webster, 1980, Webs’ter New Twentieth Century Dictionary of the English LanguageUnabridged, New York: William Collins Publishers
  18. Patty F, dkk, 1982, Pengantar Psikologi Umum, Surabaya: Usaha Nasional
  19. Prodjo, W. Poespo , 1986, Filsafat Moral, Kesusilaan dalam Teori dan Praktek, Bandung: Remadja Karya
  20. Ratna Wilis. Dahar, 2006, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga
  21. Rendra, 2000, Metodologi Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  22. Sarlito Wirawan, Sarwono, 1991, Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-Tokoh Psikologi, Jakarta: Bulan Bintang, Cet. III
  23. Shaleh, Abdul Rahman, 2008, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana.
  24. Subroto, Sumardi, 1990, Psikologi kepribadian, Jakarta: Rajawali
  25. Syah, Muhibbin, 1995, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
  26. Taufiq, Muhammad Izzudin, 2006, Panduan Lengkap dan Praktis Panduan Psikologi Islam,Depok: Gema Insani.
  27. Tim Penembangan MKDK, 1989, Psikologi Belajar, Semarang: IKIP Semarang Press
  28. Vembriarto, 1990, Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset
  29. Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Yayasan penerbitan fakultas psikologi UGM
  30. Yadi, Purwanto, 2007, Epistimologi Psikologi Islami Dialektika PendahuluanPsikologi Barat dengan Psikologi Islam, Bandung: Refika Aditama.
  31. Zuchdi, Darmiyati, 2010, Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif : Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas, Yogyakarta : UNY Press

Open Access Copyright (c) 2017 Nadwa
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps