Undaris Semarang - Indonesia
Peran Penting Psikologi dalam Pendidikan Islam
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting psikologi bagi pendidikan Islam. Metode yang digunakan library research. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan analisa data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi berperan penting dalam pendidikan Islam yaitu sebagai penanaman kesadaran keagamaan yang berhubungan dengan nilai-nilai bathiniyah yang bersifat pribadi (personality). Dalam istilah psikolgi Islam lebih dikenal dengan term al-Syakhsiyah. Peran psikologi dalam pendidikan Islam adalah menjembatani proses penyampaian ilmu pengetahuan agar lebih memperhatikan psikologi masing-masing peserta didik, hal ini akan sangat menentukan keberhasilan proses transfer of values siswa.
Keywords: Pendidikan Islam; Psikologi;Islamic Education; Psychology
- Ancok, Djamaludin, 1994, Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem‐Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Arifin, Psikologi Dan Beberapa Aspek Kehidupan Rohaniyah Manusia, Jakarta: Bulan Bintang
- Barnadjib, Imam, 1987, Filsafat Pendidikan,Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan FIP
- Bawani, Imam, 1991, Cendikiawan Muslim dalam Perspektif pendidikan Islam, Surabaya: Bina Ilmu Offset
- Broto, Sumardi Surya , 1995, Psikologi Kepribadian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cet. VII
- Choplin,1999, Kamus lengkap Psikologi, Jakarta: Raja grafindo Persada, Cet. V
- Depag RI, 2004, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro
- Elizabeth, B.hurlock, 1978, Child Development, New York: McGrow Hill
- Elizabeth, B.hurlock, 1988, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga
- Hanna, dhumhana Bastaman, 1995, Integrasi Psikologi dan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Kartono, Kartini, Psikologi sosial untuk manajemen perusahaan dan industri, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
- Kasijan, 1984, Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu
- Lester, D. Crow and Alice Crow, Terj. A. Karijan, 1984, Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu
- Muhaimin, 1993, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Karangka Dasar Oprasionalnya, Bandung : Triganda Karya
- Mujib, Abdul, Dkk, 2002, Nuansa‐Nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Raja GrafindoPersada
- Munjib, Abdul dan Mundzakir Yusuf, 2001, Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Rajawali Pers
- Noah, Webster, 1980, Webs’ter New Twentieth Century Dictionary of the English LanguageUnabridged, New York: William Collins Publishers
- Patty F, dkk, 1982, Pengantar Psikologi Umum, Surabaya: Usaha Nasional
- Prodjo, W. Poespo , 1986, Filsafat Moral, Kesusilaan dalam Teori dan Praktek, Bandung: Remadja Karya
- Ratna Wilis. Dahar, 2006, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga
- Rendra, 2000, Metodologi Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sarlito Wirawan, Sarwono, 1991, Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-Tokoh Psikologi, Jakarta: Bulan Bintang, Cet. III
- Shaleh, Abdul Rahman, 2008, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana.
- Subroto, Sumardi, 1990, Psikologi kepribadian, Jakarta: Rajawali
- Syah, Muhibbin, 1995, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
- Taufiq, Muhammad Izzudin, 2006, Panduan Lengkap dan Praktis Panduan Psikologi Islam,Depok: Gema Insani.
- Tim Penembangan MKDK, 1989, Psikologi Belajar, Semarang: IKIP Semarang Press
- Vembriarto, 1990, Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset
- Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Yayasan penerbitan fakultas psikologi UGM
- Yadi, Purwanto, 2007, Epistimologi Psikologi Islami Dialektika PendahuluanPsikologi Barat dengan Psikologi Islam, Bandung: Refika Aditama.
- Zuchdi, Darmiyati, 2010, Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif : Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas, Yogyakarta : UNY Press